Rindrianie's Blog

Batik-kan Harimu! – Sebuah Kontes

Saya akui, saya tidak terlalu sering memakai batik, hanya sekali-kali saat kondangan atau acara formal-santai saja. Bukan, bukan karena saya malu, tapi karena pakaian andalan saya sehari-hari adalah celana jeans dan t-shirt atau kemeja katun biasa. Dan batik hingga saat ini masih menjadi kostum ‘luar biasa’ bagi saya. Tapi di lemari baju saya, ada 4 helai rok batik, 6 baju (blouse) batik yang bisa dipakai kondangan ataupun sekedar main-main, 1 tas selempang batik, dan 3 daster motif batik. Tidak terlalu banyak ternyata ya, hiks. Saya juga punya pajangan boneka Tokek dan Jerapah dari batik lho, yang sempat membuat seorang teman terheran-heran hihihihi. Jadi saya tetap bisa dikategorikan sebagai pecinta batik ya? 🙂

Saat Puteri mengajak saya membuat sebuah kontes, awalnya bukan kontes batikkan harimu ini yang tercetus. Entah siapa yang pertama kali melontarkan kata ‘batik’, tapi kami menjadi sama-sama antusias untuk membuat sebuah kontes yang bertema batik. Dan kemudian Mama Ina pun muncul sebagai produsen hadiah batik bagi para calon pemenang. Klop deh 😀

Kenapa dibuat 1 hari begini? Iseng saja sebetulnya, terinspirasi dari “Surat untuk Dija” yang pernah mba Elsa adakan saat Dija ulang tahun, saya pikir mungkin seru juga ya si kontes batik ini hanya diadakan pada tanggal 2 Oktober, tepat di hari batik nasional. Alhamdulillah Puteri dan Mba Nia setuju. Maafkan jika harus memaksa teman-teman untuk posting hari minggu begini ya, kami kan tidak bisa menggeser si tanggal 2 Oktober ini ke hari Senin toh? he he.

Terlepas berhasil atau tidaknya kontes ini, bagi saya pribadi, menjadi bagian dari penyelenggara kontes yang -menurut saya- cukup patriotis ini sangatlah bermakna. Saya bukan PNS yang menjadi abdi negara secara langsung, saya bukan atlet olahraga apapun yang bisa mewakili Indonesia dalam kejuaraan, saya juga bukan ilmuwan yang bisa meneliti sesuatu untuk kebaikan bangsa, saya hanyalah seorang blogger tsaaaah. Semoga, langkah kecil kami ini bisa berarti ‘sesuatu’ bagi Indonesia tercinta 🙂

PS : Terima kasih banyak untuk teman-teman yang sudah mendaftar yaa…. Hidup Batik !!! 😉

0 Comments

  1. yustha tt

    Yang jelas Batikkan Harimu sukses membuat sy semakin ingin mengoleksi kain batik nusantara dari info2 yg didapat dari blog teman-teman hari ini. Thank ya Teh Orin, Mb Pu, Mama Ina yg udah memelopori postingan serempak ini. Sukses!

    Hidup batik!!

    Orin : Hidup batik T, sensei aj suka ngebatik ya, masa kita ngga *sigh* 😉

    Reply
  2. vizon

    Kontes ini adalah cara biasa yg berdampak luar biasa, Rin… Salut aku atas ide brilliant ini…

    Tapi maaf ya, tulisanku isinya cuma narsis-narsisan.. Tadinya aku lupa kalau ada acara ini. Gara-gara baca tulisann Om Nh, akupun jadi ingat dan mau ikut memeriahkannya.. 🙂

    Terima kasih buat Orin, Puteri dan Nia atas acara ini… Denga begini, peringatan hari batik, tanggal 2 oktober kali ini jadi “sesuatu” banget deh..

    Orin : Eits, narsis mah harus Uda hihihihi… Terima kasih sudah ikut memeriahkan yaa, semoga saja bisa berarti ‘sesuatu’, setidaknya buat kita-kita ini ya 😀

    Reply
  3. Lidya Lagi

    hayooo penyelenggaranya kemarin pakai batik gak?:)
    maaf kalo ada peserta yang nyusahin ya hehehe nunjuk diri sendiri

    Orin : Ups, ketauan deh ga pake batik hihihi *kabuuuur*
    Gpp Teh, justru bikin seru he he

    Reply
  4. Lyliana Thia

    Yup! Sesuatu bgt Rin! Hehehe…
    Love the idea… Berkat ide kalian bertiga, hari ini blogsphere jd rame dgn aneka kisah luar biasa di balik sehelai batik… 😀

    Orin : qiqiqi…sesuatu banget ya mba 😛
    Seru jg ya mba banyak yg nulis tentang batik di hari ini 🙂

    Reply
  5. hilsya

    ya udah, orin kalo mau beli bisa nitip ke eike… hahaha.. *mumpung mau pesen lagi nih*

    Orin : Asyik, mo dibeliin batik ya Teh? qiqiqiqi

    Reply
  6. angga SDP

    w jg jrg bgt mke batik

    Orin : Kita perbanyak frekuensi pake batik yuk W 😉

    Reply
  7. Mabruri Sirampog

    good idea bun… 😀

    ntar tgl 10 November (hari pahlawan) bikin lagi tentang patriotisme bun,, ahhahaah

    Orin : Nah, hari pahlawan Mabruri ajaa, kan udh temenan tuh sm Pak Jenderal hihihihi

    Reply
  8. ~Amela~

    aaah.. teteh.. kemarin kelupaan kalau ada giveaway ini..
    maap, maap..
    amel meramaikannya dengan komen2 di blog peserta aja deh..

    Orin : Yaah, Amel lupa he he. Gpp Jeng, yg penting tetep cinta batik ya Mel 😉

    Reply
  9. IbuDini

    Meskipun dibuat 1 hari tapi ide ini sangat bagus lho Rin….ternyata banyak sekali pecinta batik dari para blogger…mungkin saya salah satunya.

    Orin : ALhamdulillah ternyata banyak jg pecinta batik ya Bu 🙂

    Reply
  10. omietha BunAff

    Ide yang bagus bgt Orin dkk….Selamat ya atas kontesnya… hari batik pas hari minggu..jadinya gak pd seragaman di kantor hehe..tapi kemarin jalan2 pakai batik hehe… Dan hiks… kemarin ga sempet ikut posting…

    Orin : wahh…iya ya, kalo pas hari kerja seru jg tuh kyknya seragaman pake bati semua di kantor ya 🙂

    Reply
  11. dey

    kayaknya sukses lho acaranya, banyak temen2 blogger yang ikutan.
    Kemarin yang pakai batik malah Fauzan, lengkap dengan topi caping & bawa suling bambu .. pede bener .. hehe

    Orin : Meni wararaas ibu ngupingna, pake caping, bawa suling bambu, ditengah2 sawah numpak munding #eh? hihihi

    Reply
  12. Sofyan

    saya juga gak punya banyak stok Batik kok Kak,,hanya pakaian kerja saja yang bermotif Batik,,

    saya gak ikutan nih,,2 kali acara Kak Orin saya gak berhasil ikutan hikz 🙁

    Orin : Aku kerja malah ga pernah pake batik Sof he he.
    acara berikutnya ikut lho ya? (eh? emang kapan acara berikutnya? hihihihi)

    Reply
  13. BunDit

    Bener mbak, saya yang hampir tidak pernah buat tulisan dan submit dari rumah, sampai mencari waktu yang tepat untuk nulis postingan batik demi bisa ikut kontes ini hehehe. Biasanya saya rebutan laptop sama Dita kalau di rumah, eh kemarin waktu Dita asyik nonton Timmy Time di disney junior, saya cepet2 posting deh. Nulisnya ya sesuai dengan ide yang pas lewat aja hehehe. Sptnya kontesnya sukses mbak…banyak yang bersemangat ikut 🙂

    Orin : Aaah, BunDit, saya terharu atas effortnya, terima kasih yaaa^^

    Reply
  14. maminx

    tah ini dia teh. saya kirain sekarang tuh tanggal 2 oktober. jadi saya pake batik nih, demi untuk merayakan. eh pek teh cuman saya doank di kantor yang pake batik..ternyata ini tanggal 3 oktober toh, wkwkw

    tapi untung saya emang sering pake batik. lebih nyaman aja. hari hari biasa juga lebih sering pake batik dan kantor sih ok ok aja, cuman gak lazim aja memang 😀

    jadi tagline nya, kapan pun dimanapun, batikkan harimu 😛

    Orin : hahahaha…kitu tah kalo ga suka merhatiin kalender 😛

    Reply
  15. maminx

    oh iya saya gak ikutan kontes na. karena gak nyadar kalau kemarin tanggal 2 oktober. 🙁

    Reply
  16. nurlailazahra

    sukses mbak acara ngontesnya, aku dah ikutan ya 😀

    Orin : makasih dah ikutan ya Sar 😉

    Reply
  17. Nchie

    Wah Kontes keren ko..
    salut buat mam Ina ,Puteri dan Orin..

    Reply
  18. Nchie

    Dan akyu kerepotan ndaftar,soalnya pada tanggal 2 okt adekku Nikah,aku pikir gmna caranya daftar,kalo publish udah di skedul..
    Tau sendiri kalo hajat banyak sodara,boro2 buka laptop ato komp..
    Tapi demi acara ini akyu nyolong waktu dan kabur tengah malam dari kerumunan orang hehe..

    Orin : Wuiiih…keren ih teh Nchie bisa nyolong di tengah hiruk pikuk hajatan kek gituh 😀
    Nuhun nya Teh 😉

    Reply
  19. yuniarinukti

    Ah gapapa.. jangan terlalu diambil pusing Mbak, saya biasa kok direpotin orang hihi.. *ngomong apaan sih*

    Orin : Yowis besok2 aku repotin lg ya mba Yun qiqiqiqi

    Reply
  20. Puteriamirillis

    alhamdullillah 😀

    Orin : Alhamdulillah ya Pu 🙂

    Reply
  21. Arman

    kali ini gua gak ikutan kontesnya ya rin… abis gua gak suka pake batik. hehehe. bukannya gak cinta batik, gua suka kok ama motif batik, dan suka ngeliat orang pake batik.. tapi entah kenapa kalo gua yang pake kok rasanya gak ok. hehehe.

    Orin : Oh? ngerasa ga oke pake batik ya mas? hihihi… ada temenku yg gitu jg, katanya dia terlalu item, jd kek kalah pamor gitu kalo pake batik hahaha ada2 aja 😛

    Reply
  22. nia/mama ina

    Siiip lah….kontesnya berjalan sukses….pesertanya 41 orang…tinggal pilih pemenangnya nechh…siap2 berdebat hehehe…..

    Orin : mari berpusing2 ria hihihi

    Reply
  23. lozz akbar

    jujur saya salut dengan Trio penyelenggara kontes ini mbak Orin. bukan kalah menang yang harus kita cari, tapi setidaknya dengan banyaknya blogger yang menulis artikel tentang batik, itu akan membuat perbendaharaan pengetahuan kita akan batik semakin bertambah. Efeknya tentu saja akan membuat kita semaikn mencintai batik.

    ehm andai di setiap hari besar nasional ada kontes mungkin enak yo, tapi sopo sponsore? hahaha

    Orin : Aamiin, semoga semakin cinta sm batik ya mas Lozz..

    Reply
  24. mulyani

    Sukses untuk kontes batiknya, alhamdullilah sepertinya semua berjalan lancar ya Rin…. …moga aja IbuDini beruntung hehehhehe..

    Orin : hihihi…nah yaa ibu Dini menggoda salah satu juri *halah*

    Reply
  25. bangau putih

    idenya luar biasa kok mba.
    sy salut bgt dan trbukti, bgtu bxk blogger yg antusias
    mramaikan.
    slamat mnilai.

    Orin : Alhamdulillah, ternyata para blogger cinta batik ya Ridha 🙂

    Reply
  26. pelancongnekad

    Saya pecinta batik nih
    walopun hanya aja 4 potong
    hehehe
    saya pakenya batik Papua
    motifnya keren sih

    salamkena!
    😉

    Orin : hehehe…saya jg baru seuprit nih batiknya 😀

    Reply
  27. rafiq

    wah… pengen banget pake batik…. kunjung balik yaaa…:)

    Orin : terima kasih sudah mampir

    Reply
  28. Dewifatma

    Iya nih, gara-gara kontes Orin aku begadang ampe jam 12.30 (tengah malam). Niatnya sih bikin postingan terjadwal, tapi dikantor nggak sempat-sempat. Jadilah hari Sabtu grasak-grusuk nyari referensi. Soalnya kalo mau narsis2 an aku nggak punya banyak foto batik..haha..

    Setelah melalui berbagai halangan dan rintangan (seperti laptop mau di rebut Vales, atau Vales maksa duduk dipangkuan mamanya yang lagi mangku laptop) akhirnya artikel itu publish juga jam 12.12 am (angka yang cantik ya…)

    Tapi meski Orin minta maaf telah merepotkan masyarakat blogger, aku justru seneng, karena dengan adanya kontes ini, mau nggak mau aku baca2 sejarah batik dan nambah wawasan baru deh….

    *kayaknya komenku kurang panjang ya, Rin 😀 )*

    Orin : Iya nih mba Dew, salut aku lho, mba Tarry, Teh Nchie, mba Dewi, pada ngeronda keknya demi posting hihihihi… Tengkyu mbaa ^^

    Reply
  29. IbuDini

    Mom, Putri dan Orin…postinganku kemarin ada yang kurang Link nya lupa di pasang, tapi sekarang sudah ku pasang ya…sorry..

    Orin : No problemo mba Imung 😉

    Reply
  30. dhila13

    hidup batik!!! 😉
    teh, aku mau berbagi sedikit cerita. menurut pengarang API SEJARAH, batik itu berasal dari kata BA TITIK (huruf ba yg dibawahnya titik itu lho). hal itu dikarenakan dulu ketika para wali menyebarkan islam di jawa, banyak bgt org jawa zaman dulu yg tdk suka [akai baju. maka disosialisasikan baju dengan nama batik (ba-titik), sekaligus mensosialisasikan ajaran Islam.. 😉

    Orin : Owh? aku baru tau nih Dhil, subhanalloh keren ya, berawal dari huruf ba..

    Reply
  31. ysalma

    sukses acaranya ya Rin,
    saya ga sempat ikut meramaikan batik ini 🙁

    Orin : Iya nih, Emak menghilang 🙁

    Reply
  32. kakaakin

    Acaranya keren banget nih, Rin.
    Senang banget dengan kontes yang mengangkat kebanggaan daerah/nasional dan senang banget aku bisa ambil bagian 😀

    Orin : Aku jg seneng bgt Ka, jd banyak tau soal perbatikan 😀

    Reply
  33. bintangtimur

    Pasti Rin, sekecil apapun perbuatan yang kita lakukan, sepanjang positif…pasti akan membawa banyak manfaat 🙂

    Salut buat kontesnya, lebih salut lagi buat idenya 😀

    Orin : Sayang sekali Bu Ir ga ikutan kontesnya 🙁

    Reply
  34. Elsa

    terima kasih sudah dipilih sebagai salah satu pemenang,
    sempat gak nyadar…sampai akhirnya Bang Aswi ucapin selamat.
    meluncur ke Mbak Puteri, langsung deh jingkrak jingkrak gak karuan…
    hehehehheee

    terima kasih banyaaaaaaaaaakkk

    Orin : Met jingkrak2 ya mba hihihihi

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: