Rindrianie's Blog

Callina

Callina, adalah nama yang saya pilih sebagai salah satu tokoh dalam cerpen saya. Indah? Cantik? Anggun? Elegan? Unik? Atau apa impresi yang temans pikirkan dengan nama itu?

Pssttt… padahal, Callina adalah nama sebuah varietas pepaya lho hihihi

Jadi ceritanya, saat saya ber-BW ria dan sampai ke rumah Bunda Monda, di sana saya membaca sebuah postingan tentang pepaya california yang konon bercita rasa bak pepaya hotel bintang lima. Setelah ditelusuri,  rupanya pepaya california ini adalah varietas asli Indonesia, yang merupakan temuan almarhumah ibu profesor Sriani dari IPB, yang beliau beri nama callina. Tapi kemudian malah ‘diganti’ menjadi california (mungkin oleh para pedagang buah).

Entah kenapa, saya tidak terlalu suka pepaya. Kalau ada sih ya dimakan, tapi jarang sekali menyengajakan diri membeli pepaya. Dan entah bagaimana, saat membaca postingan BunMon tentang pepaya ini, di kepala saya tergambar sesosok wanita bernama Callina yang tidak suka pepaya heuheuheu.

Cerpennya seperti apa? ah… masih rahasia (padahal mah belom selesai :P). Postingan singkat ini saya buat khusus untuk berterima kasih pada Bunda Monda, karena telah menginspirasi saya dengan sebuah (atau seorang?) Callina 🙂

Terima kasih ya Bun 😉

“Tulisan ini diikutkan  pada  Giveaway Pertama di Kisahku bersama Kakakin

0 Comments

  1. ~Amela~

    waaah.. jadi penasaran sama si callina ini..
    ditunggu cerpennya ya teh

    Orin : hmm…mudah2an si callina ini dibaca dalam bentuk buku ya Mel 😀

    Reply
  2. Tebak ini siapa!

    Ciyeee Callina~

    Orin : ciyeeee Una 😛

    Reply
  3. masbro

    Mendengar nama Callina, saya kok ndak kepikiran pepaya ya. Yang ada di otak malah sosok perempuan cantik berjilbab yang wajahnya mirip Mbak Orin 🙂

    Semoga sukses di kontesnya Tante Monda.

    Orin : Callina lebih cantik masbro Hakim, tapi sayang dia belom berjilbab *halah* hihihihi

    Reply
  4. bundamahes

    samaaaaaaa.. dirikuw juga ga terlalu suka pepaya, kecuali dah dikupas dan dipotong kecil-kecil baru deh mau makannyahhh

    *bilang aja males ngupas 😎

    sukses buat GA-nya ya teh!!!

    -kissnhug

    Orin : hahahaha…dasar si bubun pemalas 😛

    Reply
  5. Kang Sofyan

    Callina sebuah nama yang bagus, padahal buah pepaya (kates) hehe,,di tunggu cerita tentang si Callina nya Kak…

    Sukses buat GA nya semoga menang Kak

    Orin : heuheu…kates yg ini cantik ya Sof 😛

    Reply
  6. Yunda Hamasah

    Aku baca juga lho Rin, tentang sosok profesor Sriani tersebut, luar biasa 🙂

    Callinamu ditunggu ya…

    Orin : Sepakat ummi, ibu profesor sangat luar biasa ya..

    Reply
  7. Ngai

    wanita bernama Callina itu..
    pipinya bersemu merah
    senyumnya manis.. renyah..
    dan.. sehat..!!!

    sukses wat kontesnya ya Teu..

    Orin : manis, renyah, sehat, pepaya bgt ya Ngai qiqiqiqi

    Reply
  8. rizalean

    varietas yang ‘ditemukan’ di Bogor dan diberi nama Callina? kayaknya ibu Prof Sriani (alm) sudah punya visi someday pepaya ini akan mendunia. makanya nggak dikasih nama lokal bogor : cencen, entin, ningsih, dst… 🙂

    Orin : Betul kang, tapi pepaya Callina ini tetap lebih dikenal dg sebutan pepaya California, mungkin karena lebih ‘kebarat2an’ dan dianggap pepaya import..

    Reply
    1. Putri Rizkia

      Gak sanggup ngebayangin kalau namanya entinn

      Reply
      1. monda

        Entinnya Dasrun ya Non ?

        Reply
  9. Putri Rizkia

    nungguin cerita bu kalina.. 😛

    Orin : hihihi…mudah2an bs diselesaikan ya Put, msh ada diendapkan di kepala soalnya 😛

    Reply
  10. monda

    Orin, trims ya udah ikutan.. dicatat ya…

    jadi pengen tau si Callinanya Orin seperti apa..
    btw, makin kagum dengan sosok ibu profesor yang ilmuwan, dan pribadi sangat lengkap yang dicintai banyak mahasiswanya,
    udah baca komennya Oyen di tulisan itu?

    Orin : Yippieee…sudah terdaftar.

    Iya Bun, baca jg ulasan dari mba Oyen, makanya jd terinspirasi gini kali ya hihihi…

    Reply
  11. lozz akbar

    Saya mau belajar meneliti buah-buahan ah.. nanti kalau nemu varietas baru buah rambutan.. akan saya kasih nama Rambutan marpuah

    Orin : Eh? rambutan marpuah bukannya sudah ada uncle? hihihi

    Reply
  12. Mabruri Sirampog

    nama pepaya cakep juga ya?? 😀 😀
    yg penting jangan jadi Callina yang terbuang aja.. hahah

    Aduh, penasaran nih dengan cerpennya… 😀

    sukses GA-nya

    Orin : Callina yang terbuang? sepertinya bagus dijadikan judul Mab hahahaha

    Reply
  13. nique

    wah kirain mah tadi apa
    tibake pepaya toh 😀

    sukses deh kontesnya ya Rin

    Orin : he he, pepaya cantik Kak 😛

    Reply
  14. Akhmad Muhaimin Azzet

    Callina ya…, jadi teringat dulu saya pernah ngedit novel yang tokohnya bernama Alina. Hmmm…, semoga sukses dengan ngontesnya ya Mbak.

    Orin : Wahhh…nanti kalo Callina jadi novel boleh minta dieditkan jg ga pak ustadtz? 😀

    Reply
  15. Puteriamirillis

    panggil aku lina…*ngasal

    apa kabar teeeh?

    Orin : Hmm…jadi panggilannya lina aja ya Pu? *merenung*

    Reply
    1. umar azkiya

      looh???
      cally juga bagus…

      Reply
  16. mama ina

    wahh keren nech dapat inspirasi namanya dari postingan bu monda…ditunggu ah cerpennya….sukses utk kontesnya

    Orin : heuheu…cerpennya masih berupa draft dan tersimpan rapi di kepala mba Nia qiqiqiqi

    Reply
  17. -ka

    akuu…suka sekali pepaya mbak
    kalo ada kirimin dong
    haha =P

    btw, sukses buat kontes ny y mbak, aku ikutan jg ah nantiii
    =D

    Orin : wah, di rumah mamahku banyak pohonnya Rez hihihi… sok atuh ikuan kontesnya

    Reply
  18. maminx

    oh pepaya california varietas indonesia juga ya.. pantesan pernah liat di daerah kayuringin yg jualan buah-buahan. ada jual pepaya lokal ada juga pepaya california. padahal ternyata sama sama lokal ya 😀

    sukses atuh ah

    Orin : He-eh Min, sama2 lokal beda varietas wungkul 😛

    Reply
  19. Bibi Titi Teliti

    Apa pun itu ceritanya…
    mohon dibikin hepi ending ya Rin…

    dan kalo bisa karakternya cewek kalem ketemu cowok bengal yang kaya…terus si cowok ber transformasi menjadi keren gara gara si cewek…kayak yang di drama korea itu lho…hihihi,,,

    *komen apaan sih???*

    Orin : hoh? ide yg usul Bi hahahaha

    Reply
  20. advertiyha

    Callina emang keliatan lembut dan cantik banget ya Neng,,
    kayaknya bakal apik banget deh tuh cerpen,,, buruan tayangggg.. 🙂

    Reply
  21. marsudiyanto

    Saya juga baru tau kalau ternyata Callina itu nama varietas buah Mbak.
    Dan saya juga belum pernah dengar nama itu dipakai orang. Mungkin ada tapi sayanya yg nggak tau.
    Semoga nama ini membawa keberuntungan dalam GA nya Mbak Monda yg Mbak Orin ikuti
    Salam

    Reply
  22. 'Ne

    callina.. menurutku cantik dan anggun Teh hehe..

    sukses buat kontesnya dan sukses juga cerpennya 😀

    Reply
  23. alamendah

    Tapi kalau gak salah pepaya Callina ini lebih terkenal dengan nama pepaya california, pedagang-pedagang buah banyak yang lebih familiar dengan nama terakhir. Semoga cerpennya juga gak berubah menjadi california atau malah texas…. 🙂

    Reply
  24. Fahrie sadah

    Di tunggu callina nya.. ^^

    Reply
  25. Satusatuen

    Calina? kayak judul lagu Ebiet G Ade..

    *itu Camelia..bletakkk!!

    Reply
  26. bunda lily

    nungguin Callina di teras rumahnya Orin … 😛
    siapa tau, bunda nomer satu duluan yg ketemu sama si Callina tea…. 🙂
    ( ngebayangin callina cantiknya sm dgn Orin) 🙂

    sukses ya Rin di kontesnya BuMon …
    salam

    Reply
  27. Lyliana Thia

    hebat eh Orin.. hehe.. denger nama udah kebayang cerpen aja 😀

    iyaaa aku jg baru tau loh varietas pepaya california itu nama aslinys callina.. aku suka pepaya.. seminggu pasti sekali beli.. makannya rebutan.. hehehe.. enak diperut Rin.. apalagi buat yg punya maag.. 😀

    sukses kontesnya yah Rin:-D

    Reply
  28. ded

    Kalau dari namanya yang berasal dari sebuag pepaya yang mungil kuning dan manis, harusnya gambarannya seperti itu Mb. Ya udah daripada mengchayal saya tunggu ceritanya ya…. 🙂

    Reply
  29. mechta

    Ayo..ayo..segera di publish si Callinanya… penasaran nih, apa ia semanis rasa pepaya itu?… Ah, jadi ingat penulis jaman dulu yg pake nama Oriza Sativa…keren ya, padahal nama padi tuh.. 🙂
    Oya, semoga sukses di GAnya mbak Monda ya..

    Reply
  30. itacasillas

    almarhum ibu Sriani itu dosen saya kak 😀 aaanndd she was really really a kind woman 😉

    Reply
  31. febe fernita

    ahhhhhhhh jadi penasaran ini kak.hehehe.
    saya suka nama itu, callina 🙂
    salam kenal kak, ijin baca-baca yah

    Reply
  32. kakaakin

    Ibu juri datang… 🙂
    Callina, nama yang cantik ya 🙂
    Aku cukup suka pepaya, apalagi pas tahu kalau itu baik untuk kesehatan 😀

    Reply
  33. irmarahadian

    Callina…..
    cantik pastinya…..
    hehehe

    Reply
  34. Pakde Cholik

    Nama buah dan tanaman memang bagus2 nduk. Seperti Oriza Satifa juga.
    Semoga berjaya dalam acara bu Monda.

    Salam hangat dari Surabaya

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: