Rindrianie's Blog

Berwisata Kuliner di Bandung = Bernostalgia

Wisata kuliner sambil bernostalgia? Kenapa tidak? sigh

Sahabat tahu Gasibu bukan? (Yang tidak tau kebangetan deh :p).

Suasana Minggu pagi di pasar kaget Gasibu

Dulu saya sempat numpang di rumah Om saya di daerah Cikutra. Hampir setiap minggu pagi, saya, tante dan adik-adik sepupu biasanya jalan kaki dari rumah sampai ke pasar Gasibu ini. Sarapan bubur ayam atau kupat tahu. Keliling-keliling belanja ini itu, lantas pulang saat sudah agak siang agar tidak terlalu panas, setelah mampir di pasar Suci untuk membeli sayuran.

Seperti pasar kaget pada umumnya, banyak sekali jenis makanan yang dijual di sana. Dan lumpia basah adalah kuliner penuh nostalgia yang saya cicip kembali di pasar Gasibu saat ke Bandung beberapa waktu yang lalu.

Ada yang pernah menyicip lumpia basah? πŸ™‚

Sebetulnya ngga enak-enak banget sih, biasa saja, bahkan saya tidak tau detail bahan apa saja yang diolah menjadi hidangan Lumpia basah ini ups. Tapi kenangan tentang si lumpia basah inilah yang selalu membuat saya (hampir) selalu jajan lumpia basah saat ke Bandung. Kenangan saat menjadi anak kost kere dulu, yang seringkali harus sarapan atau makan siang dengan hanya seporsi lumpia basah untuk berhemat :D. Mengambil secuil demi secuil tauge dan (kalau tidak salah) bengkoang itu dengan sumpit, betul-betul bisa membuat saya bernostalgia dengan suasana Jatinangor saat saya kuliah dulu.

Wisata kuliner di Bandung berikutnya adalah Cafe ‘n Lounge Persib di jalan Sulanjana no. 17. Saya bertemu kembali dengan beberapa teman sekelas saat kuliah dulu di cafe ini akhir tahun 2009 lalu. Lihatlah kami, para manusia setengah dewasa halah itu telah bertransformasi menjadi (semoga) manusia dewasa seutuhnya, ada yang sudah menjadi Ayah atau Bunda, ada yang sedang hamil besar, yang masih single pun ada tentu saja, tapi kami berubah, bermetamorfosis menjadi kami yang lebih baik.

Itulah kenapa wisata kuliner di bandung ini pun menjadi wisata nostalgia bagi saya πŸ™‚

Bahkan, saking asyiknya ngobrol ngalor ngidul dan bercerita tentang si ini dan di itu yang entah kenapa bisa begini dan begitu, makanan-makanan yang kami pesan terlupa untuk diabadikan, kecuali dessert nan menyegarkan yang disukai putra seorang teman ini.

Wisata kuliner sekaligus nostalgia terakhir adalah menyicip hidangan berkategori muahal dengan view indah di the Peak, Jl. Sersan Bajuri (arah ke Lembang). Saat kuliah dulu, seringkali kami nekat bermain-main ke Lembang dengan mobil seorang teman saat wiken tiba, biasanya kami hanya mampu membeli sebutir dua butir jagung bakar dan paling banter ditambah secangkir bandrek atau kopi jahe.

Dan setelah beberapa tahun kemudian…

Voila, bisa juga lho dinner di sebuah restoran yang tampilan mejanya pun sangat mewah. Wajar kan kalau saya terharu? (Walaupun makan malamnya ditraktir sang teman yang mengajak kami ke sana hahahaha…)

Candle light dinner *wink…wink…*

Punyakah sahabat kuliner yang membangkitkan rasa nostalgia seperti ini? πŸ™‚


Artikel ini saya ikutkan untuk memeriahkan ADUK-nya PakdheΒ  Cholik.

0 Comments

  1. Pakde Cholik

    Saya telah membaca artikel anda dengan cermat
    Langsung saya catat
    Terima kasih atas partisipasi sahabat
    Dari Surabaya saya kirim salam hangat

    Orin : Alhamdulillah sudah resmi πŸ˜€
    Kesuwun Pakdheeee

    Reply
  2. Mabruri Sirampog

    saya cuma tau gasibu, tpi blum pernah ke sana bun.. hihihih

    bernostalgia memang sangat menyenangkan ya bun…. πŸ˜€

    smoga menang di ADUK kali ini bun.. πŸ˜€

    Orin : Ayo mampir ke Bandung Mab, seruuu he he.
    Aamiin…semoga sama2 menang ya Mab *halah*

    Reply
  3. IbuDini

    Biasa kalau udah ketemu temen atau sanak saudara, ditambah lagi perut yang gak bisa di ajak kompromi…semua terlewatkan untuk mengabadikannya

    Orin : Iyaaa… betul sekali bu πŸ˜€

    Reply
  4. mandor tempe

    Saya datang ke gasibu tapi gak berani nyoba makanan-makanannya. Lain kali akan saya coba ke sana

    Orin : Kok ga berani sih mas mandor? ga akan digigit lhooo hihihihi

    Reply
  5. dey

    sesama penyuka lumpia basah kita ya .. hehehe, Iya bener, isinya tumisan taoge + bengkuang ditambah bumbu kentalnya itu aci & kecap yang dimasak.

    duh, coba kuliah di jatinangor-nya sekarang, bisa mampir tuh ke rumah neneknya fauzan kalo kelaperan .. πŸ˜€

    Orin : Toss dulu ah Bu he he.
    Oh ya? Neneknya Fauzan dmana kitu? Dulu kostan Orin di Ciseke πŸ˜€

    Reply
  6. Puteriamirillis

    gasibu yg deket pusdai itu bukan..hehe..ga gaul..^^

    candle light dinner..hmm…^^ so romantic…

    Orin : Betul Put πŸ˜‰ romantis sih, kalo makannya sm suami, lah ini sama temen2 hihihihi

    Reply
  7. yuniarinukti

    Jadi pengen ke Bandung lagi, kota yang dimana-mana ada orang jual makanan…
    pokoknya Bandung TOP BGT klo soal makanan…

    Orin : Hahaha…bisa aja mba Yun. Tapi iya jg sih, selalu banyak yg jual makanan dimana2 πŸ˜€

    Reply
  8. melly

    Mba..
    klo ikut kontesnya pakdhe klo ikut kontesnya pakdhe, kok kadang ide kita sama sih? wisata kuliner pasar πŸ˜€
    hahaha

    Orin : heuheu…punya telepati kali ya kita Mel :p

    Reply
  9. Keven

    Dessertnya menggiurkan sekali…di restoran mana tuh?
    Sesama orang Bandung, salam kenal =)

    Orin : Di cafe Persib.
    Eh? saya mah bukan orang Bandung kok, gi main aja itu mah he he. salam kenal jg yaa πŸ˜‰

    Reply
  10. andreetrox

    mantap jalan2nya, jadi pengen tau rasanya lumpia basah.

    Orin : Sok silahkan diicip πŸ˜€

    Reply
  11. slashtips

    kapan2 harus coba ke bandung dah.

    Orin : Silahkaaan πŸ˜‰

    Reply
  12. Arief Bayu Saputra

    Lumpia basahnya saya mau mbak Orin,,,hehehehe semoga sukses di Aduk

    Orin : Mari kita ke Bandung Bay πŸ˜‰

    Reply
  13. Lyliana Thia

    Aku nggak tau Gasibu, Rin… Kebangetan yah? Ahahahaaa..
    Bernostalgia bareng sahabat sambil wisata kuliner emat top banget deh…
    Liat foto Orin jd pengen wisata kuliner bareng temen2 kuliah dulu…
    Berburu tempat makan yg porsinya banyak biar kenyang plus murah, itu yg seruuu…
    Ahahaha…*dasar mahasiswa*

    Orin : Ayo mba Tiaa…kapan2 main ke Gasibu, ajakin Vania hihihi..
    Oh tentu, kenyang bin murah adalah keyword para mahasiswa ya mba he he he

    Reply
  14. Mas Jier

    wah Gasibu ya.
    emang rame di situ tiap hari minggu. deket dengan gedung sate dan monumen apa gitu. Jajanannya juga enak – enak

    Orin : Selalu rame sampai bikin macet mas heuheu

    Reply
  15. hilsya

    Orin.. eike ga tau Gasibu.. *kedip-kedip malu*

    Orin : Apppaaahh? *sinetron lebay MODE : ON* t.e.r.l.a.l.u itu mah Teh :p

    Reply
  16. Batavusqu

    Salam Takzim
    Beneran saya ga tau Gasibu mbak, biar dipukul sekampung saya ga tau Gasibu. Pengennnnn
    Salam Takzim Batavusqu

    Orin : heuheu…gpp kang, mudah2an suatu saat bisa ngegowes di sana ya πŸ˜‰

    Reply
  17. Lidya Fitrian

    apa bedanya lumpia yg dari semarang?

    Orin : Beda bgt Teh, tapi susah ngejelasinnya deh hihihih

    Reply
    1. Sofyan

      Mungkin pembuatannya Mbak,,hehehe dari Bandung dan stunya di Semaranng

      Orin : hehehe…pastinya begitu ya Sof :p

      Reply
  18. crimbun

    hem laper nih… kuisnya dah ditutup rupanya ya πŸ™

    Orin : Tenang mas Pri, rabu depan masih ada lagi πŸ˜‰

    Reply
  19. Batavusqu

    Salam Takzim
    ckckckck jadi kepengennnn
    Salam Takzim Batavusqu

    Orin : Hayu kopdar di Gasibu kang he he

    Reply
  20. Sofyan

    Setahu saya Gasibu itu pasar untuk borong baju hehehe…ternyata ini pasar kget toh…

    Sukses Kak untuk ADUK nya

    Orin : Borong baju lebih seru kalo di pasar baru Sof hehe…
    Iya pasar kaget, hati2 kalo berkunjung ke sana ya hahahaha

    Reply
  21. Asop

    Wisata kuliner di Bandung…?
    Ah, bisa dibilang saya gak tertarik. Cuma itu-itu aja sih. πŸ˜€
    Saya malah pengen wisata kuliner di Surabaya. :mrgreen:

    Orin : Deuuu yg udh bosen sama kuliner Bandung :p

    Reply
  22. Bibi Titi Teliti

    Gasibu bener bener pasar segala aya ya Rin…
    duh jadi perasaan pengen lumpia basah telornya 2 euy….hihihi…
    pasti makan nya pake sumpit yah…

    Orin : iya Biii… sagala aya pisan he he. Euleuuuh…meni 2 telorna :p

    Reply
  23. Ikkyu_san

    aku lebih suka di The valley… steaknya enak. pemandangannya juga
    eh tapi itu juga karena ada yang nemenin sih hihihi
    EM

    Orin : iya mba EM, bukan dimana-nya tapi sama siapa ya hehehehe

    Reply
  24. chocoVanilla

    Itu dessert nya ko nampak sueger puoll yak? Jadi pengen nih πŸ˜›

    Orin : Enak pas panas2 gini ya mba choco πŸ˜‰

    Reply
  25. Deni Kurniawan As'ari

    Duh, jadi kepengin ke bandung lagi. Inget masa lalu. hehe..
    mks atas sharingnya.

    Orin : Mari ke bandung lagiiii πŸ˜‰

    Reply
  26. arman

    kayaknya pasar gasibu nya seru ya… πŸ˜€

    Orin : Seru mas, pasar serba ada plus murah meriah he he

    Reply
  27. phiy

    Dessert-nya apaan tuh? menggoda sekali. Slurps!

    Orin : Judulnya sih banana split, tapi memang versi menggiurkan ya πŸ˜€

    Reply
  28. nia/mama ina

    belum pernah ngrasain lumpia basah versi bandung nechh…koq isinya toge sm bengkuang? rasanya jd kayak gmn tuchh? penasaran……

    suami pernah ke Gasibu tuch waktu tugas di bandung…..rame banget yachhh…lihat dr foto2 waktu suami kesana…jadi pengen ke bandung euuyy….

    Orin : Bengkuangnya diapain duluuuu gitu mba Nia, jd ga manis rasanya, Orin jg ga tau diapain hihihi… dicampur telur dan bumbu2, enak kok, rasanya seperti lumpiah basah *halah*

    Reply
  29. menone

    menone ga pernah gini2an hahahahahahahahaha……… enak ya rame2 gt

    salam persahabatan selalu dr MENONE

    Orin : Pernahnya gitu2an ya Menone? hihihihi

    Reply
  30. susisetya

    wah mbak aku jadi kangen pengen ke Bandung nich jadinya, udah lama banget gak ke Gasibu, padahal dulu tiap hari kesana soalnya kantorku dulu deket Gasibu kostan juga daerah gasibu situ jadinnya gasibu dulu sudah jadi bagian keseharian…sebelum aku nikah dan pindah kota…

    Orin : AYo bernostalgia lg mba Sus, ajak suaminya πŸ˜‰

    Reply
  31. fanny

    moga menang ya..lombanya…

    Orin : eh? ada mba fanny (lagi) he he… Menangkan diriku ya mbaa πŸ˜‰

    Reply
  32. dewifatma

    Aku nggak tau Gasibu, Rin. Kebangetan yah? πŸ™‚
    Tapi mudah2an bisa kesana, kapan-kapan…

    *oh Tuhan, kabulkanlah..*

    Orin : Aamiin… semoga bisa segera ke sana ya mba Dew, banyak belanjaan murmer πŸ˜‰

    Reply
  33. bintangtimur

    Saya penggemar makanan, Orin…buuaanyyak banget makanan dan tempat makan nostalgia yang bisa saya sebutin disini, tapiiii…cukupkah kolom komen ini?

    Hehehe, saya juga suka makan lumpia basah yang dimakan pake sumpit itu, rasanya gimanaaaaa gitu…
    πŸ˜›

    Orin : hihihi…diantos Bu Ir, postingan tempat makan nostalgianya πŸ˜‰

    Iyaaa….makan di lumpiah basah itu penuh perjuangan Bu Ir, sama seperti hidup inih *tsaaahhh* hahaha

    Reply
  34. maminx

    widih mantap memang the peak ya. cafe lounge n persib patut di coba tuh. meluncur ah kapan-kapan, he. hatur nuhun.

    Orin : He-eh, keren lah veiwnya the peak, sok dicobian atuh πŸ˜‰

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: