Rindrianie's Blog

#FFHore : Semangkuk Bakso Tahu

Jalanan lengang. Rupanya semua orang pergi berdemo. Mereka berjuang berteriak mengiba agar BBM tak perlu dinaikkan katanya. Siapa pula yang peduli? Siapa yang akan mendengarkan? Setidaknya, aku tidak peduli dan tidak ingin mendengarkan.

“Djarum-nya satu bang.” seorang sopir angkot memanggilku.

“Sewa lancar bang?” tanyaku basa basi. Yang hanya dia jawab dengan dengusan sebal. Membuatku berlalu setelah menerima recehan yang sebelumnya berserak di dashboard. Aku juga tak peduli padanya. Biarkan saja angkotnya sepi penumpang, yang penting satu batang rokokku terjual.

“Bang, nuker donk.” Kali ini seorang anak SMA jangkung berkacamata menjawil bahuku seraya menyodorkan selembar uang biru bergambar Ngurah Rai. Kali ini aku yang menjawab -dan menolak- si abege dengan dengusan tak suka. Kalau saja aku punya uang semacam itu, meski hanya satu lembar, maka tak perlu aku berbohong pada Bapak yang sedang sakit, bahwa mang Iyan -si penjual bakso tahu- tidak jualan kemarin.

Rahangku mengeras saat menatap anak lelaki bercelana abu-abu ketat yang beranjak menjauh itu, betapa senang hidupnya, yang bisa menikmati bermangkuk-mangkuk bakso tahu mang Iyan dengan mudah. Sementara aku? Kepingan uang logam di tas pinggangku rasanya belum seberapa. Apakah nanti malam aku juga harus kembali berbohong mang Iyan tak jualan? Jika membawa Bapak ke dokter adalah mukjizat bagiku, apakah juga perlu keajaiban untuk sekedar membelikannya semangkuk bakso tahu?

“Bang, aqua gelasnya satu.” seorang wanita muda bermandi peluh memanggilku dari halte. Aku menghampirinya gontai. Tambahan keping lima ratus perak darinya masih jauh dari anganku atas semangkuk bakso tahu untuk Bapak.

“Tissue ada bang?” tanyanya lagi. Aku sodorkan sebungkus tissue padanya. “Permen juga deh.” katanya lagi. Siang yang terik ini terasa sedikit lebih sejuk buatku kini. Selembar lima ribuan kini pindah ke tanganku. “Kembaliannya buat abang aja,” kembali si wanita muda berkata. Oh, ternyata Tuhan memang ada!

Tersenyum aku berlalu tanpa kata dari hadapan si wanita muda. Tak perlu menunggu sampai malam. Uang ini akan segera aku tukarkan untuk semangkuk bakso tahu mang Iyan yang diidamkan Bapak. Tergambar di kepalaku betapa bapak akan menikmati setiap suapnya nanti.

Saat beberapa langkah lagi kakiku sampai di warung bakso tahu mang Iyan, Asep -tetangga rumah petakku- berlari tergopoh menghampiriku.

Kunaon Sep?” tanyaku cepat.

“Kang Ujang… Bapak pupusnembe pisan..” jawab Asep perlahan.

***

Note :  359 kata

* kunaon = kenapa

** pupus = meninggal dunia

*** nembe pisan = baru saja

0 Comments

  1. titi esti

    Oriiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnn… kok tega sih.. dibikin pupus hikhik

    Orin : Iya Teh, coz bikinnya di luar lg ujan #eh? teu nyambung hihihihi

    Reply
  2. ~Amela~

    akhirnya teteh ikutan.. mel malah belum dapat pangsit nih teh.. hiks.. semoga besok belum terlambat buat meramaikan 😀

    Orin : iya nih Mel, setelah skip banyak judul hihihihi

    Reply
  3. Ni CampereniQue

    🙁 jadi semangkok baso tahu buat siapa dong jadinya huhuhu

    Orin : masih belom dibeli kok Kak heuheu 😀

    Reply
  4. LJ

    bagus sekali Orin.. eMak suka ff ini.

    Orin : makacih eMaaaaak^^

    Reply
  5. Haya Nufus

    Wah sad ending 🙁 memang tak semua ikut peduli dengan BBM ya mbak

    Orin : Iya, banyak yg tak peduli 😀

    Reply
  6. stupid monkey

    terus … what hapeen aya naon … wew ^^

    Orin : Teu aya nanaon Stu 😀

    Reply
  7. sweetdonath

    hiks..
    keren..

    Orin : terima kasih^^

    Reply
  8. alamendah

    Endingnya kok ngeri, Mbak. Pakai pupus segala….

    Orin : heuheu…iya mas, lg pgn ngeri, maaf ya 😀

    Reply
  9. Pakde Cholik

    Lain kali kalau orangtua minta sesuatu segera penuhi sepanjang masuk akal. Siapa tahu itu adalah permintaannya yang terakhir.
    Kasep FFnya. Saya mau mbuat ach, belajar dari nak Orin

    Salam sayank selalu

    Orin : heuheu…FF yg kasep. matur nuwun sanget Pakdhe ^^

    Reply
  10. maminx

    innalilahi teh. sedih atuh ending na. banyak yang menolak keinakan BBM ya teh. banyak juga yang gak peduli sih..semoga ada jalan lebih baik ah, amin..

    Orin : cuma fiksi kok Minx 🙂

    Reply
  11. yuniarinukti

    Ele.. ele..tulisannya bagus pisan euy.. mbok saya diajari Teh, nulis fiksi beginian.. 🙂

    Orin : haiyaa…wong saya jg msh belajar mba Yun 😀

    Reply
  12. Bibi Titi Teliti

    Oriiiiiin…
    dibilangin harus hepi endiiiiiiing…..

    lain kali hepi ending ala drama korea yaaaaa….

    Orin : heuheuheu…susah Biiii bikin hepi ending teh #_#

    Reply
  13. Yunda Hamasah

    Kalu dibuat happy endingnya begimana Rin? Hehe… tapi tetap keren kok 🙂

    Orin : heuheuheu…susah Ummi kalo hepi ending 😀

    Reply
  14. maminx

    teh request atuh yang pempek 61 kelapa gading tea ada dimana ya? alamat lengkap donk. kalau bisa sih di ulas di sini teh, hehe..nuhun pisan 😉

    Reply
  15. fanny

    ya sedih kok..hiks..

    Orin : heuheu…maaf sedih ya mba Fan 😀

    Reply
  16. bundamahes

    yaaaaaaaaahhh.. teteh tegaaaaaaaaaaaaa! 😥

    Orin : pukpuk ci Bubun

    Reply
  17. Batavusqu

    Salam Takzim
    Mau dong Jarumnya bang sebatang buat nemenin neduh nih di rumah mbak Orin
    Selamat berkarya mbak Orin
    Salam Takzim Batavusqu

    Orin : Aaah senangnya kak Isro mampir lg. Banyak jarum di rumahku kang, jarum jahit tapi hihihihi

    Reply
  18. Lizzy Lizanov

    kerren ih ceritanya. endingnya itu lho..

    Orin : Tengkyu mba Liz 🙂

    Reply
  19. chocoVanilla

    Aaaahh, pediiiih 😥 hiks…hiks…

    Orin : *sodorin tissu*

    Reply
  20. mechtadeera

    aduuuh…ikut trenyuh nii…
    Oya Rin, gimana, dah sehat semua kan?

    Orin : masih pilek auntie 🙁

    Reply
  21. Ely Meyer

    akhir ceritanya menyedihkan ya

    Orin : iya mba El, lg pgn yg sedih2 heuheu

    Reply
  22. Falzart Plain

    Ih… keren… Gimana bikin beginian?

    Orin : ditulis (eh..diketik) aja Fal heuheu

    Reply
  23. demam anak

    salam kenal yaaa…

    Orin : salam kenal 🙂

    Reply
  24. ysalma

    Gak menduga endingnya sama sekali,
    keren FFnya neng, kasih bocoran rahasianya atuh 🙂

    Orin : rahasia? duh…apa ya Mak? *binun*

    Reply
  25. nurul fadilah (@nufadilah)

    mungkin di tempat lain ini bukan hanya fiksi ya melainkan kenyataan.. miris tapi.. ya begitu deh 🙁

    Orin : Betul mba, mungkin saja betul2 terjadi 🙁

    Reply
  26. Putri "jasmineamira"

    ihh teteh. sediiiihh :'(

    Reply
  27. Diandra

    Ateu Orin doyan baso tahu ya…??
    Rafi juga kok…
    hehehe…

    langganan qta baso tahu Imam Bonjol…
    mau nyoba…??

    Orin : Asyik, nanti kalo ateu ke bandung ajakin ngebakso tahu imam bonjol yaa 😉

    Reply
    1. Diandra

      sip….sip….

      Reply
  28. Dhenok Habibie

    hix, kok mendadak sedih sih mbak.. tapi sukaaa, mbak Yin sekarang luar biasa dah kalo soal FF.. dhe belum jago mbak, niat bikin FF tapi sering kebablasan, dan berakhir menjadi cerpen.. hehe

    Orin : masing2 ada tantangannya tersendiri ya Dhe, seru pokonya mah 😀

    Reply
  29. rina

    sad ending ya…. hiks…

    Orin : iya mba Rin 🙁

    Reply
  30. melly

    Bikin nyesek aja akhirnya 🙁
    mba Oriin emang jagooo bikin cerita!

    Orin : Tengkyu Mel^^

    Reply
  31. L J

    Buzzz Buzzz Buzzzz
    lam kenal

    nice posting, cuman akhir tulisan sedih 🙁
    tapi tetap bagus 😀

    Salam Madu juga sengat

    Reply
  32. .:: setiaONEbudhi ::.

    euleuh euleuh…
    si teteh mah emank paling hebring pisan lah kalo nulis beginian..
    hahahahah..
    like this pisan aah soalnya bisa nyelip2in bahasa sunda..
    😀

    Reply
  33. Abi Sabila

    innalillahi wa inna ilaihi rojiuun…..
    akhir kisah yang mengharukan dan ini menunjukan kemampuan Teh Orin ber ff yang semakin mantap. Lanjutkan, Teh. Dan hanya di cerita fiksi kita bisa membuat ending yang ‘sesuka hati’

    Reply
  34. prih

    Oriin, sungguh sae pisan, tutorial khusus neng, ibu sulit menulis FF

    Reply
  35. Imelda

    sedapat mungkin memang memenuhi keinginan orang tua kita krn mungkin itu permintaan yang terakhir. Tapi kalau memang tidak bisa???? Apa boleh buat ya…. 🙁

    Reply
  36. monda

    kejutan sedih di pagi hari hik.. hik…

    Reply
  37. junioranger

    Duh, Berasa abis ngiris bawah, mataku pedes, #Emosinya dpt 🙁

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: