Rindrianie's Blog

25 Januari

“Jadi? Apa yang membuat 25 Januari begitu istimewa, Bu?”

“Banyak yang terjadi di tanggal itu dalam kehidupanku.”

“Misalnya?” Perempuan tua itu mendengus, tak suka mendengar pertanyaan singkat si gadis muda. Tapi si gadis muda tetap tersenyum, menunggu.

“Aku lahir di tanggal itu, mendiang suamiku juga, makanya dulu kami menikah di tanggal yang sama,” jawabnya setelah beberapa menit berlalu dalam sunyi. “Tidak hanya itu, kelahiran anak pertama, pindahan rumah, wisuda putriku, pokoknya banyak peristiwa-peristiwa penting terjadi di tanggal itu. Paham?”

Si gadis muda mengangguk-angguk mengerti, bibirnya masih tersenyum.

“Ada peristiwa penting lain yang ingin Ibu ceritakan pada tanggal tersebut? Tepatnya, peristiwa yang terjadi di tanggal 25 Januari tiga tahun lalu?” Si perempuan tua mendelik, menatap si gadis muda yang sedang menatapnya beberapa detik tanpa berkedip.

Si gadis muda lagi-lagi tersenyum, tak memedulikan perempuan tua di depannya yang kini memandang dirinya sebagai ancaman. Dia tahu, sebentar lagi perempuan tua itu mungkin akan mencakar-mencekik-memukul atau entah apa.

“Coba Ibu ingat-ingat kembali, 25 Januari tiga tahun lalu, Ibu dengan sengaja mencampurkan…”

“Tidaaaaak. Itu bohong, fitnah! Pergi kamu dari depanku!”Β Detik berikutnya perempuan tua itu menangis meraung.

“Ibu… ” Tapi si perempuan tua terlanjur menggila, berteriak-teriak menyumpah serapah, hingga kembali duduk diam kelelahan beberapa menit kemudian.

“Tolong, jangan ganggu dia lagi,” pinta si perempuan tua. Suaranya berbeda, lembut sekaligus tegas, lemah tapi memaksa. Ditatapnya si gadis muda di depannya yang masih saja tersenyum.

“Dia siapa, Bu?”

“Sudah, tidak perlu berpura-pura di depan saya. Anda tahu saya dan Astuti adalah perempuan yang berbeda.”

“Jadi? Yang membunuh Pak Prawiro?”

“Saya. Saya yang membunuhnya, bukan Astuti.”

“Kenapa, Bu? Maaf, nama Ibu?”

“Kenapa apanya? Saya Arini. Astuti itu perempuan lemah, tak mungkin membunuh lelaki sebejat Prawiro.”

“Astuti tahu keberadaan Ibu?”

“Dia bukan perempuan bodoh, hanya tak mau mengakuinya.”

Si gadis muda masih tersenyum. Tapi sekarang Astuti -yang sekarang sedang menjadi Arini- ikut tersenyum.

***

300 kata, “Ditulis dalam rangka ulang tahun Monday FlashFiction yang pertama”

0 Comments

  1. fatwaningrum

    Siapa gadis muda itu mbaaak, kenapa dia begitu tegaaaa *kemudianderamah πŸ˜€
    ___
    bisa siapa aja sih mbak Na *haiyah, penulis mbulet* hihihihi

    Reply
  2. Attar Arya

    masih banyak tanda tanya nih.. apa sebenarnya astuti dan arini kembar? atau orang yang sama? 3 kalimat terakhir yang jadi pemicu kebingunganku.
    ___
    hehehe…iya nih bang, ini harusnya cerpen, terlalu singkat untuk FF mah *ngeles* hihihi

    Reply
  3. A. A. Muizz

    Aku yo bingung sama paragraf terakhirnya.
    ___
    hehe, maabh membuatmu bingung Am *urekurekkeyboard*

    Reply
  4. abi_gilang

    Kayaknya seseorang dengan dua kepribadian nih #mencoba menebak πŸ™‚
    ___
    Yup, akang betuuul hehehe

    Reply
  5. Evi Sri Rezeki (@EviSriRezeki)

    Split personality ya, Mbak? Cuma bingung aja apa hubungan antara Ibu tua dan gadis muda itu πŸ˜€
    ___
    Iya mbak, si gadis muda psikiater sih maksudku heuheu

    Reply
  6. Lidya

    jadi mengambil jati diri gitu rin?
    ___
    hmmm…bisa dibilang begitu Teh, dia punya alter ego πŸ™‚

    Reply
  7. Masya

    kepribadian ganda ternyata,, hehehe

    Reply
  8. monda

    pribadi ganda kah Wind?
    jempol ..

    Reply
    1. monda

      lha.., kok typo Rin, maaf ya

      Reply
  9. ceritasofi

    Dahsyat…tapi aku makin penasaran dengan kelanjutannya Rin…

    Reply
  10. latree

    Alter.

    Reply
  11. kakaakin

    Berkepribadian ganda πŸ˜€
    Aku juga udah ikutaaan. Finally πŸ™

    Reply
  12. ranny

    kalo aku nangkepnya si gadis muda ini seorang polisi atau psikiater dan si ibu berkepribadian ganda. Ganda nya udah jelas kok dari atas.
    suka neh cerita ^.^

    Reply
  13. immasaa

    wehheehe kepribadian ganda ya? atau pura-pura supaya lolos hukuman?

    Reply
  14. RedCarra

    Makasih Neng, udah ikutan πŸ˜€

    Reply
  15. Baginda Ratu

    Keren! Langsung inget novelnya sidney sheldon yg ttg kepribadian ganda..

    Reply
    1. Baginda Ratu

      Ah, ya. Istilah utk pribadi yg lainnya adalah alter..

      Reply
  16. sari widiarti

    sepertinya Arini yang punya kepribadian ganda ya Mak, *iya pasti iya* *ngeyel* πŸ˜€

    Reply
  17. anindita hendra

    Ini Arini yg berkepribadian ganda atau Astuti adalah istri kedua yg marah pada suaminya dan meninggal lalu masuk ke tubuh Arini untuk membunuh suaminya?
    *malah bikin cerita sendiri*
    Jangan keplak saya, jangan πŸ˜€

    Reply
  18. opiphost

    saya bingung bacanya, gmana sih teh sbenernya critanya?

    Reply
  19. ceritalangit25

    puya dua kepribadian, gimana ya rasanya..
    suka sama angkanya 25 :))

    Reply
  20. Indah Nuria Savitri

    jadi ingeeet film apaaa ya ..yang cerita tentang alterego yang bener-bener nakutin…FFnya mantap…selamat ulang tahun juga untuk MFF…

    Reply
  21. Atria Dewi Sartika

    Wah, temanya kepribadian ganda ya, Mbak??
    Keren..

    Reply
  22. danirachmat

    Beraaat… inimah berat Riiiin. Astuti dan Arini. kayak Inez Duarte jaman dulu ituu.

    Reply
  23. Wong Cilik

    ini ttg kepribadian ganda bukan teh … *nebak-nebak …

    Reply
    1. Wong Cilik

      ternyata di komentar sudah di singgung … *maap teh … :mrgreen:

      Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: