Rindrianie's Blog

Destinasi Wisata Alam di Solo, Sejuknya Bikin Malas Pulang

Liburan ke Solo identik dengan kunjungan ke Keraton Surakarta, atau berburu batik di Pasar Klewer dan menikmati aneka kuliner yang lezat. Padahal, sebenarnya ada banyak tempat wisata di Solo lainnya yang nggak kalah keren.

Salah satu pilihan tempat wisata di Solo adalah menikmati indahnya alam. Pemandangan di tempat-tempat berikut ini sangat sejuk dan segar, pastinya bikin kamu malas pulang demi memanjakan mata melihat hijaunya dedaunan dan air yang segar.

Grojogan Jumog

foto:superadventure.co.id

foto:superadventure.co.id

Beberapa tahun belakangan, Grojogan Jumog menjadi destinasi wisata favorit keluarga dan juga traveller muda di Solo. Kecantikan air terjun yang terletak di Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar ini nggak kalah dari Grojogan Sewu yang sudah lebih dulu tenar.

Untuk menuju ke air terjun Grojogan Jumog, kamu harus menuruni lebih dari 100 anak tangga. Setelah itu melewati jalan setapak di sepanjang sisi sungai, dan sampai di ujung air terjun yang amat cantik. Lelah di perjalanan pun hilang begitu melihat indahnya Grojogan Jumog yang masih asri.

Paralayang Segoro Gunung

foto:krjogja.com

foto:krjogja.com

Masih berada di kawasan Karanganyar, bukit Segoro Gunung adalah pilihan tempat wisata di Solo yang sejuk dan asri. Puncak bukit ini menjadi tempat landasan pacu paralayang, karena itulah nama bukit ini lebih dikenal dengan nama Paralayang Segoro Gunung.

Berlokasi di Ngargoyoso, pemandangan di sepanjang perjalanan menuju Segoro Gunung sangat asri. Pepohonan yang menjulang tinggi, dengan hamparan rumput menghijau yang menguarkan udara sejuk pasti bikin kamu betah di sini.

Grojogan Sewu

foto:jejakkehidup4n.wordpress.com

foto:jejakkehidup4n.wordpress.com

Air terjun yang satu ini sudah terkenal sebagai tempat wisata di Solo sejak zaman dahulu kala. Tidak hanya memiliki pemandangan air terjun yang indah, kawasan di sekitar Grojogan Sewu juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang yang memudahkan pengunjung untuk beristirahat dan juga membersihkan diri di kamar mandi. Dengan fasilitas dan juga keindahan alamnya, membuat Grojogan Sewu jadi tempat favorit para wisatawan yang mengajak keluarga dan anak-anak. Dikutip dari traveloka.com, untuk sampai ke Grojogan Sewu mudah saja, tinggal naik Bus dari Solo jurusan Terminal Tawangmangu dan dilanjut dengan naik angkot menuju akses masuknya.

Air Terjun Parang Ijo

sumber:jalansolo.com

sumber:jalansolo.com

Seperti namanya, Air Terjun Parang Ijo memiliki pemandangan yang sejuk dengan pepohonan dan tumbuhan menghijau di sekelilingnya. Ukuran air terjunnya cukup tinggi, dengan air jernih yang amat dingin.

Lokasi Air Terjun Parang Ijo tidak jauh dari Grojogan Jumog. Tepatnya di kawasan Tawangmangu, Karanganyar yang dikenal sebagai perbukitan sejuk dan cantik.

Di sekitar air terjun ini juga ada bukit-bukit bunga nan indah. Belakangan, bukit berbunga ini menjadi spot foto favorit para traveller untuk dipajang di akun media sosial mereka.

Lembah Semilir

sumber:kaskus.co.id

sumber:kaskus.co.id

Tempat wisata di Solo yang sekarang sedang ngehits ini terletak di Ngargoyoso, Kemuning, Karanganyar. Di kawasan Lembah Semilir ini ada rumah hobbit, rumah pohon, gardu pandang, menara kincir angin, dan banyak spot foto menarik lainnya yang kekinian.

Meski demikian, daya tarik utama dari Lembah Semilir adalah udaranya yang sejuk dan pemandangan nan hijau asri. Dengan spot foto kekinian atau tidak, Lembah Semilir adalah pesona tempat wisata di Solo yang layak untuk segera dikunjungi.

4 Comments

  1. Kalingga Ajeng

    Segerrrr banget lihatnya… aku tertarik banget sama grojogan jumognya. masih alami banget yaa

    Reply
    1. Orin (Post author)

      iyaaaa adem jd pengen nyemplung heuheu

      Reply
  2. Sekar

    nyesel juga, waktu masih tinggal di semarang ga pernah main-main ke wisata alam di jawa tengah. Giliran udah pindah ke jabodetabek, mau ke sana mesti nyiapin ongkos banyak 🙁

    Reply
    1. Orin (Post author)

      gapapa mbak, main ke sana ajaaa smbl bernostalgia 😀

      Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: