Rindrianie's Blog

[Berani Cerita #21] Kolak Pisang

(Semacam) sekuel dari kisah yang ini.

***

Menjelang Maghrib di Ramadhan hari ke sekian. Jakarta mendung, jalanan padat diiringi klakson sahut bersahutan.

“Kalo macet begini seru ya, Kak. Banyak yang ngasih kita uang recehan.”

“Iya, kamu juga jadi kesampean beli es krim tempo hari ya, Dik.”

“He-eh, akhirnya Kakak juga bisa keramas.”

Si Adik terkikik, si Kakak ikut tergelak.

“Iya, Dik. Lagipula ini bulan puasa, orang-orang kepengen pahala berlipat-lipat jadi sering bersedekah.”

“Kalo bukan bulan puasa ngga dapet pahala ya, Kak.”

“Ya dapet juga, tapi khusus bulan puasa begini, pahalanya jadi dobel-dobel gitu, Dik.”

Si Adik mengangguk-angguk, seolah sudah mengerti. Si Kakak mencibir, menggoda sang Adik.

“Kita harusnya dapet pahala paling banyak, Kak. Bukan bulan puasa aja kita sering puasa, iya ‘kan?”

Si Adik cekikikan lagi, si Kakak membelai kepala adiknya perlahan, tersenyum. Detik berikutnya seorang mbak nan jelita menghampiri mereka berdua, tersenyum ramah dengan plastik di tangan.

“Adik-adik, nih dua bungkus kolak pisang, untuk buka puasa nanti, sebentar lagi adzan lho,” kata mbak jelita, seraya menyerahkan bungkusan plastik itu. Si Kakak menerimanya dengan suka cita. Mbak jelita beranjak segera setelah si Kakak mengucap terima kasih.

“Ada kolak pisang gratisan nih, Dik.”

Si Kakak mengeluarkan satu plastik berisi kolak pisang, masih hangat, aromanya membuat dia terpaksa menelan ludah.

“Horeeeeeyyy…” si Adik berseru riang, “Tapi gimana makannya, Kak? Kan kita ga punya mangkok, ngga ada sendok.”

Si Adik cekikikan lagi, si Kakak tergelak lagi.

“Seperti biasa, Dik, dikenyot ajaaaa. Hahahahaha…”

Di kejauhan, adzhan maghrib bergema sayup. Si Adik menyimpan bungkus bekas permen di saku celananya, si Kakak menyimpan botol bekas berisi beras di sisinya. Keduanya terduduk syahdu di tepi jalanan yang pikuk, merayakan kehidupan dengan gembira. Kali ini ditemani seplastik kolak pisang yang hangat.

Note : 276 kata, dan tidak ber-twist hihihi. Monggo dklik bannernya bagi yang mau ikutan^^

0 Comments

  1. carra

    ah… T__T Yuk, Kak, Dik, ke KFC yuk… 😥
    ___
    Mauuuuu^^

    Reply
  2. ranny

    *terharu* :’)
    Sambungan nota yah teh.. Bagus teh 🙂
    ___
    he-eh, disambung2in hihihihi

    Reply
  3. Masya

    sedih mbak,, aku kok ya jadi pengen kolak mbak
    ___
    Iyaaaaa…aku jg kepengen kolak pisang hihihi

    Reply
  4. Batavusqu

    Salam Takzim
    Nyimak aja ah, maklum baru
    Salam Takzim Batavusqu
    ___
    Allow kang Isro, kumaha damang? 🙂

    Reply
  5. imamboll

    jadi ingat kisah jamin dan johan, kakak adik yang hidup kekurangan
    ___
    anak2 jalanan 🙁

    Reply
  6. LJ

    masih akan ada kisah ceria lain disepanjang kehidupan adik dan kakak tsb.. ya kan Riinn.. 😀
    ___
    hehehehe…siyap Mak 😀

    Reply
  7. noe

    Iya… keinget nota 🙂
    ___
    hehehe iya Noe, emang lanjutannya 🙂

    Reply
  8. titi esti

    Pake twist atau enggak, cerita orin menurutku oke semua.
    ___
    Ish…ci Teteh bikin GeeR ajah 😛 hatur nuhuuuuun

    Reply
  9. nyonyasepatu

    kolaknya tolong dikirim ke sini Orin 🙂
    ___
    beli aja Non biar masih anget 😛

    Reply
  10. Shohibul Kontes 63

    Sadap betul dapat tambahan gizi ya dik
    Apik, natural dan factual
    Salam sayang selalu
    ___
    Salam sayang juga Pakdheee^^

    Reply
  11. Ryan

    hiks…
    jadi ingat yang sering kita lihat di jalan tapi kita cuekin.
    ___
    iya mas, kadang cuma liat dan lewat aja ya 🙁

    Reply
  12. eksak

    Gak masalah gak ngetwist, yg penting tetep ngalir dg manis! Dan gue slalu suka … Hehe
    ___
    heuheuheu…tengkyuuuuw^^

    Reply
  13. Rini Uzegan

    Nota Episode 2 ini yah 😀
    ___
    Iyaaa hehehe

    Reply
  14. Lidya

    hihihi dikenyot aja ya trus pisangnya dikobok gitu :-p
    ___
    dikenyot dan dikobok hahahah 😛

    Reply
  15. monda

    hi.,hi.,Orin jadi inget bunda pernah beli es kelapa muda dlm plastik kagak pake sendok, minumnya dikenyot airnya abis baru deh kelapanya bisa dimakan ,
    kayaknya ini pengalaman nyata ya neng .,he..he…
    ___
    dikenyot sebetulnya bahasa Indonesianya apa ya Bun? hihihihi… tau aja ini pengalaman nyata 😀

    Reply
  16. riga

    menyenangkan bacanya….kemiskinan yang diceritakan dengan ketegaran, ada canda, ada harapan. 🙂
    ___
    tengkyu bang^^

    Reply
  17. mechtadeera

    alhamdulillah… seplastik kolak hangat pengganjal perut2 kecil itu… 🙂
    ___
    Alhamdulillah Auntie, msh anget lagi hihihi

    Reply
  18. prih

    Terlihat akan segera menjadi buku kumcerpen kisah adik kakak nih neng Orin, sangat suka dengan penggambaran perjuangan yang wajar. Salam
    ___
    heuheu…Aamiin ibu, hatur nuhun^^

    Reply
  19. ikhie

    Sukaaa bgt critany..akhirny Orin,mberitahu bakat mnulisny pd sluruh jagad ini,alhamdulillah. krn ktk kuliah cm bs ngtik d kmpter n d save d disket,jadul bgt y?skrg mh dh zaman flash disk.hehe.
    Ikhtiar,sabar,tawakal,bersyukur…sungguh jk kamu brsyukur,mk akan
    AKU tmbah(nikmat)pdmu.tp jk kamu mengingkari (nikmatKU)mk azabKU Sangat berat(QS.Ibrahim:7)… Berempatilah thd ksulitan org lain,APA yg ad pd qt hanya ti2pan(milik ALLOH)bkn milik qt,bhkn Dr qt skalipun..GANBARE!!d antos crita2ny..
    ___
    Ikhiiiiieee…ih meni waas Ikhi baca blog Orin hihihihi. Nuhun ah Q 😉

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: