Rindrianie's Blog

Curug Cimahi

Curug inilah yang saya kunjungi liburan kemarin. Sang matahari mengizinkan saya menghabiskan waktu bersama teman-teman karena tidak bisa menemani saya ke sana ke mari. So, setelah hiking ke kebon raya Bogor dan bersilaturahim dengan seorang sahabat tanggal 24 Desember itu, besoknya kami (saya dan Iqoh) ke Bandung.

Dari rumah, saya diantar suami ke pool bus, berangkat dengan jadwal keberangkatan pukul 7 pagi. Menyisakan satu kursi kosong untuk neng Iqoh sempat membuat para calon penumpang berantem dengan si abang kenek. Ada yang rela duduk di lantai di samping pak supir, ada juga yang memilih kembali turun untuk menunggu bus selanjutnya. Iqoh naik sesaat sebelum bus masuk tol bekasi barat, sudah hampir pukul 8 saat itu. Alhasil, yang tadinya kita berencana ke pasar Gasibu untuk belanja belanji bin hunting foto, harus merubah acara karena sampai pintu tol pasir koja sudah pukul 10-an. Terlalu siang untuk tetap pergi ke pasar Gasibu.

Yuhuuu…kami pun banting setir ingin berkunjung ke curug Cimahi, batal ke curug Malela seperti sebelumnya karena khawatir medannya terlalu sulit.

Turun dari bus kami sarapan batagor di mang-mang pinggir jalan dulu, lumayan sebagai energi hiking nanti. Selesai sarapan kami naik angkot Leuwipanjang-Cimahi hingga Cihanjuang. Menyeberang untuk berganti angkot warna ungu jurusan Cimahi-Parongpong. Di angkot ini kami dioper-oper hingga 3 kali (sakali deui dapet payung sigana da hahaha). Akhirnya sampai juga di Universitas Advent Indonesia, tempat kami kembali berganti angkot jurusan Lembang-Cisarua, yang tidak berapa lama sampai di curug Cimahi. Saat itu kalau tidak salah jam 11-an.

Tiket masuk curug ternyata 10.000 per orang, (padahal menurut informasi di sini dan di sini hanya 3.000 sajah he he), dan kami sampai di sana disambut dengan hujan. Kapan lagi hiking sambil berpayung ria, bukan? 😀

Konon, curug ini adalah yang tertinggi di Bandung, dengan tinggi air terjun (kurleb) 85 m dan dengan 520 anak tangga menuju ke sana. Emang sempet ngukur Rin? Ish…yang bener ajaa 😛 Tapi sang air terjun memang terlihat sangat tinggi kok, dan naik turun anak tangga di sana (entah betul 520 atau tidak) aseli membuat betis pegal. Saat turun lutut gemetar menahan dingin dan beban berat tubuh eeaa :p, saat naik jantung dan paru-paru yang berdugem ria kehabisan nafas. Ugh, usia memang tak pernah bohong teman!

Nah, silahkan menikmati foto-foto yang sempat kami ambil di sana ya.

This slideshow requires JavaScript.

Rute pulang sedkit berbeda. Kami menyeberang untuk naik angkot Cisarua-Lembang hingga terminal Parongpong, kemudian melanjutkan dengan angkot Parongpong-Ledeng hingga terminal Ledeng. Hujan membuat jalanan kecil itu macet, terlebih banyak bus-bus pariwisata dan mobil pribadi dari berbagai daerah sekitar Bandung (terutama Jakarta) yang rupanya juga berkunjung ke Kampung Gajah, atau The View, atau tempat wisata lain di sana. Sampai terminal Ledeng pukul 3. Langsung makan siang yang sangat terlambat di rumah makan Ampera (standar pilihan kami kalau ke Bandung hihihihi), dan naik angkot Lembang-Sarijadi menuju rumah seorang sahabat di daerah Cemara tempat kami menginap.

Tentu saja, seharusnya kami bisa mampir ke rumah Ibu Dey a.k.a ibunya Fauzan di Parongpong itu. Tapi apa daya kami lupa harus berhenti di sebelah mana, dan hape saya tewas sehingga tidak bisa berkomunikasi dengan bu Dey. Mohon dimaafkan ya Buuu…. (padahal tadinya mau numpang mandi dan….makan hihihihi).

Oh iya, malamnya kami terpaksa melanjutkan hiking di Rumah Mode karena hujan deras ternyata mampu menembus backpack dan membasahi sebagian pakain saya. mau tidak mau harus beli baju baru duuunk cari-cari alasan. Besok paginya saya pulang sendiri ke Bekasi (karena Iqoh masih ingin melanjutkan hiking ke FO-FO lainnya) untuk nonton Sherlock Holmes dengan sang matahari yang sudah menunggu.

Ehem…liburan saya sangat menyenangkan walaupun murah meriah he he. Bagaimana liburanmu kemarin teman? 🙂

0 Comments

  1. nurlailazahra

    walaupun ujan tetep menyenangkan yah Teh? 🙂

    Orin : Iya Sarah^^

    Reply
  2. mama-nya Kinan

    alamak semua orang posting liburan liburan liburan…walah saya kok dirumah sahaja..padahal hawa kantor masih hawa hawa orang pada liburan nieh baik di pusatnya sono maupun disini…
    nice pic mbak…tapi kok rutenya susah gitu yah…kalo bawa anak pasti rempong yah kesitu kalo cuaca tidak bagus…semoga next bisa kesono…*amien

    Orin : tapi banyak lho mam anak kecil di sana, pada seneng main air, tapi pas naiknya lg emang kasian ya, pegel deh he he

    Reply
  3. Cahya

    Wah enaknya, saya cuma diam di rumah saja :).

    Orin : Sisa liburan aku jg di rumah aj kok Cahya 😀

    Reply
  4. Mabruri Sirampog

    85 km?? ga salah tulis itu?? tinggi buangggeeetttttt 😀 😀

    tpi tetep senenglah pokoknya, lihat air terjun lagi.. 😀

    Orin : salah ketik Maaaab, meter kok harusnya hihihihi

    Reply
  5. Puteriamirillis

    asyiknyyaaaa….
    biar hujan mah tetep narsis…hihi…itu baju orin iqoh samaan…
    serulah…
    pu kemarin ke papua, dinas plus…hihihi…

    Orin : Iya Pu,ga sengaja samaan hehe. Pastinya Papua lebih menarik deh 😉

    Reply
  6. rachmat amienullah

    enak ya yang liburan, ane bisa cuma dirumah mantengin laptop…hehehehe 😀

    met tahun baru 🙂

    Orin : Kan malah asyik liburan sm laptop hihihih

    Reply
  7. bluethunderheart

    kapan kapan blue mau kesana ach……
    thx infonya
    salam hangat dari blue

    Orin : InsyaALLAH ga nyesel Blue he he

    Reply
  8. dey

    Hehehehe, soalnya waktu ke rumah saya ngga naik angkot ya, jadi bingung mau berhenti dimana. Padahal mah kalo Orin + Iqoh rencana ke curug Cimahi & mau mampir, pasti disediain nasi liwet lagi .. ;-).
    Tapi jangan ajak saya buat turun ke curug-nya, pasti gak bisa pulang karena udah gak kuat naik … hihihi, faktor U !

    Itu curug selama 3 tahun bolak balik saya lewati jalan SMP. Pulang sekolah biasanya jalan kaki, melewati pinggir jurangnya, menyusuri sungai kecil. Dan baru-baru ini dibuka lagi untuk umum, sebelumnya ditutup karena sering terjadi longsor.

    Eh, gak jauh dari sana masih banyak curug lho …. kok gak sekalian, bisa dengan jalan kaki juga kok.

    Orin : Iya Bu, banyak curug lain katanya ya, tapi berhubung sudah basahhhh jadi pulang ajah. Sayang ga sempat ketemu fauzan kmrn..

    Reply
  9. dey

    eh, kok jalan SMP, maksudnya jaman SMP, tahun 1985 – 1988

    Reply
  10. Bang Aswi

    Eh, ada Iqoh juga ternyata? Kenapa gak menghubungi sosok itu, siapa tahu Umi mau dan ketemu di sana? ^_^

    Rumah Teh Dey itu dekat Villa Bunga, jadi patokannya kalau dah ketemu gerbang Villa Bunga (dari atas) sebentar lagi turun atau turun saja tepat di depan Gerbang Perkebunan Teh heuheuheu …. udah ah, bisi salah ngasih alamat (biar Teh Dey yang langsung jawab)

    Orin : heuheu…rencana dadakan bang, biasalah suka improvisasi kita mah qiqiqiq. jadi mo ngajak2 jg ga enak hati kalo mendadak gitu mah 😀

    Reply
    1. dey

      iya bang, terminal parongpong tepat di bawah pintu gerbang Villa Istana Bunga, yang kemarin kita lewatin pulang dari Sukawana.
      Dari situ jaraknya paling 500 m ke rumah, naik angkot cuma Rp 1.000 atau jalan kaki ke arah pertigaan perkebunan teh sukawana.

      Hayu atuh kapan2 ke curug yang lain selain curug Cimahi.

      Reply
  11. prih

    Liburan akhir tahun yang menyenangkan, mendekatkan diri dan menikmati alam ya Orin, sekarang segar semangat tuk karya baru ya, salam

    Orin : Iya bu Prih, sangat menyenangkan bermain di alam 🙂

    Reply
  12. Mechta

    penasaran dengan curug itu karena tak berhasil membuka slide 🙁
    tapi…curug2 memang biasanya cantik…hanya saat naik kembali dari lokasi itu yg biasanya sangat menyiksa(ku) ! haha…umur memang betul2 tak bisa diajak boong 🙂

    Orin : Yahhh…ga terbuka slidenya ya Auntie 🙁
    hihihi…begitulaaaah, tapi salut banyak ibu2 bersama anak2 mereka yg main ke curug 😀

    Reply
  13. fahrinasr

    Hiking……. mantap, kok bisa ya aku terlewatkan curug ini? ^^

    Orin : Besok2 dimampiri ya mas *halah…aneh bgt istilahnya* hihihi

    Reply
  14. itacasillas

    liburan tahun baru saya nonton Mission Imp ‘ghost protocol’,,huaaa Tom Cruise kereeennn,, >,<

    Orin : Aku nonton ci Ethan Hunt pas blm liburan Ta, keren emang si Om ya hihihihi

    Reply
  15. ysalma

    Curug dan yang lagi rekreasinya sambil hujan-hujan, semua bikin fresh.

    Orin : Kapan2 ikutan ya Mak 😉

    Reply
  16. Ngai

    eMaknya Ngai cinta semua air terjun.. mungkin kapan2 teh Orin bisa ajak eMak ke curug cimahi juga..? 😛

    Orin : Iyaa, eMaknya Ngai pecinta air terjun ya, nanti Ngai ikutan jg kan? 😉

    Reply
  17. Andioka

    halo jeng orin , mampir sekalian ke ‘Kawah putih’ atuh..

    salam

    Orin : kawah putih udh 2x dikunjungi kang, emang nyari yg baru2 he he

    Reply
  18. kettyhusnia

    senangnya ya..masih sanggup naik turun daerah terjal..saya kalo kesana mungkin sanggup turun ga sanggup naik hihihihi 🙂

    Reply
  19. Evi

    Jalan-jalan yang seru nih Mbak Orin dengan semangat 2012 hehehe..Senang pastinya ya, hunting wisata bareng teman. Dan Curug Cimahi itu asli keren. Sdh lama aku gak kesana. Kapan-kapan kalau ke Bandung lagi mau mampir ah..Lihat fotonya Mbak Orin jadi pengen juga ngasah lensaku di sana. 🙂

    Reply
  20. Iqoh

    Adooohh…foto narsisnya ga ada yang lebih centil apa :p

    Reply
  21. Yunda Hamasah

    Liburan selalu menyenangkan ya, tak peduli murah atau bahkan gratis sekalipun 🙂

    Reply
  22. Lyliana Thia

    murah meriah gimana teh Orin? yg hiking ke Rumah Mode itu pagimane? hehehe…

    foto2nya keren2 euy Orin… jd kangen hiking… tp pastinya aku jauuuh lebih ngos2an deh.. hiks…

    udah masuk kerja belum RIn? 😀

    Orin : hahaha..hiking ke Rumah Mode ga lama2 kok mba Thia, jadi dapetnya cuma dikiiiit *halah* qiqiqiqiqi

    Reply
  23. Sofyan

    Loh masih liburan Kak,,bisa membayangkan indahnya Curug Cimahi kyak gitu meski hujan²an gak nyesel deh hehe,,,#pingin sekali kesana huhuhu,,tapi kajauhan.

    Reply
  24. @yankmira

    saya sebagai orang bandung belom pernah ke sana lgo, tempatnya bagus kayanya yaa buat foto-foto. makasih share nya

    Reply
  25. Ahmad Alkadri

    Itu air terjun bagus amat ya… 😀 Liburan kemarin saya menghabiskan waktu dengan berkurung diri di kamar, belajar buat Ujian… hehehe… 😛

    Reply
  26. nh18

    Haiking sambil hujan-hujanan …
    ke air terjun yang banyak tampias-tampiasnyah …

    waaaa …
    kalo si Om ini …
    pasti pulangnya udah bersin-bersin tu Rin …
    hahaha

    apalagi energi asupannya cuma batagor doang …
    🙂

    Yang jelas … Potona … adem … !!!

    Salam saya Orin

    Reply
  27. monda

    aih… ngirinya… biar hujan tetap cantik
    nggak licin ya Rin..?

    Reply
  28. @brus

    Ooo … curug itu artinya dataran tinggi air terjun ..?
    pantes di daerah Bogor itu namanya juga c-u-r-u-g … hehehe 😛

    Reply
    1. @brus

      tEh Orinnnnnnn … makasih ya atas info n penjelasannya … 😆

      Reply
      1. @brus

        ~ini pesannya :
        Selasa, 22 November 2011 3:48
        om abruss tolong bilangin makasih ke Tante Orin 🙂
        hadiahnya udah nyampe 🙂
        makasih banyak juga ya om abruss 😀

        tEh Orin … siap salah … maaf ya… 😛

        Reply
  29. Falzart Plain

    Liburannya menyenangkan, ya. Jadi iri saya, Mbak. 🙂

    Reply
  30. ^omman

    OMG … teh Orin sama si~Iqoh … kembar ya ?? 😀
    patutlah kompaq 😆

    pics nya indah nian … pantes hujan2 ayoo saja … 😛

    Reply
    1. Iqoh

      Yaiyalah sama2 pere gitu lhoooohh… 🙂

      Reply
  31. Arman

    air terjunnya tinggi banget ya… tapi keren. berasa banget alamnya disana pasti seger ya… 🙂

    Reply
  32. MENONE

    pemandangannya segerrrrrrrrrrrrrrr hehehehehehe………

    Reply
  33. maminx

    wah jadi inget masa kuliah. pernah main kesini waktu jaman kuliah di polban. emang mantep. banyak monyet nya juga tapi baik2. ya boleh lah kalau mau menyamakan, hehe

    aduh itu c teteh ya foto narsisnya teteupp..gaya nya bo..gak gak gak kuat 😛

    Reply
    1. iqoh

      Maklum suka ga tahan lihat kamera…qiqiqi..

      Reply
  34. Dijual Rumah

    Pemandangan nya beuh mantap 😀
    salam kenal ya mbak 😀

    di tunggu kunjungan baliknya ke http://century21.co.id

    Reply
  35. Keven

    Waduh, bukannya curug itu katanya mistis ya? Untung ga kejadian apa2 waktu lu ke sana. Gua waktu acara pramuka mau kemping di deket situ aja dilarang sama rakyat setempat karena curug itu katanya sering “minta korban”

    Reply
  36. ~Amela~

    ngeliatnya aja udah berasa adem teh 😀

    Reply
  37. della

    Enak ya jalan-jalan 😀
    Aku pernah ke sana waktu kuliah, tapi sekarang kayaknya udah nggak sanggup lagi, deh pergi jauh naik bis. Akhir-akhir ini punggung terasa nyeri kalau duduk terlalu lama,mungkin faktor U *cari-cari alesan :p

    Reply
  38. bundadontworry

    hiks….bunda suka air terjun, tapi gak diajak sih sama neng Orin 🙁
    jadi pingin juga kesana …
    salam

    Reply
  39. Ely Meyer

    wow .. foto fotonya cantik, jadi pengen ke sana 🙂
    thanks ya

    Reply
  40. yayats38

    Wah selama di Bandung saya belum pernah ke sini … sayang banget
    … motretnya itu keren … curugnya hidup 🙂
    Trims Teh Orin
    Salam 🙂

    Reply
  41. dmilano

    Saleum,
    Indah bener tu curug, kapan ya bisa kesana,
    saleum dmilano

    Reply
  42. Asep saepurohman

    ti pintu masuk na katinggali nya curugna. Pami di sukabumi mah aya curug cibeureun. Di kaki gunung gede na 🙂

    Reply
  43. Asep saepurohman

    wah katinggal langsung nya ti pintu masukna. Pami di sukabumi mah aya curug cibeurem pas di kaki gunun gede pangrango na. 🙂

    Reply
  44. rina

    aku liburan di kantor mba orin… hikkksss…

    Reply
  45. sunarno2010

    saya tak sempat berlibur karena anak sakit

    Reply
  46. Tebak ini siapa!

    Wah itu kayaknya tangganya panjang amat @_@

    Reply
  47. Akhmad Muhaimin Azzet

    hmmm…. liburan yang menyenangkan….
    kalo saya, kebetulan hari-hari itu di jogja hujan terus….
    menyempatkan diri naik motor ke daerah turi yang penuh dengan salak pondok, dari berangkat hingga pulangnya, hehe… hujan teyus….

    Reply
  48. rina susanti

    kalau main ke bogor mampir atuh rin ke rumah…diantos ya…

    Reply
  49. nia/mama ina

    wuihh perjalanannya jauh juga yach…harus bolak balik naik angkot…..tp senang yach bisa menghabiskan liburan dgn jalan2…..sayang yachh ngga mampir ke rumah bunda dey…pdhal udah deket….

    Reply
  50. yuniarinukti

    Ini di Bandung ya Mbak? dari Bekasi kenapa gak naik Kereta Api aja Mbak, kan lebih nyaman dari pada naik Bus?
    Jadi pengen jalan-jalan ke Bandung..

    Reply
  51. abi_gilang

    Liat curug cimohay jadi ka este-este…alias kasuat-suat jaman ngora dulu huhuyy

    Reply
  52. Budi Arnaya

    Yang baru habis berlibur nich….apa kabar

    Reply
  53. cosmo florist

    seru banget, liburan q kmrin jg hiking d gunung kelud, asyik juga, murah meriah, hehe

    salam kenal

    Reply
  54. Lidya

    huhuhu yang habis jalan2 gak ngajak2 🙂

    Reply
  55. lukisan bunga

    penasaran nie curug cimahi tuh seperti apa,,,padahal qu di bandung hihihihih….

    Reply
  56. Elsa

    sayang hujan yaa
    jadi kurang puas foto foto, hehehehee

    Reply
  57. Dhenok Habibie

    curug nya tingkat yaa mbak?? keren euy.. tinggi pula keliatannya.. hmm, jadi pengen ngerasain airnya.. tapi kita sama2 liburan bernuansa air kemaren yaa mbak.. dhe ke danau, mbak yin ke curug.. 😀

    Reply
  58. fanny

    kirain hiking beneran. gak taunya ke Rumah mode toh. hehe

    Reply
  59. Asop

    Ada yang mau terjun dari atas gak ya? 😀

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: