Rindrianie's Blog

Being different

“Film ini mampu merubah sebuah sudut pandang, menjadi sebuah cara pandang yang baru.”

Demikian (kurang lebih) kalimat yang disampaikan Dik Doang pada acara penghargaan film dokumenter Eagle Award bertema Cerdas Indonesiaku beberapa hari yang lalu, terhadap film pilihan juri yang menjadi juara dalam ajang tersebut.

 

Saya tidak lagi mengikuti apa yang terjadi berikutnya -film apa yang menang-siapa sutradaranya-seperti apa hadiahnya-dan lain sebagainya dan seterusnya- karena saya sedemikian ‘terpukau’nya oleh kalimat yang baru saja tertangkap telinga saya. Mungkin otak saya memang sudah lemot dan tidak bisa mencerna kalimat tersebut dengan benar, saya perlu beberapa detik terdiam dalam pikiran saya sendiri untuk memahaminya.

Sedemikian hebatnya sebuah film -yang merupakan refleksi sudut pandang pembuatnya- yang ternyata mampu bertransformasi menjadi sebuah ‘point of view’, cara pandang berbeda yang baru, dan diakui oleh banyak orang -dalam hal ini juri dan penikmat film tersebut.

Padahal, bukankah seringkali kita berselisih, bertengkar bahkan gontok-gontokan, hanya karena melihat suatu obyek yang sama dari sudut yang berbeda? Dan kali ini sudut yang berbeda itu telah demikian menakjubkannya mengejewantah menjadi sebuah cara yang baru. It’s a brilliant, setidaknya bagi saya yang dhuafa ilmu ini.

Kesimpulannya (mungkin) adalah, tidak perlu takut berdiri dan melihat dari sudut yang berbeda, karena siapa tahu, justru itulah cara baru yang lebih bermakna.

So, let’s being different ! 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: