Rindrianie's Blog

Dari Barat ke Timur, Ini Dia Tempat Wisata Terbaik di Indonesia

Taman Nasional Baluran

foto: Taman Nasional Baluran (via. balurannationalpark.web.id)

Tidak salah jika Koes Plus mengatakan tanah kita tanah surga. Bagaimana tidak, hanya di Indonesia kita bisa menemukan banyak tempat-tempat indah di hanya satu negara. Mulai dari Bali atau Lombok yang terkenal dengan pantainya, Jawa Timur dengan Gunung Bromo dan Gunung Semerunya, hingga bangunan megah Candi Borobudur yang lekat dengan nuansa religinya, dan masih banyak surga-surga lain untuk berlibur yang wajib kita kunjungi.

Berikut adalah rangkuman beberapa tempat wisata populer untuk berlibur :

Kawah Ijen

Kawah Ijen terletak di antara dua kabupaten, yakni Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi. Di tempat wisata ini terdapat fenomena yang terbilang langka, yaitu adanya api biru yang konon hanya ada dua di dunia. Untuk mencapai ke tempat di mana api biru bisa dilihat, wisatawan rela harus berjalan cukup jauh, yakni berjalan naik menuju puncak diteruskan dengan berjalan turun menuju api biru berada. Selama perjalanan, wisatawan akan sering berpapasan dengan masyarakat sekitar yang berprofesi sebagai penambang batu belerang.

kawah ijen

(via. sewajeepbromo.co.id)

Untuk menuju tempat wisata populer Kawah Ijen, wisatawan diharuskan melewati pos perijinan yang berada di desa Paltuding, Kecamatan Licin, Banyuwangi.

Taman Nasional Baluran

Dijuluki sebagai Afrikanya Indonesia, Taman Baluran terletak di antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Situbondo. Jika berkunjung ke tempat wisata populer yang ini, wisatawan akan disuguhi dengan padang rumput yang sangat luas. Di padang rumput tersebut banyak kawanan hewan yang bisa dijumpai, seperti sapi liar, banteng, kerbau liar, dan juga rusa. Dengan latar belakang Gunung Baluran menjadikan padang rumput Taman Nasional Baluran bertambah keindahannya.

Tidak hanya padang rumput, wisatawan yang berkunjung ke Taman Nasional Baluran juga bisa singgah ke Pantai Bama yang memiliki pemandangan sangat indah.

Wae Rebo

wae rebo

(via. florestourism.com)

Wae Rebo merupakan desa adat yang berada di Kecamatan Satarmese Barat, Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Desa Wae rebo menjadi tempat wisata populer karena letaknya yang berada di atas gunung yang dikeliling ratusan bukit berwarna hijau. Pemandangan alam yang indah ditambah dengan rumah-rumah adat menjadikan suasana di Wae Rebo sangat menenangkan.

Sampai saat ini, masyarakat Wae Rebo sudah memasuki generasi ke 19 dengan masing-masing generasi setara dengan 60 tahun. Jadi, bisa dibilang masyarakat setempat sudah ada sejak 1.140 tahun yang lalu!

Gunung Tambora

Gunung yang memiliki ketinggian mencapai 2.851 meter di atas permukaaan laut ini memiliki sejarah yang cukup panjang. Pada abad ke 18 Gunung Tambora pernah meletus yang mengakibatkan cuaca ekstrim di berbagai belahan dunia. Letusan tersebut tercatat sebagai bencana alam terburuk yang pernah tercatat dalam sejarah kehidupan manusia.

gunung tambora

(via. tribunnews.com)

Namun, sekarang Gunung Tambora merupakan tempat wisata populer di Indonesia. Wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan kaldera yang sangat luas, kaldera tersebut merupakan yang terluas di Indonesia. Di kaki Gunung Tambora terdapat banyak padang rumput yang bisa dijumpai. Di padang rumput itu pula hidup kawanan kuda liar yang hidup dengan bebas. Gunung ini berlokasi di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Baca juga : Berpetualang di Bromo

Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo adalah sebuah danau yang terletak di kaki Gunung Semeru. Tempat yang mudah dijangkau dan pemandangan yang indah menjadikan Ranu Kumbolo tempat wisata populer saat ini. Karena lokasinya berada di jalur pendakian puncak Gunung Semeru, menjadikan Ranu Kumbolo tempat yang paling banyak diminati untuk berisirahat atau bermalam bagi para pendaki. Di danau ini, wisatawan akan disuguhi hawa sejuk khas pegunungan dan juga perbukitan hijau di sekeliling danau.

Itulah rangkuman sebagian kecil surga yang bisa teman-teman kunjungi di Indonesia. Untuk lokasi tempat wisata terbaik di Traveloka, teman-teman bisa langsung kunjungi website mereka deh ya. Ah, jadi kepengen ngebolang :D.

4 Comments

  1. monda

    emang keren2 semua ini Rin.., pengen deh ke Waerebo,
    temanku baru pulang dari sana… perjalanan menakjubkan .. asal kuat hiking katanya

    Reply
  2. kang nur

    Belum pernah ke situ semua

    Reply
  3. cloud storage indonesia

    Thanks untuk infonya min

    Reply
  4. lovelyristin

    Jadi makin cinta sama Indonesia 😀

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: