Rindrianie's Blog

Bawang Merah

Akhir-akhir ini entah kenapa saya malas masak. Mungkin karena sudah terlalu cape juga ya, selepas sholat Shubuh terkadang malah tidur lagi, pulang kerja juga seringnya leyeh-leyeh nonton TV, baca buku atau menulis.

Tapi ternyata acara masak memasak ini bisaΒ ngangenin juga tsaaah :P. Singkat cerita, hari Senin kemarin pulang ngantor saya ke pasar, beli kangkung, ikan bawal dan tempe, untuk dimasak besoknya sebagai sarapan dan bekal makan siang saya.

Prosesi memasak tidak ada masalah (ya iyalaaah, masalah apa cuba yang mungkin timbul dari menumis kangkung, bikin tempe mendoan dan menggoreng ikan? πŸ˜› qiqiqi), kecuali tentang si bawang merah. Rupanya jika didiamkan dalam suhu kamar (tidak dimasukkan ke dalam kulkas maksutnyah) si bawang merah bisa mengeropos.

Duh, saya tidak tahu deh mendeskripsikannya bagaimana, mungkin para emak-emak tahu lah ya kondisinya, si bawang itu tidak busuk, tapi betul-betul tidak ada isinya padahal kalau dilihat bentuknya masih ‘menggelembung’. Sudah terbayang belum? hehehe.Β Hanya beberapa siung saja yang masih berisi dan bisa dipakai sebagai bumbu sang tumis kangkung. Sisanya -yang memang hanya berupa kulit-kulit tanpa isi- saya buang semuanya.

Besoknya (kemarin) saya kembali malas masak. Tapi ternyata ci akang matahari belum beli makan malam. Dan beliau tahu ada sisa nasi tadi pagi di kulkas, dan minta dibuatkan nasi goreng. Maka saya terpaksa menolak dengan tegas, dan menyarankannya menunggu tukang nasgor yang lewat depan rumah. Bukannya ingin jadi istri durhaka lho, tapi ‘kan tidak ada bawang merah, apa kata dunia memasak nasi goreng tanpa bawang merah? Baiklah, saya mungkin perfeksionis yang lebay surabay, tapi saya betul-betul khawatir si nasi goreng tanpa bawang merah tidak akan enak rasanya.

Tapi suamiku tercintah itu keukeuh sumeukeuh ingin dibuatkan nasi goreng, pokonya rayuan saya tidak mempan memintanya beli nasgor abang-abang, dia bilang nasgor buatan saya pasti enak walopun tanpa bawang merah tsaaaaah. Jadi ya sudahlah ya, saya pun ‘terpaksa’ membuat nasi goreng improvisasi tanpa bawang merah. Bumbunya cuma bawang putih, cabe, garam, sedikit R*yco (halah ketauan jg kan ya itu merk apaan :P), dan kecap. Sengaja saya pakai mentega bukan minyak goreng, dan memilih telur yang paling besar. Dan ternyata….nasi gorengnya memang enak! hohohohoho

Jadi temans, inti postingan ini adalah, bahwa tidak perlu menunggu semuanya ‘lengkap’ terlebih dulu untuk melakukan sesuatu ini mah menyindir diri sendiri sih hehehe.

Ya sudah, sekian curcol geje saya hari ini. Selamat long wiken bagi Anda yang merayakannya πŸ™‚

0 Comments

  1. solitairepandemonium

    waaah.. kangen brambang brebes kih……. krn gak ada ya sudah, pakai french onion aja yg merah keunguan.. yah.. mirip2 sih rasanya hehehe
    ___
    lebih enak ya mba kalo pake french onion? πŸ™‚

    Reply
  2. 'Ne

    hehe balada seorang istri ya Teh, baiklah boleh dicoba kapan2 pas ngalamin hal yang sama πŸ˜€

    *eh itu **yco bumbu nasi goreng juga kan ada :mrgreen:
    ___
    ci akang ga suka kalo pake bumbu instan gitu ‘Ne, pasti makannya cuma seuprit πŸ˜›

    Reply
  3. rinasetyawati

    wkwkwkw…. ketawa mbak aku baca postingan inih, aku malah pernah bikin nasi goreng cuma pakai bawang bombay bawang putih telor dan daun bawang kasih lada, garam, saus tiram sama royco… kalo masaknya dengan cinta pasti enak…eciyeeee
    ___
    ish…itu mah lengkaaap bumbunya, ada bawang bombay sm daun bawang segala πŸ˜›

    Reply
  4. Mechta

    siip… tak perlu bawang merah itu say… yg penting bumbu cinta nya jangan lupa dimasukin πŸ™‚
    ___
    hihihi…kalo pake bumbu cinta jd (terpaksa) enak ya auntie πŸ™‚

    Reply
  5. Evi

    Bawang merahnya sudah kelamaan tuh Teh..hehehe..
    Yah apapun bumbunya, yang penting nasi goreng enak..:)
    ___
    Iya tante, aku kelamaan ga masak hihihihi

    Reply
  6. LJ

    hehhe, Orin bener banget.. gak usah main tunggu ini itu.. yang penting adalah tangan yang bersedia bikinnya.. jika penuh cinta, teteup aja enak..!
    ___
    iya Maaaak, dikerjain aja deh lgsg πŸ™‚

    Reply
  7. Rini Uzegan

    Tapi kalo kelamaan di kulkas, bawang merah biasanya bertunas tuh mbak πŸ˜€
    ___
    Iya, saya ga suka masukin kulkas, suka jd keriput jg dia kedinginan *halah* qiqiqiqi

    Reply
  8. Yanti

    betul mbak tetap enak walaupun tanpa bawang merah. itu saya belajar dari ibu saya. bawang putih, mentega, telur, kecap. biasanya ibu saya dulu buat nasgor model begini buat bekel sekolah adik πŸ™‚
    ___
    Iya ya, saya baru kali ini masak nasgor tanpa bawang merah, makanya takjub ternyata enak jg hihihihi

    Reply
  9. saidah

    Nyahaha kalo aku pake bumbu instan nasi goreng bamboo Teh, enyak dan gk repot πŸ˜€ *pdhl males ngulek bumbu*
    ___
    ci akang ga suka pake bumbu instan begitu Dang, aneh katanya heuheu

    Reply
  10. Lyliana Thia

    yg penting improvisasi yah nggak Rin? hihi..
    mantaaap…
    aku mau juga dong RIn dibuatin nasi goreng… hihihi…
    ___
    iyaaah, masak pun memang hrs punya improvisasi skill mba *halah* hahahaha

    Reply
  11. Social Bookmarking Indonesia

    kalo aku pas bawang merah abis,
    suka langsung masuk dapur tetangga paling dekat.
    “mau minta bawaaang, 2 siung aja !”
    ___
    udah malem Teeeeh, ga enak gangguin tetangga minta bawang qiqiqi

    Reply
    1. irmasenja

      hahahaaa….kok sama ? :p

      Reply
  12. irmasenja

    Masak gak pake bawang merah gak enak ya mba,…
    ___
    iya mba Ir, aku pikir jg gitu, ternyata enak jg kok hehe

    Reply
  13. nyonyasepatu

    Loh jumat jg libur yaaa
    ___
    kantorku sih libur Non he he

    Reply
  14. della

    Bumbunya bumbu cinta, Rin πŸ˜‰
    Jago deh, masak nasgor gk pake bawang merah πŸ˜€
    ___
    gara2 kepepet Del hihihi

    Reply
  15. yuniarinukti

    Kalau aku mending beli aja laaah.. secara gitu lho ada bawang, gak ada bawang tetep aja gak bisa masak πŸ˜€
    ___
    hahahaha…ini jg improvisasi aja mba Yun πŸ™‚

    Reply
  16. Lidya

    kalau males masak nasgor caraku gini rin. bawang putih digeprek tumis pake mentega masukin telor, trus nasi lada bubuk garem . kecap optional krn pascal gak suka nasgor kecap πŸ™‚

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: