Rindrianie's Blog

Ber-cruise ria di Ha Long Bay

Saat musim liburan tapi tidak bisa liburan seperti ini, enaknya memang bernostalgia. Setidaknya jadi masih bisa merasakan senangnya berlibur meskipun cuma mengenang :).

Nostalgia kali ini saat saya ngebolang ke Vietnam Mei 2016 lalu.

Tiba di ibukota-nya Hanoi, meski cuacanya cenderung sama dengan Jakarta, auranya langsung terasa berbeda dengan bendera merah dengan bintang kuning yang berkibar di mana-mana. Sebagai negara terpadat ke-13 di dunia, padatnya jalanan Hanoi dengan jelas mendukung hal tersebut. Pengendara motor mendominasi jalanan, jarang yang berhelm, dan banyak yang sambil bertelepon ria dengan tangan kiri memegang ponsel di telinga. Tapi tak ada yang berisik mengklakson ataupun pak polisi yang akan menilang lho. Seru!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Jalanan di depan hotel

Kami tak lama di Hanoi, karena destinasi utamanya memang ke teluk Ha Long, atau istilah yang sedang ngetren sekarang sebagai ‘Raja Ampat’nya Vietnam :). Berada di utara Vietnam, Ha Long Bay berjarak 170 km dari Hanoi, kurang lebih 3 jam perjalanan dengan mobil. Lupakan hiruk pikuk kota Hanoi, karena begitu menjejak pelabuhan Ha Long, keramaiannya begitu berbeda. Diantar perahu kecil menuju kapal, keramaian yang berbeda itu kemudian menjelma kedamaian yang menenangkan begitu kami menaiki kapal besar yang akan menjadi ‘hotel’ kami selama di sana. Dan ini adalah pengalaman pertama saya menginap di atas kapal!

Pelabuhan Ha Long

Pelabuhan Ha Long

Jangan bayangkan kapal pesiar semacam Titanic yang bahkan memiliki kolam renang ya (walaupun kapal mewah seperti itu ya ada, tapi kan mahal :P), kapal tempat kami menginap sederhana saja, hanya beberapa kamar, satu ruangan restoran dan dek atap yang terbuka. Selain kami ber-tujuh, ada 3 orang turis Jepang juga 3 orang turis bule (lupa saya mereka dari negara mana ha ha). Selama 3 hari 2 malam, kami ber-13 tinggal bersama di sebuah kapal dengan beberapa orang crew.

Oh ya, jangan dibayangkan juga si kapal ini terus berlayar menuju ke suatu tempat ya. Si mini cruise ini ‘parkir’ saja di tengah-tengah teluk, yah paling bergerak sedikit-sedikit. Transportasi dari pantai atau menuju gua-gua wisata kami menggunakan perahu-perahu kecil. Sisi positifnya, kapal pesiar kami tidak akan menabrak gunung es yang tiba-tiba muncul, walaupun sepertinya sih tidak adalah gunung es di sana ya :P.

Ha Long Bay dianggap sebagai warisan dunia oleh UNESCO, bahkan di tahun 2012, New 7 Wonders Foundation menobatkannya sebagai satu dari 7 keajaiban dunia lho. Wajar saja sih, teluk ini memang memanjakan mata. Bayangkan sekitar 1900 pulau batu kapur yang seolah mencuat muncul dari lautan luas, perairan tenang nyaris tanpa ombak dengan air biru kehijauan, sangat sangat sangat indah.

Apa saja yang bisa dilakukan di Ha Long Bay? Banyak! Kita bisa mengunjungi gua-gua di pulau yang buanyak itu. Misalnya saja yang sudah terkenal sebagai gua wisata adalah Thien Cung, Dau Go, Sung Sot dan Tam Cung. Pantainya berpasir putih, dan begitu mendaki ke atas, keindahan Ha Long dilihat dari ketinggian lebih menakjubkan lagi.

 

Kita juga bisa mencoba ber-kayak ria. Saya dan pak suami mencoba menaiki perahu ramping itu dengan jantung berdebar, bagaimana menjaga keseimbangan dengan perahu setipis itu?? Tapi Alhamdulillah tidak terbalik sih ya hihihihi. Area kayak ini khusus,  seperti sengaja dibatasi  oleh pulau-pulau pulau-pulau kecil yang menjulang di kanan kiri sekeliling kami, seolah kami sedang berkayak d semesta kami sendiri, yang lain ngontrak! ha ha.

Atau kalau suka memancing, bisa juga lho mencoba keberuntungan memancing dari atas kapal. Saya lihat banyak juga para wisatawan yang melakukan ini bersama nelayan dan penduduk setempat.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Errrr, cuma lagi bernostalgia gini kenapa jadi kepengen liburan yah? hahaha. Kalau enggan menginap di atas kapal, di pelabuhan pun banyak hotel kok, jadi bisa betul-betul merasakan sensai ber-cruise ria seharian, misalnya. Barangkali tergoda dan mau liburan ke Ha Long Bay, cuss cari-cari tiket pesawat sekalian booking hotel di pegipegi. Siapa tahu ada tiket pesawat dan tarif hotel promo ngebolang ke Ha Long Bay kan ya :D. Promo bundling seperti itu biasanya jauh lebih murah lho, manteman.

Semangat yaaa liburannya ;).

Leave a Reply

%d bloggers like this: