Rindrianie's Blog

Bermain-main dengan Canva

Saya mengenal Canva tepatnya saat novel kolaborasi Yesterday in Bandung saya terbit Januari 2016 lalu. Saat itu karena saya adalah pengangguran yang memang banyak waktu luang, terpaksalah diminta membuat semacam kartu undangan untuk launching oleh teman-teman.

Belajar otodidak dan (rasanya) tidak berbakat seni sama sekali, ya ampun-ampunan juga saya mempelajarinya hahaha. Tapi saking pedenya malah buat kayak infografis abal-abal berisi quote para tokoh di dalam novel gitulah, saat itu diaplod pula di IG lho hahahaha, ga tau malu banget.

Ternyata mengingat ‘kegilaan’ zaman baheula seperti ini menyenangkan juga ya :).

Kembali ke present day *halah, akhir-akhir ini saya juga dipercaya untuuk membuatkan flyer pengumuman latihan yoga. Sempat lupa blas dengan Canva. Pusing awalnya gimana caranya bikin flyer. Jadi Flyer pertama yang saya buat literally mengedit foto yang saya tambahkan tulisan berupa informasi latihan. Jelek bangetlah pokonya hahaha.

Melihat info latihan yoga di IG yang cantik-cantik, saya pun penasaran, mikir pasti ada aplikasinya deh. Googling sana-sini akhirnya dipertemukan dengan canva kembali, dan baru ngeh bertahun lalu rupanya saya sudah mendesain sesuatu dan masih tersimpan datanya hihihihi. Duh dasar emak-emak udah pelupa *cabutin uban.

Eniwey, barangkali ada yang belum tahu, silakan langsung ke https://www.canva.com/ aja ya. Bisa diakses di komputer maupun di ponsel. Walaupun saat mengerjakan, saya lebih suka melakukannya di komputer sih, maklumlah, jari saya kan jempol semua, jadi bekerja dengan ponsel saya yang tak seberapa pintar itu agak-agak susah :D.

Caranya gimana? Gampiiiil. Pasti punya akun facebook kan? Nah, login di Canva bisa menggunakan akun facebook langsung. Ada berbagai macam pilihan ukuran tergantung keperluan kita untuk apa, jadi tidak perlu pusing lagi mengedit ukuran gambar, sudah disediakan ukuran untuk IG post, misalnya, yang akan berbeda dengan ukuran gambar untuk cover wattpad.canva

canva1Bahkan ada juga untuk membuat CV lho. Saya baru ngeh kenapa CV anak-anak milenial tuh kok lucu-lucu, ternyataaaaa suspectnya ya dibuat pakai Canva ini hihihihi. Desainnya pun banyaaaaak, yang berbayar lebih lucu-lucu sih hahahaha :P. Tapi yang free pun udah oke kok.

Tinggal pilih desain yang kita suka, mengganti foto dengan foto kita sendiri (kalau mau ya, nggak juga ya nggak apa-apa), menambah-kurangi informasi yang diperlukan, klik tombol ‘save’ selesai deh. User friendly banget lah, cenderung mudah mengotak-atiknya. Meskipun tetep sih, kalo bagi saya mah ya perlu waktu juga mengerjakannya heuheu.

Nih ini nih beberapa flyer yang berhasil saya buat untuk latihan yoga dengan bantuan si canva. Yaaa….lumayan lah ya segitu juga uyuhan memuji diri sendiri hihihihi.

canva2

Pasca pulang ngebolang ke India, banyak foto yang memang berkategori seperti foto-foto di kalender gitulah ya, jadi weh saya terinspirasi untuk mencari quote dan memadumadankannya dengan si potret. So far baru dua foto sih hihihihi, karena ya itu tadi, walaupun menyenangkan, saya perlu waktu untuk mengerjakannya. Dan kadang saya pun (sok) sibuk juga kan yaaa :P.

Foto ini berlokasi di Mughal Garden, langsung norak deh tiduran di atas daun maple hahahaha.

Today,I choose tobe happy!

Kesukaan saya (dan pak suami) untuk ngebolang tentu saja tidak selamanya mendapat respon positif ya. Tidak jarang saya dianggap boros, sok kaya, terlalu mengejar dunia, senang berfoya-foya, dan sebagainya dan seterusnya bla bla bla. Sudah terbiasa sih, dan ya pilihan terbaiknya adalah dicuekin aja :P. Malah kadang saya ‘sengajain’ deh tuh, salah satunya dengan bikin si gambar di atas hihihi.

Foto yang ini saat menuju Sonamarg, salah satu foto yang menurut saya viewnya seperti foto-foto di kalender. Quote yang saya pilih mewakili apa yang saya rasakan, bahwa kalau saat itu kami membatalkan ngebolang ke Kashmir, pasti nyesel banget deeeeh :D.

good times& tan linesKeisengan bermain-main dengan Canva bakalan berlangsung cukup lama nih kayaknya, yuks ikutan juga *nyari temen :D.

Ya sudah segitu dulu ya, have a great day, Pals ;).

 

 

 

3 Comments

  1. prih

    Orin yang belajar dan menggunakan aplikasi canva, ibu yang menikmati karya Orin ya.
    Salam hangat

    Reply
  2. Emka Lathifa

    Saya mengenal canva baru tahun lalu. Simpel dan sangat mudah digunakan. Lumayan bisa diandalkan buat senjata ngeblog hehe…

    Reply
  3. adelinatampubolon

    asyik juga yach main di canva. hasil foto jadi lucu dan keren.

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: