Rindrianie's Blog

First posting

Happy New Year… Yeah, sedikit terlambat, tapi tak apa lah ya, daripada tidak 😛

Dan berikut adalah tulisan pertama di tahun 2011 he he he.

Saya tidak pernah menganggap fenomena tahun baru sebagai momen yang sakral, atau istimewa, atau hal-hal lainnya yang berbau ‘tahun baru’ dengan segala gegap gempita kembang api atau penulisan resolusi itu. Saya hanya memaknainya dengan sebuah introspeksi, apakah tahun kemarin sudah lebih baik dari tahun sebelumnya? Dan bagaimana saya membuat tahun ini jauh lebih baik dari tahun lalu. Basi ya, mungkin karena klise dan hampir kurang -atau bahkan tidak?- bermutu. Tapi bagi saya hal tersebut penting.

Bagi orang Jepang, introspeksi ini seringkali ditandai oleh pemilihan satu karakter kanji yang sanggup mewakili kejadian-peristiwa di tahun sebelumnya, dan satu karakter kanji lain yang diharapkan bisa menjadi representasi dari tahun yang baru sedang dijalani. Saya pertama kali dikenalkan akan hal ini akhir tahun 2008 menjelang 2009 lalu oleh sensei saya di JF, dan hingga sekarang hal ini masih saya tiru, tidak dengan memilih karakter kanji tentunya, hanya dengan sebuah “kata”, yang sebetulnya tidak akan pernah mampu menggambarkan keseluruhan tahun di dalamnya.

Mmm…. saya belum bisa memutuskan pilihan kata saya untuk 2010 lalu, ataupun kata yang mewakili harapan saya di tahun 2011 ini. Tapi apapun itu, saya akan berupaya untuk tidak ‘merugi’ dengan menyamakan tahun ini dengan tahun kemarin.

Semangaaaattt…. 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: