Rindrianie's Blog

Inovasi Terbaru Frisian Flag: #KlikTarikTuang

Konon, saya waktu kecil susah sekali disuruh minum susu, sodara-sodara. Jadilah si Orin kecil ini imut-imut kecil mungil gitulah, karena memang cuma ASI sampai 8 bulan saja dan selanjutnya pun ogah minum susu. Tapi entah kenapa gedenya jadi amit-amit begini ya? bhuahahaha. Mungkin karena memang pada akhirnya saya menyukai susu meskipun tidak tahu kapan persisnya.

Tapi saya ingat betul, Mamah saya sering sekali ‘mencurangi’ saya dengan susu. Misalnya saja saat membuat agar-agar, yang seharusnya santan diganti dengan susu. Olesan untuk roti seringkali sengaja hanya disediakan susu kental manis. Membuat es buah atau jus, hanya menggunakan susu sebagai pemanis. Ish, pinter juga ternyata ya Mamah saya :D.

Eniwey, saya masih ingat betul, zaman saya kecil itu belum banyak produk susu seperti sekarang. Di rumah biasanya ya Susu Kental Manis Bendera inilah yang selalu tersedia. Dan saya paling suka menonton Bapak saya melubangi si kaleng susu, yang melibatkan sebilah pisau tajam dan sebentuk mutu (baca: ulekan, dalam bahasa sunda). Tampak riweuh yah? hihihihi.

Tapi masa-masa kelam itu tentu saja sudah berakhir. Apalagi kini, Frisian Flag alias Susu Bendera memiliki sebuah inovasi baru yang cihui, semudah klik-tarik-tuang, susu kental manis pun siap digunakan. Tidak ada lagi adegan berbahaya saat membuka kaleng, walaupun kalau anak kecil yang buka harus tetap diperhatikanlah ya Buibu :).

FF

Tanggal 5-11 Oktober, ada #FFCafe di FX Sudirman, seru bangetlah itu tempatnya.

Saya sempat ke sana bersama KEB di tanggal 6, dan ternyata seru banget lho. Misalnya saja kita bisa mendapat free signature drink hanya dengan memposting foto sedang berada di sana di sosmed. Melihat langsung para barista meracik minuman-minuman menggunakan susu bendera. Hingga bertemu seleb semacam Wulan Guritno yang masyaalloh cantik beud.

Mbak Tyas Putri, sang MC yang super kocak dan pintar sekali membuat para emak tertawa, ‘menghukum’ saya untuk meracik minuman yang sebelumnya dijelaskan oleh mas barista. Gara-garanya saya malah duduk saat mas baristanya berdemonstrasi, yaabis kan banyak emak-emak yang lagi nonton ya, jadi saya melipir aja duduk di belakang, eh, jadi dihukum deh hihihihi.

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Hukumannya adalah meracik si ice choco mojito (ICM) yang sebelumnya sudah diperagakan mas barista. Gampiiiil, karena walaupun saya di belakang, saya tetap memperhatikan resepnya kok, ini dia resep yang saya lakukan saat ‘dihukum’:

  • 50 ml susu kental manis Frisian Flag coklat
  • 20 ml sirup mint mojito (ini non-alkohol, bisa ditemui di supermarket terdekat, dan ternyata bikin minuman jadi enyaaak!)
  • 120 ml air dingin
  • es batu secukupnya
  • grass jelly / agar-agar (optional)

Pssstt, ternyata ada satu bahan yang tidak saya masukan, yaitu 120 ml air soda! dan air dinginnya pun takaran seharusnya hanya 100 ml saja hahahaha. Etapi ICM buatan saya tetap enak kok.

Caranya mudah, campur susu kental coklat+air+sirup mint mojito+es batu ke dalam shaker, kocok beberapa saat hingga tercampur seluruhnya, tuang ke dalam gelas yang sudah diisi grass jelly/agar-agar deh. Dan tentu saja, seharusnya ditambah si air soda setelah dituang ke dalam gelas ya hehehehe :D.

Saya sempat bertanya pada Pak Rays Mitchelle, Junior Brand Manager Frisian Flag tentang kekhawatiran saya atas inovasi ini. Dengan cara #KlikTaringTuang, kaleng memiliki lubang yang jauh lebih besar dibandingkan jika hanya dilubangi oleh ujung pisau atau paku. Dulu, Mamah saya sih menutupnya dengan penutup gelas biasa dan disimpan di atas piring kecil berisi sedikit air untuk menghindari semut. Nah, kalau sekarang gimana nih solusinya?

Dan jawaban Pak Rays sangat mengejutkan, rupanya setelah terbuka, susu dalam kaleng masih berkualitas bagus hanya untuk 3-4 hari berikutnya lho (meskipun dimasukkan ke dalam kulkas)! Duh, jadi selama ini saya salah dong ya *tutup muka*.

Jadi saran Pak Rays, jika susu tidak habis dalam 3-4 hari setelah dibuka, sebaiknya dipindahkan ke wadah plastik (semacam T*pperware) atau botol beling untuk menjaga kualitas susu tetap baik. Dengan cara seperti ini, susu masih bisa dikonsumsi hingga sebulan lebih. Untunglah saya bertanya, jadi tahu cara penyimpanan susu yang tepat. Ya nama pun di rumah cuma berdua kan ya, ga mungkin bangetlah bisa sekali habis itu si susu kaleng :P.

Oh iya, mau tahu beragam minuman berbahan susu kental manis lainnya? Sila berkunjung ke fan page mereka di http://www.facebook.com/frisianflagindo ya, atau pantengin sosmednya @susu_bendera (twitter) dan @frisian.flag (Instagram) untuk info dimana #FFCafe selanjutnya, siapa tahu mereka datang ke kotamu, kan? 😉

SAMSUNG CAMERA PICTURES

0 Comments

  1. Intan N. Kamala Sari (@Inokari_)

    Kalo “hukumannya” enak gitu, aku juga mauuuuuuu, mak 😀

    Reply
  2. mysukmana

    Minum susu biar sehat bu..ak mau dihukum kyk gt hehee

    Reply
  3. ayanapunya

    keren ya inovasinya. nggak ribet deh kalau mau bikin es campur.
    kalau di rumah susu setelah dibuka ditaruh di kulkas, mbak. hehe.

    Reply
  4. Arman

    wah minuman ICM nya kayaknya enak tuh…

    Reply
  5. nyonyasepatu

    Semua susu ya Rin? Soalnya skr pake susu Almond tp karena yg minum sendiri jarang abis dalam 3-4 hari

    Reply
  6. dani

    Waaah. Makasih Rin. Gw juga baru tahu soal penyimpanan susu kental manis ini. Makasih yaaaa.

    Reply
  7. ndu.t.yke

    Wah asik ada dresscode nya. Difoto jadi bagus 🙂 #lostfocus

    Reply
  8. Sekar

    udah dijual di mini market eluruh indonesia mbak? aku belum nemu nih di deket rumah (Bogor). Asik banget inovasinya. Tapi btw, kata ibukku yang pernah ke pabrik susu kaleng, itu lebih banyak campuran air kelapa dan gula, dari pada susu-nya. Bener gitu nggak mbak?

    Reply
  9. echaimutenan

    aku bikininnn dong kirimono kerumah xD
    itu kenap aku g ikutan foto sama wulan guritno ya .____.

    Reply
  10. Lia

    enak nih buka kalengnya gak harus nunggu suami pulang kerja

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: