Rindrianie's Blog

Code Blue

Sudah tahu dong ya betapa saya sukkka sekali Grey’s Anatomy? Tapi ketika pindah ke Karawang, si TV Cable langganan belum masuk sana, mau berlangganan yang keren (tapi mahal) itu kok ya sayang, hawong paling nonton TV totalnya berapa lama sih sebulan? Sekian ratus ribu hanya untuk bisa dinikmati sekian jam rasanya kok ya sayang *emak-emak pelit. Eniwey busway, jadinya saya tidak pernah lagi nonton si Grey’s Anatomy, pedih sodara-sodara!

Tapi ya, dasar rezeki anak sholehah, di channel Waku Waku Japan ternyata ada Code Blue.

Hasil gambar untuk code blue

Alur ceritanya hampir mirip banget nget nget, sekelompok dokter bedah magang di UGD sebuah rumah sakit. Code Blue ini adalah sebutan bagi permintaan untuk Dokter Heli, sebuah tugas bagi empat dokter muda (dan satu perawat) untuk segera menemui pasien darurat dengan helikopter.ย  Sudah season 2 sekarang ini yang tayang, season 1-nya saya ketinggalan cuma nonton episode terakhir hahahaha. Jam tayang yang tiap Senin-Jumat jam 9 malam, membuat saya cepat-cepat mandi dan sholat saat sampai di rumah demi nongkrongin TV :P.

Tapi mungkin karena ini drama Jepang, ‘drama’nya ya tidak seheboh Meredith Grey-Christina Yang-Derek Sheperd and the ganks di Grey’s Anatomy lah yaaa hehehehe. Konfliknya sedikit berbeda, jangan dibayangkan seperti drama Tokyo Love Story atau Ordinary People juga tapi yaaa, ini tetap ada scene ‘action’ rusuh masukin pasien ke helikopter atau adegan berdarah-darah di ruang bedah. Bagi saya, tetap menyenangkan untuk dinikmati, mengobati kerinduan nonton Grey’s Anatomy. Tokoh-tokohnya sebagai berikut:

Kousaku Aizawa, dokter ganteng ini karakternya dingin-cuek-angkuh gitulah, jagoan banget di antara teman-temannya yang lain. Rupanya masa lalu sensei Aizawa ini cukup menyedihkan, sejak kecil hanya hidup bersama neneknya, dan kemudian neneknya pun kena demensia. Jadi cukup sedih saat si nenek kadang tidak mengenali dia sebagai Kosaku sang cucu.

Megumi Shiraishi, ibu dokter ini putri dari seorang dokter tekenal. Tentu saja ini jadi ‘beban’ tersendiri buat dia ya, jadi harus tidak boleh salah, harus begini beginu bla bla bla, membuat dia terlihat sombong dan sulit berteman karena ingin membuktikan diri dia juga dokter yang baik seperti ayahnya. Di season 1 dia membuat seorang dokter senior harus diamputasi lengannya (meski bisa tersambung kembali dengan baik, tapi tidak bisa melakukan operasi lagi), membuat Shiraishi bekerja lebih keras dibanding yang lain karena rasa bersalahnya.

Mihoko Hiyama, dokter jutek ini beneran jutek *halah. Tapi dia punya masalah sendiri yang cukup serius, pernah operasi jantung (pasang kateter atau apalah apalah), yang membuat dia merasa tidak sempurna sebagai seorang dokter (makanya jadi jutek ha ha). Meskipun sering perang dingin dengan Shiraishi, keduanya bersahabat baik sih, meskipun -sekali lagi- tidak seperti persahabatan si Mer sama Christina di Grey’s Anatomy he he.

Kazuo Fujikawa, dokter berkacamata ini semacam ‘badut’ di antara para dokter lain, diledekin nggak akan lulus intership lah, bahkan awalnya takut naik helikopter jadi hampir tidak pernah ikut Dokter Heli ke tempat kejadian darurat.ย Dan naksir suster Saejima meskipun tidak berbalas. Kesian kesian kesian.

Haruka Saejima, ini satu-satunya flight nurse. Mbak perawat ini pasti ikut saat ada panggilan darurat untuk dokter heli. Kekasihnya adalah seorah dokter jantung yang terkena penyakit ALS, dan sepertinya meninggal deh nanti si pak dokter pacarnya ini huwaaaah.

Tokoh-tokoh lainnya banyak sih ya, dari para dokter senior hingga pasien-pasien yang kadang ‘ajaib’. Dan tentu saja, tiap episod selalu membuat saya mewek karena mengharukan *anaknya gampang nangis :D.

Di salah satu episode, ada seorang pasien yang tidak berhasil diselamatkan di meja operasi. Jam kematian pun diumumkan untuk dicatat, dan ketika sang jenazah didorong keluar ruangan, seluruh dokter dan semua orang yang ada di ruangan tersebut membungkukkan badan (tau dong ya, yang tipikal membungkuk orang Jepang itu lhi) memberi penghormatan terakhir. Scene kayak begini aja bisa bikin saya nangis lho heuheu.

Ah menyenangkan lah nonton si Code Blue ini, semoga nanti season 1-nya juga ditayangkan ulang hehehe. Ada yang suka nonton drama Jepang nggak? ๐Ÿ˜€

Image result for code blue

5 Comments

  1. Ella

    Apa cuma aku yg baru tahu film code blue? Maklumlah aku blm pernah ntn film atau drama jepang sejenis ini.. Baca artikel di atas sedikit tau alur cerita code blue, hihi

    Reply
  2. adelinatampubolon

    Greyโ€™s Anatomy aku cuma ikutin 2 season doang nich hikksss.. sekarang ada good doctor dan hanya ngikutin sekilas. tapi kayaknya code blue perlu dinonton juga nich.

    Reply
  3. De

    gw juga suka nonton ini loh

    Reply
  4. Keke Naima

    Dulu saya suka nonton dorama, Rin. Sekarang belum dapat lagi feelnya. Kayaknya saya harus bertahan lagi untuk coba nonton biar jadi suka lagi ๐Ÿ™‚

    Reply
  5. L J

    emak wis gak ada nonton apa2.. liat yutub juga bisanya pas lg di puskesmas.. ponakan ateu kan brutal, liat emak pegang hp pasti direbut dan banting.. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: