Rindrianie's Blog

Bapak Juara Satu Se-dunia

Mengekor penulis yang sangat menginspirasi saya -Andrea Hirata-, dengan lantang saya juga mengatakan Bapak adalah Ayah juara 1 se-dunia, persis seperti yang diteriakkan Ikal dalam novel-novel yang ditulis Andrea.

Bapak saya lahir pada tanggal 2 Juni 1947, tapi di KTP tahun kelahirannya berubah menjadi 1945, konon karena saat kecil bapak sudah sangat ingin sekolah dan pada saat itu hanya mereka yang berusia 7 tahun saja yang boleh masuk SD.Bapak hanya sekolah hingga SMU, menjadi kontraktor beberapa lama, dan kemudian menjadi seorang PNS, bekerja di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (sekarang mah jadi Diknas yah?) kecamatan Leuwimunding hingga 2002 lalu. Lantas hingga hari ini masih berkarier menjadi salah satu pengurus PWRI di kecamatan yang sama.

Sekali berbicara tentangnya, maka akan sulit bagi saya untuk menghentikan diri.

Bapak yang selalu membangunkan saya, memandikan, memakaikan baju, hingga menyiapkan sarapan, untuk lantas mengantarkan saya ke sekolah, dan menjemput saya saat pulang saat kecil dulu, karena Mamah saya sibuk mengurus adik-adik saya.

Bapak yang tidak bisa membaca al Qur’an dan baru belajar sholat beberapa tahun terakhir ini, tetapi selalu keras menyuruh kami anak-anaknya untuk belajar mengaji dan sholat sejak kecil.

Bapak yang memberi saya uang bulanan sejak kelas 5 SD dan mengharuskan saya mencatat pengeluaran setiap harinya, membuatkan saya rekening SIMPEDES sejak kelas 3 SD, membelikan saya celengan-celengan lucu hingga saya suka sekali menabung.

Bapak yang selalu mengambil Rapor saya, SD, SMP, SMU, hingga menghadiri wisuda D3 saya, tanpa sekalipun protes jika nilai saya kurang bagus, atau pun memuji berlebihan saat saya menerima nilai terbaik.

Bapak yang selalu menjenguk saya saat saya berkemah ikut jambore ini itu zaman SD-SMP dulu. Pernah memarahi Pak guru yang menjadi pembina Pramuka saat itu karena saya demam akibat kehujanan, untuk kemudian membawa saya pulang walaupun acara berkemah belum selesai.

Bapak yang menonton pementasan drama pertama saya saat SMP tanpa sepengetahuan saya, mengatakan permainan drama saya bagus saat kami sudah di rumah (yang berhasil membuat saya malu πŸ™‚ )

Bapak yang mengajari saya bermain sepeda dan mengendarai motor, mengajak saya bermain layangan di sawah, memberi tahu saya caranya menyambung kabel, hingga menyuruh saya membantunya mengecat pagar rumah.

Bapak yang selalu bertanya ini itu pada setiap lelaki yang berani datang ke rumah, padahal biasanya beliau jarang sekali bicara, hingga mengharuskan saya punya pacar diam-diam saat SMU dulu ups hihihihi.

Bapak yang nasi goreng-nya wuenak, resep sederhananya yang selalu saya pakai ketika membuat nasi goreng, bawang-merah-bawang putih-tomat yang diiris tipis dan sebutir telurΒ  yang dicampurkan dengan nasi dan dimasak agak lama, adalah resep nasi goreng terenak bagi saya.

Bapak yang selalu mendukung apapun keputusan saya, mengajari saya untuk memantapkan hati saat harus memilih, menerima segala konsekuensi dari pilihan tersebut, dan kemudian membelanya selama saya menganggapnya benar.

Bapak yang tidak pernah memarahi saya walaupun saya sangat bandel sekalipun, saat saya tetap ngotot berkemah di tempat yang cukup jauh -padahal tidak diizinkan sebelumnya- beliau hanya ‘menyidang’ saya, menyuruh saya duduk di depannya, dan bertanya “janji ya, di sana kamu baik-baik saja nanti”, lantas mengantar saya ke tempat tujuan.

Bapak yang selalu membanggakan saya -dengan cara beliau sendiri- pada dunia.

Bapak yang selalu bilang “ga usah, ditabung aja” saat saya bertanya apa yang Bapak perlukan, dan selalu menolak habis-habisan jika saya memberinya sejumlah uang (yang tetap saya berikan pada Mamah, karena pasti diterima he he).

Bapak yang tidak pernah mengajukan pertanyaan semacam “Kenapa IPnya menurun?” “Kenapa belum menikah?” “Kenapa belum hamil?” itu kepada saya.

Bapak yang selalu membuatkan saya manisan pepaya saat pulang ke rumah, bahkan mencari si pepaya ke tetangga-tetangga jika pohon pepaya di belakang rumah tidak berbuah.

Bapak yang bahkan hingga kini di usianya yang sepuh masih bermain skipping dan jogging setiap pagi.

Bapak yang akan sibuk membungkus oleh-oleh ini itu untuk saya bawa ke Jakarta saat saya pulang.

Hmm… Sudah cukup panjang tapi sulit sekali menghentikan jari ini menari di atas keyboard jika berkisah tentangnya πŸ™‚ Ke-diam-an Bapak cukup sulit bagi saya untuk berbincang panjang lebar dengannya. Tapi, bahasa cinta-nya itu tersampaikan dengan baik pada saya. Bahasa yang saya mengerti dengan sempurna. Bahasa yang akan selalu saya ingat selamanya. Karena Bapak adalah Bapak juara satu se-dunia πŸ™‚


“Cerita ini diikutsertakan dalam kontes Bahasa Cinta di Atap Biru”

0 Comments

  1. usagi

    Tossssss
    Bapak nya mbak orin,,
    Sama kaya papah aku,,
    Pria tanpa kata yg tidak pandai
    Bermanis manis ria,,
    Tapi selalu menunjukkan dengan sikapnya,,,

    Orin : Mereka lah para Ayah juara satu se-dunia ya Put ^^

    Reply
  2. Irranida Hussi

    Suka banget. πŸ˜€

    Orin : Tengkyu mba Ir πŸ˜‰

    Reply
  3. yustha tt

    Bapak Juara Satu-ku ada di sini mb Orin…

    Orin : Meluncur ke tekape mba Titik πŸ˜‰

    Reply
  4. alamendah

    Selamat mengikuti kontes. Semoga sukses. Dan salam buat Bapak Mbak Orin

    Orin : Aamiin…Terima kasih mas Alam ^^

    Reply
  5. niQue

    apa kebanyakan bapak itu seperti itu sosoknya ya? πŸ™‚

    jadi ingat tulisan tentang Bapa teronggok cukup lama di draft box hehehe

    sukses ya Rin …

    Orin : sepertinya ya Kak heuheu…sok atuh dipublish tulisan tentang Bapanya πŸ˜‰

    Reply
  6. kakaakin

    Subhanallah…
    Bahasa cinta dari si pendiam untuk keluarganya πŸ˜€
    Semoga sukses pada kontesnya ya… πŸ™‚

    Orin : Begitulah Ka he he. Aamiin…tengkyu ya πŸ˜‰

    Reply
  7. Lidya

    iiih tadi dah baca di hp tapi gak masuk komennya πŸ™‚
    semoga menang rin jangan lupa traktirannya

    Orin : hehehe…Aamiin…nuhun Teh πŸ˜‰

    Reply
  8. Aulia

    Tanpa ada hari Bapak, bagi seorang anak Bapak akan terus ada disetiap harinya begitu juga Ibu πŸ™‚

    Orin : Sepakat mas^^

    Reply
  9. sukses dengan kontesnya ya mbak… πŸ™‚

    Orin : Terima kasih mba Er ^^

    Reply
  10. arman

    gua sampe terharu ngebacanya…
    lu harus tunjukin tulisan ini ke bapak lu. jangan malu. duh gua yakin banget bapak lu bakal seneng nya bukan main bukan kepalang ngebacanya!

    gua pengen juga jadi bapak yang bisa deket ke anaknya kayak bapak lu gitu. dan moga2 someday anak gua bisa merasakan kayak apa yang lu rasakan terhadap bapak lu. dan kalo sampe anak gua nulis kayak gini tentang gua… duhhhh… pasti gua bahagia banget… πŸ™‚

    Orin : Wah…begitu ya mas Arman? ternyata jika dibaca oleh seorang ‘bapak’ bisa sebegitunya ya? *takjub*. Syip…mudah2an bisa aku tunjukkin ke Bapak, dan mudah2an someday Andrew dan Emma juga nulis kek gini, tapi jauh lebih bagus pastinya he he. Tengkyu ya mas^^

    Reply
  11. hilsya

    kontes deui…?
    euleuh, geura bebenah eneng.. hihihi

    sukses atuh ya..

    Orin : Heuheu…da masih lama pulangnya Orin mah Teh *ngeles*
    Nuhuuuun…wilujeng mudik^^

    Reply
  12. Adi Nugroho

    ayah sayapun juga ayah no.1 di dunia πŸ™‚

    Orin : Pastinya Di ^^

    Reply
  13. molen

    pengen jadi bapak yang membanggakan anaknya,semoga… salam ya buat bapaknya…

    Orin : Aamiin…ikut mendoakan ^^

    Reply
  14. Mabruri Sirampog

    Banyak yg bercerita tentang cinta seorang ayah/Bapak..

    bagaimana kalau dibukukan menjadi sebuah antologi tentang ayah lagi… hahaha

    sukses y bun..

    Orin : Nah, ide yg usul tuh Mab he he… Aamiin, semoga antologi itu bisa kita buat ya πŸ˜€

    Reply
  15. dey

    berkaca2 baca tulisan ini. ..
    sukses dengan lombanya ya. …

    Orin : Hatur nuhun Ibuuuu^^

    Reply
  16. phiy

    Btul kata komen di atas, tulisannya ditunjukin aja. Passti seneng bapaknya.. πŸ™‚

    Bapaknya teh orin kebalikannya dari bapakku, bapakku suka ngobrol :mrgreen:

    Orin : Oh? seru dunk Phiy jadi bisa ngobrol ini itu sama Bapak ^^

    Reply
  17. inggit

    arrrrghhhh… terharruuu!!

    Orin : Makasih Inggiiiit^^

    Reply
  18. Puteriamirillis

    bahagianya bapakmu teh…punya anak sepertimu..^^

    Orin : Duh…mash blm membahagiakan Bapak sptnya Pu πŸ™

    Reply
  19. Dhenok

    mbak Yin, kok sama temanya.. hahahahaha.. πŸ˜€

    semuanya hampir sama mbak Yin, kalo masakan terenak bagi mbak Yin itu nasi goreng ala bapak, kalo dhe mie rebus ala abah.. hehe.. soalnya bikinnya pake bumbu lengkap plus dicampur wortel dll, jadi yaa pasti enak.. wong tinggal makan kok.. hahahahaha

    kalo abah dhe agak lebih terbuka dengan laki-laki mbak, mungkin karena dari kecil temen yang suka main laki-laki.. tapi kalo ada cowok yang kurang baik dimata beliau yang sedang pdkt dengan saya, abah pasti akan bilang “dia kurang baik orangnya”, dan kemudian semua dikembalikan ke saya apakah akan tetap melanjutkan pdkt atau berhenti..

    ahh, bicara tentang abah mah tak akan berhenti ya mbak.. apapun dan bagaimanapun bahasa cinta yang diungkapkan, bapak kita tetap bapak juara no satu sedunia.. ^^

    Orin : Sengaja, biar samaan ma Dhe en Mab hahahaha… πŸ˜›
    Sepakat Dhe, pokonya ayah kita adalah Bapak dan Abah juara 1 se-dunia ya ^^

    Reply
  20. melly

    maaf mba..aku gak baca postingan ini yah πŸ™‚
    aku suka ngiri sama org yg bercerita tentang bapak.

    Orin : Tak apa Mel, maafkan sudah ‘mengganggumu’ ya..
    Be tough πŸ˜‰

    Reply
  21. julie

    ga bisa komen
    *cry*

    Orin : Peluk Kak Jul ^^

    Reply
  22. .:: setiaONEbudhi ::.

    hmmm,,
    Suka jadi terharu kalo baca tulisan kayak gini,
    Jdi ngingetin sama si bapak,,
    Sosok pemimpin yg selalu jadi nomor 1 di keluarga..
    I luv u dad..
    Keren pisan teh orin,
    Mudah2an sukses

    Orin : Aih…senangnya One bilang ‘I luv u dad..’ gituh πŸ˜€
    tengkyu ya One πŸ˜‰

    Reply
  23. giewahyudi

    Pengen jadi seorang Bapak, hehhehee

    Orin : Sabaaar, sebentar lg kan mas Gie? hohohoho

    Reply
  24. Sofyan

    Mungkin cerita Kak Orin adalah salah satu dari sejuta cerita tentang seoarang Ayah yang tak pernah lelah untuk melindungi, mengajarkan dan mendidik Putra/Putrinya untuk menjadi orang sukses…

    Salam Ta’dzim untuk Beliau Kak..,

    Orin : Sepakat Sof, aku doain Sofyan jg kelak jd Ayah juara satu se-dunia buat anak2mu ya Aamiin^^

    Reply
  25. isnuansa

    Hihihi, Bapak Mbak Orin nggak pernah nanya-nanya “Kapan hamil?”, kok saya yang jadi gatel dan kepo buat nanyain itu yah?

    πŸ˜†

    Orin : Tidaaaaaaaakkkk…ga mau jawab *kabuuur*

    Reply
  26. Rumah Dijual

    semoga menang yach,,

    Orin : Terima kasih πŸ™‚

    Reply
  27. Lyliana Thia

    baca ini aku jadi inget bukunya novi chi, Rin… Semiliar Cinta Untuk Ayah…
    mengharukan sekali ceritanya…
    wah jadi penasaran sama manisan pepaya buatan Bapak hehehe πŸ˜€
    semoga Bapak sehat selalu ya Rin, amin…

    Semoga Orin menang kontesnya πŸ˜€

    Orin : AKu blm baca bukunya mba Tia, minjem duuunk *halah*
    heuheu…nanti pas pulang pasti dibuatkan lg, kalo msh sisa aku bawa ya mba πŸ˜›
    Aamiin..terima kasih doa baiknya mba Tia ^^

    Reply
  28. Mbah Jiwo

    Suka banget sama tulisan ini.

    Orin : Matur nuwun Mbaaah^^

    Reply
  29. @zizydmk

    Terharu saya bacanya.
    What a nice father… penuh pengertian sama anaknya….

    Orin : Alhamdulillah mba Zee ^^

    Reply
  30. Dewifatma

    hu..hu..uhu… aku nggak punya bapaaaakkk… *iklanmiesedap*

    Jadi kangen bapakku…
    jadi pengen nasi goreng…
    Jadi pengen masak nasi goreng ala Bapaknya Orin…
    Jadi pengen pulang…hiks…
    Jadi…..lapppheeerrrr….. *iklanlagi* πŸ˜€

    Orin : Duh, maafkan ya mba Dew, membuatmu laper #eh?

    Reply
  31. riez

    Kemarin saya juga posting tentang Ayah…Love u Dad

    Orin : Iya, kyknya kmrn jg aku udh komen di tempatmu Riez πŸ˜€

    Reply
  32. Asop

    Hiks… saya suka ini… πŸ˜₯

    Orin : Jgn nangis atuh Asop πŸ™

    Reply
  33. maminx

    jadi inget bapak di rumah, mudah2an orang tua kita diberikan berkah dan lindungan Nya, amin..

    Orin : Amiin… Semua doa terbaik untuk mereka.

    Reply
  34. Tarry KittyHolic

    Bapakku jg ibuku. Beliau yg menggantikan tgs ibuk yg krj diluar negri. Salut dgn bpk yg membesarkan kami tanpa ada istri disampingnya. Wes pokoknya terlalu besar jasa beliau hehe

    Orin : Wow…hebat sekali ya Bapaknya mba Tarry ya…

    Reply
  35. Belajar Photoshop

    jadi pingin ngerasain nasi gorengnya si bapak πŸ™

    Orin : heuheu..buat sendiri aj di rumah mas, gampaaaaang πŸ˜‰

    Reply
  36. fanny

    kisah ttg ayah memang tak ada habisnya. btw, tahun lahir ayahmu cuma beda setahun dg tahun lahir mamaku.

    Orin : iya mba Fan, masih banyak yg pgn ditulis sebetulnya, tapi kepanjangan ntar hihihi… Oh? tgl bulannya sama tahunnya aj yg beda yah? ckckckck

    Reply
  37. Pendar Bintang

    Ayahku juga bapak terbaik yang pernah kumiliki Mbak…..dia jago masak dan sampai sekarang kalau aku pulang masih saja siapin air hangat buat aku persis seperti saat aku SD, suka nyodorin kopi di gelasnya untuk kuminum dulu padahal dia bikin sendiri….dari ceritanya Hani ini anak yang nggak baik…tapi begitulah Papaku Mbak Rin….udah dibilang jangan masih saja begitu dan sampai sekarang masih suka bingung karena anaknya sudah bukan gadis kecil lagi….

    Orin : Persis Han, sepertinya kita tetap menjadi gadis cilik para Bapak kita ya^^

    Reply
  38. Ikkyu_san

    Bapakku tak pernah masuk dapur! Makanya aku heran waktu dia bilang baru masak nasi di telepon..bisa juga ternyata.
    Nasi goreng bapakmu pasti enak karena dimasak dengan bumbu cinta

    EM

    Orin : Bahkan Bapak yg ngajarin Mamah bikin nasi liwet mba EM hihihi…kalo Bapak masak sebetulnya agak2 aneh gimanaaa gitu, kecuali si nasgornya itu tuh, wuenaaaak πŸ˜€

    Reply
  39. idana

    bapakku…..hihihi…
    pastilah bapakku no 1 di duniaa πŸ˜€

    Orin : He he…iya mba Ida, sama2 juara 1 ya ^^

    Reply
  40. bundadontworry

    ayahku juga juara satu sedunia ,Orin πŸ™‚
    Alhamdulillah, beruntungnya kita ya Rin, diberikan Allah swt seorang ayah yg demikian penuh cinta dan kasih sayang
    hiks…hiks…jadi kangen pingin peluk2 ayahku …. πŸ™

    semoga beruntung diacara ini ya Rin
    salam

    Orin : Sepakat Bun…Alhamdulillah memiliki Ayah terbaik ya Bun^^
    Aamiin…makacih Bundaa πŸ˜‰

    Reply
  41. .:: setiaONEbudhi ::.

    teh,, cuma mau bilang :
    Cerita “Persahabatan Asep dan Ujang” udah ada kelanjutannya..
    Hehehehehe…

    Orin : Siap meluncur One πŸ˜‰

    Reply
  42. nurlailazahra

    bapaaaakkkkk i miss u……. πŸ˜€

    Orin : Kangen sm Bapak ya Sar? πŸ™‚

    Reply
  43. marsudiyanto

    Semoga sukses dalam kontesnya…
    Salam!

    Orin : Terima kasih Pak Mars ^^

    Reply
  44. bintangtimur

    Terharuuuu!

    Biasanya cinta bapak tak perlu banyak kata, tapi perbuatan yang bicara…*ups, mata saya jadi berkaca-kaca*
    πŸ™

    Orin : Sepertinya begitu ya Bu Ir^^

    Reply
  45. Bang Aswi

    Sudah diajari bersepeda oleh Bapak, terus sepedaannya sekarang mana? ^_^

    Orin : Ada bang, tapi jaraaaang bgt dipake hihihi

    Reply
  46. mechta

    like this!!!

    Orin : Makacih Auntie^^

    Reply
  47. ysalma

    Jadi ingat Bapak,
    sukses di kontesnya Rin # komen telat πŸ™‚

    Orin : Makasih Maaak, hayu atuh ikutan ngontes he he

    Reply
  48. Ila Rizky Nidiana

    wahh, nambah satu lagi daftar buku yang wajib dibaca. tfs, mba orin. πŸ˜€

    Orin : Eh? bukunya Andrea Hirata maksudnyah? met hunting buku kalo begitu ya he he

    Reply
  49. catatan kecilku

    Aku salah sangka nih, kirain ngereview novelnya Andrea Hirata hehehe. Ternyata bercerita tentang sang ayah yg sangat luar baisa ya? Bersyukur ya punya ayah yg demikian perhatian dan cinta pada anak2nya… Alhamdulillah ya.. *meniruSyahrini*

    Orin : hehehe…inspirasinya dari novel Sebelas Patriot itu mba πŸ˜€

    Reply
  50. Nandini

    Banyak banget tulisan bahasa cinta tentang bapak.. πŸ˜€
    Bapak saya ga pendiam2 amat sih mbak, tapi sayangnya sama keluarga tidak terbantahkan.. πŸ™‚

    terima kasih partisipasinya mbak Orin, sudah dicatat sebagai peserta ya.. πŸ™‚

    Orin : heuheuheu…berpotensi dijadikan antalogi sepertinya ya mba *ngarep* hehe.
    Terima kasih ibu panitia, dicatat sbg pemenang jg yaa hohohoh

    Reply
  51. lozz akbar

    wow benar-benar bapak jawara dunia nih buat mbak Orin. Multifungsi.. Koki, Hakim, Bodyguard ampe atlet jadi satu pada sosok bapak..

    salam buat bapak yo.. sukses kontesnya

    Orin : hihihi…Judulnya Bapak multifungsi keknya bagus ya mba Lozz πŸ˜›

    Reply
  52. aditya hendriawan

    terlalu banyak kata untuk diungkapkan tentang ayah. nice post, salam kenal πŸ™‚

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: