Rindrianie's Blog

#FFGames – Belajar Puasa

“Bu, ini bulan Ramadan ya, Bu?”

“Iya.”

“Kok kita nggak puasa?”

Si Ibu hanya tersenyum sambil lalu, tangannya tetap lincah memeras pakaian-pakaian basah untuk kemudian menjemurnya.

“Kenapa Bapak nggak puasa, Bu?”

“Bapak kan tukang becak, kalau nggak makan ya lemas. Mana ada tenaga buat mengayuh?”

“Tapi kata Pak Ustaz lelaki yang nggak puasa bukan gentlemen, Bu.”

“Ooh gitu. Lah kalau Bapak nggak kerja nanti kita gimana, Nak? Katanya kamu nanti mau sekolah?”

Bibir Si Anak kecil mengerucut, tidak puas akan jawaban Ibunya. “Ibu juga nggak puasa, Bu?” tanyanya lagi.

“Tiap hari juga Ibu puasa, Nak,” ujar Si Ibu masam. “Ini dari pagi-pagi Ibu belum makan minum apa pun. Paling kita baru bisa beli nasi bungkus kalau cucian ini kering dan selesai diseterika nanti siang, harus kerja dulu baru punya uang, kan?”

Si Anak kecil termenung, berpikir keras. “Tapi kalau puasa itu sahur sebelum Shubuh, baru buka saat azan Maghrib berkumandang, Bu. Terus habis Isya kita tarawih. Gitu kata Pak Ustaz.” Si Ibu hanya tertawa, miris.

“Mulai besok kita belajar puasa yuk, Bu.”

Kali ini Si Ibu terkikik kecil sebelum menjawab, “Iya boleh. Tapi puasanya yang biasa aja ya.”

“Maksudnya, Bu?”

“Yaa … jangan seperti puasanya orang-orang. Menu sahur dan buka harus beda. Buat buka puasa harus ada kolak atau bubur sumsum atau es buah atau martabak atau apalah atau apalah.”

“Oh? Orang-orang puasanya gitu, Bu.”

“Yaa … kelihatannya sih begitu, Nak.”

“Kata Pak Ustaz puasa itu menahan hawa nafsu lho, Bu. Kok orang-orang puasanya begitu? Emang nggak kekenyangan?” tanya Si Anak heran, keningnya berkerut-kerut.

“Sudahlah, Nak, nanti kamu tanya saja pada Pak Ustazmu itu. Ibu nggak paham.”

“Jadi nanti kita puasa nggak nih, Bu?”

“Ya terserah kamu.”

“Kalau nggak puasa kata Pak Ustaz nanti kita masuk neraka, Bu.”

Si Ibu menghela napas panjang sebelum menjawab. “Masuk Surga itu memang mahal, Nak, orang miskin seperti kita mungkin tidak bisa memasukinya.”

***

prompt ‘puasa’, 307 kata

 

 

 

 

2 Comments

  1. Empritkaji

    Menarik…dan mengandung pesan…

    Suka

    Reply
    1. Orin (Post author)

      terima kasih 🙂

      Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: