Rindrianie's Blog

Kartini dan Hari Bumi

Hari ini, saat ber-bewe ke blog teman-teman, banyak rumah yang dihiasi postingan mengenai Hari Kartini. Lantas saya teringat saya pernah menulis Poetry in Motion dalam rangka Hari Kartini ini. Iseng saya googling, eh…ternyata ada juga di beberapa blog orang lainpamer

Selain Hari Kartini yang diperingati tanggal 21 April, besok (tanggal 22) juga diperingati sebagai hari Bumi. Kedua topik ini membuat saya mengenang salah satu episode masa-masa kuliah di Jatinangor dulu.

Saat itu, saya menjadi (semacam) redaktur untuk majalah dinding di jurusan. Saya bahkan lupa periode terbitnya per apa, tapi saya ingat sekali mengenai ‘insiden’ di bulan April ini.

Intinya, saya menulis sebuah artikel gabungan tentang Hari Kartini dan Hari Bumi yang perayaannya selisih satu hari itu. Mulai dari sejarahnya, perjalanannya dari tahun ke tahun, kebiasaan-kebiasaan saat memperingatinya, dan sebagainya dan seterusnya. Di paragraf akhir dalam artikel tersebut, saya menulis (kurang lebih) begini.

Saya tidak tahu, saat Ibu Kartini memperjuangkan beragam hak yang seharusnya bisa wanita terima berpuluh tahun lalu, apakah hak untuk merokok termasuk di dalamnya? Bukankah merokok berarti mencemari udara? Mengotori lingkungan? bahkan melukai bumi? Saya pikir Ibu Kartini akan bersedih jika kaum perempuan setelahnya yang lebih merdeka, yang lebih berpendidikan, yang lebih bebas memilih, ternyata memilih untuk tidak menghormati bumi tanah tempatnya berpijak, atau berpartisipasi merusak alam tempatnya menumpang bernafas. Saya yakin Ibu Kartini begitu menyayangi Bumi dengan tidak merokok.

Kurang lebih begitu, mungkin lebih ‘sinis’, saya sudah tidak menyimpan lagi file artikel itu, bahkan saya menyimpannya di disket yang entah sudah ada dimana (ehem…sepertinya sekarang sudah tidak bisa lagi ya membuka file di disket :P).

Dan, dampak dari tulisan itu, saya dimusuhi beberapa teman wanita yang perokok selama beberapa hari hihihihi.

Yup, saya tidak merokok dan sangat tidak menyukai (baca : benci) perokok. Mohon maaf bagi para sahabat (Bapak-bapak, mas-mas, Ibu-Ibu, mba-mba, dan adik-adik) semua yang perokok ya. Tapi bagi saya, merokok itu sebuah aktivitas super egois yang sangat berbahaya, tak hanya bagi dirinya sendiri, tapi bagi orang lain dan lingkungannya. Dan menurut saya, kegiatan itu seperti mengindikasikan sang pelaku kurang (bahkan tidak) menyayangi dirinya sendiri. Apakah mereka yang tidak menyayangi dirinya sendiri sanggup menyayangi orang lain?

Heuheu… sepertinya saya sedang mencari musuh dengan artikel ini ya (halah…). Tapi tenang saja, Bapak saya merokok, adik pertama saya merokok, Om saya merokok, teman-teman saya (lelaki dan perempuan) banyak yang perokok. Dan saya tetap menghormati keputusan mereka untuk merokok. Just keep a distance with me (while you do it) ! he he.

Maafkan, saya hanya sedang bernostalgia. Dan mencoba memaknai kembali perjuangan seorang Ibu Kartini, dan juga kenapa Hari Bumi itu sampai harus tercipta.

Have a great Thursday, Pals πŸ˜‰

PS : (In case ada yang penasaran) Suami saya tentu saja tidak merokok. Saya tidak akan mengizinkannya menikahi saya jika beliau seorang perokok hihihihi…

0 Comments

  1. Selamat Hari Kartini..
    Selamat Hari Bumi… πŸ˜€

    Reply
    1. Orin (Post author)

      He he…selamat jg Mba Er *lho?

      Reply
  2. Iksa

    Saya juga tak merokok Orin ..

    He he he saya juga rayakan Hari Kartini ..

    Salam

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Waaah…senangnya πŸ˜‰

      Reply
  3. bundamahes

    suami saya bukan perokok, bapak saya juga bukan perokok, bapak mertua saya? PEROKOK BERAT πŸ˜₯

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Ugh…turut berduka cita mba hihihihi *kabuuur

      Reply
  4. r10

    wanita sebaiknya jangan merokok, nanti ga ada cowo yg mau :mrgreen:

    Reply
    1. Orin

      Tuh…para cewek, dengerin R10 he he

      Reply
  5. Nova

    wah mbak orin, keren tulisannya.
    iya saya juga ga suka perokok, meski saya dapat beasiswa dari rokok juga:D

    Reply
    1. Orin

      Dan iklan rokok bagus2 banget ya Nov *ga nyambung he he

      Reply
  6. Mabruri Sirampog

    kombinasi yg luar biasa,, mengaitkan hari Kartini dengan Hari bumi….. πŸ˜€
    alhamdulillah di keluarga saya dari kakek mpe om2nya, sepupu2, tidak ada yg merokok…. πŸ™‚

    Reply
    1. Orin

      He he he… makasih mas. Keluarga yang sehat ya πŸ˜‰

      Reply
  7. bintangtimur

    Hehehe, saya juga selalu menjauh dari asap rokok. Suami saya?
    Jelas bukan perokok juga dong… πŸ˜‰

    Selamat merayakan Hari Kartini, Orin, semoga semangat Kartini selalu ada bersama kita.

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Samaan kita Bu Ir πŸ˜‰
      Selamat hari Kartini Bu, Amiiin… semoga kita bisa jadi penerusnya yang baik..

      Reply
    2. Pendar Bintang

      Bunda Irma masih exist to? He he he

      Jujur saya benci rokok!

      Reply
      1. Orin (Post author)

        Bu Ir, Hani kangen niiih πŸ˜‰

        Reply
  8. gerhanacoklat

    setujuuuu
    saya juga tak suka perokok dalam arti perbuatannya merokok bukan orangnya
    apalagi perempuan perokok
    sudah diciptakan Tuhan perempuan memiliki rahim yang akan melahirkan anak
    sebaiknya dijagalah dengan lebih menghargai pemberian Tuhan itu
    bener kan Rin? πŸ˜€
    selamat hari Kartini

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Toss sama mba Jul πŸ˜‰
      Selamat hari Kartini mbaaa…semoga spirit beliau selalu menyemangati kita, para Kartini masa kini (cieeehhh…)

      Reply
  9. Lidya

    tos dulu ah,punya suami yg bukan perokok πŸ™‚

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Toss sama mba Lid πŸ˜‰

      Reply
  10. tunsa

    apapun harinya yg penting besok hari libur… πŸ˜†

    saya juga bukan perokok..dan mendukung orang2 yg tidak merokok…!!

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Whuahaha…. beda laaah, yg mau liburan πŸ˜›

      Reply
      1. tunsa

        hahaha…iya, beda ya? hihi…

        Reply
  11. melly

    Aku juga gak suka orang yg merokok mba

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Toss dulu Mel πŸ˜‰

      Reply
  12. Adi Nugroho

    wuakakaka setuju, . .
    Harusnya lelaki skr tidak merokok..
    Saya saja yang cowok anti rokok

    Salam

    Reply
    1. Orin (Post author)

      owh, dikau cowok anti rokok ya, hebat…hebat… πŸ˜‰

      Reply
  13. zee

    Kalau orang itu merokok jauh dari saya, saya gpp, asal dia gak bikin udara dan orang2 di sekitarnya pusing. Saya gampang emosi dan jengkel kalau udah cium bau rokok, tapi ya heran aja dengan mereka yang tidak mau bertoleransi sama yg gak merokok. At least minta izin kek, atau get a smoking room lah.
    Tapi kalau merokoknya jauh2 dan gak bikin saya bau, mobil saya bau, ya sud tidak apa2… saya toleransi. Soalnya sahabat saya juga ada yg merokok. Saya tak apalah dia merokok, gimanapun juga ada hal2 lain yg bikin saya betah berteman dgn dia.. πŸ™‚

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Sepakat mba Zee, memang pilihan masing2 ya, selama tidak mengganggu atau merugikan ya silahkan saja πŸ˜‰

      Reply
  14. Lyliana Tia

    sama dong Rin… alergi perokok… *mohon maaf utk yg merokok*
    kalo mnrt aku, mau gembar gembor haru bumi kayak apa, tapi kalo bikin polusi udara bahkan hanya lewat rokok… kayaknya gmanaaa gtu… kan semua dimulai dari diri sendiri πŸ™‚

    oke,,, have a nice long weekend… eh weekend posting gak Rin? πŸ˜€

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Toss ah mba Tia.
      Pengennya long wiken besok bisa ngerjain ‘PR’ dari mba Tia ituuuuh he he

      Reply
  15. amisha syahidah

    kadang heran lihat orang yg perokok, udah tau banyak menimbulkan penyakit, iklanx jg blg gtu, tp tetep aja ngerokok..udah terbiasa kali ya? bener tuh gak sayang kali ya ama diri sendiri?
    di keluargaku cm ayah yg ngrokok, n alhamdulillah suami jg tdk perokok.

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Heuheuheu…saya pikir mereka pasti memiliki pertimbangan sendiri mba Amisha πŸ˜€
      Alhamdulillah suami kita bukan perokok yaa… Terima kasih sudah mampir πŸ˜‰

      Reply
  16. agito

    saya mantan perokok berat, tapi setelah paru – paru saya tidak bisa diajak kompromi dengan sangat terpaksa saya berhenti. Akhirnya, baru nyadar kalau hidup terasa LEBIH RINGAN tanpa rokok.

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Wow…salut untuk mas Andi πŸ˜‰

      Reply
  17. ello aristhosiyoga

    Ini adalah hari kamis yang membanggakan untuk kaum Hawa. meta hari kartini ya….

    Sekadar info. maaf, ini bukan spam:
    Ikuti Lomba Review Novel Curhat Sang Presiden.

    Hadiahnya
    Pemenang review terbaik Facebook dan Blog akan dirinci sebagai berikut:

    1. Juara I : Rp. 1.000.000,-
    2. Juara II : Rp. 500.000,-
    3. Juara III : Rp. 300.000,-
    4. 3 foto terunik bersama buku Curhat Sang Presiden yang di-review akan mendapat masing-masing 1 buah flashdisc 2 gigabyte.
    5. Lima review yang masih dianggap bagus (di luar pemenang juara) akan mendapatkan masing-masing satu buah buku β€œSorry jek, aku ‘gak bakal ketipu (lagi)!!!” terbitan Leutika Prio.

    Selengkapnya lihat di http://elloaristhosiyoga.blogspot.com

    Reply
  18. Sugeng

    Aku sekarang sudah sadar dan mencintai bumi dengan tidak memberi polusi pada udara bumi. Semoga semakin banyak blogger yang tidak merokok meskipun ada nada ejekan saat diriku mantab mengatakan “maaf saya tidak merokok”. πŸ˜†

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Selamat pak Sugeeeeeng… terharu sayah. Semoga semakin banyak yg lebih mencintai bumi ya πŸ˜‰

      Reply
  19. giewahyudi

    saya boleh merokok disini enggak nih?
    πŸ™‚

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Di luar aja ya mas Gie, ga boleh2 deket2 hihihi

      Reply
  20. choirunnangim

    assaalamu ‘alaikum
    syukurlah saya sudah tidak merokok lagi.
    dulu saya pernah merokok tapi kemudian berhenti..

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Wa’alaikumussalaaam.
      Alhamdulillah sudah berhenti merokok ya mas πŸ˜‰

      Reply
  21. tutinonka

    Saya kira Ibu Kartini dulu tidak menganjurkan wanita merokok …
    Yang diperjuangkan Ibu Kartini adalah pendidikan bagi kaum perempuan, juga perlawanan terhadap feodalisme dan poligami.

    Perokok memang bener egois, karena mereka mencari kenikmatan diri sendiri dengan mencemari lingkungan dan mengganggu kesehatan orang-orang di sekitarnya …

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Saya sependapat dengan Bu Tuti πŸ˜‰
      Terima kasih sudah berkenan mampir Bu..

      Reply
  22. rahmat

    selamat hari kartini
    teruslah berjuang kartini-kartini masa depan…..

    bagaimana pun merokok itu banyak ruginya,,,,,

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Betul mas Rahmat, semoga para perokok segera insyaf ya he he he

      Reply
  23. Susi

    Saya beni perokok kecuali satu orang, mbak. Terlanjur cinta, xixi….
    Baru tahu kalo hari kartini bareng dengan hari bumi. Hoho.. kemana saya saya ya….

    Reply
    1. 'Ne

      bukang bareng mbak, Hari Kartini tanggal 21 April tapi kalo hari Bumi tgl 22 April πŸ™‚

      Reply
      1. Orin (Post author)

        Hahaha…. mba Sus terlanjur cinta sama perokok toh πŸ˜€

        Reply
  24. angel

    Happy Ibu Kita kartini anyversary

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Tengkyuuuu πŸ˜‰

      Reply
  25. Agung Rangga

    Selamat pagi… 8)
    Selamat hari bumi sedunia… πŸ˜€

    Hehe…
    Paragraf tentang gabungan hari kartini + hari buminya lucu! Jadi nyambung-nyambung gimanaaa gitu… πŸ˜†

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Selamat hari Bumiiii.
      Heuheu..mudah2an msh nyambung ya Dek πŸ˜€

      Reply
  26. achoey el haris

    Kartini tidak hanya menyayangi perempuan
    tapi juga manusia, alam
    dan dia mencintai agamanya πŸ™‚

    Reply
    1. Orin (Post author)

      ‘dia mencintai agamanya’, suka sekali dengan kalimat itu kang Achoey πŸ˜‰

      Reply
  27. 'Ne

    Sama Teh Orin, saya sebel banget kalo ada orang ngerokok di tempat umum seperti bis umum atau angkutan kota. memang super duper egois banget deh.. tapi ya itu tadi bapak dan kakak saya juga perokok, sering mereka saya usir suruh ngerokok di luar rumah kalo abis makan dan di situ ada saya hehe.. *biarin*

    Oya kayaknya jarang yang tahu ya kalau Kartini itu adalah seorang Vegetarian juga lho πŸ˜‰

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Toss Ne’, aku jg suka ‘mengusir’ para perokok di rumah biar ngerokok di luar rumah hehehe.

      Owh? baru tau jg aku, tambah keren aja ya beliau. susah euy jadi vegetarian, ga bs menolak godaan semangkok baso hahaha

      Reply
  28. shaleh

    saya juga ga suka ama orang yg suka merokok malah saya sering mengandaikan mereka sebagai ‘pembunuh berdarah dingin’ karena tanpa mereka sadari asap yg mereka keluarkan bisa membunuh orang2 yg menghirup asapnya. xixixi

    Reply
    1. Orin (Post author)

      ‘pembunuh berdarah dingin’? hohoho…sadis jg mas πŸ˜€

      Reply
  29. Prima

    Mbak menurutmu aku perokok atau bukan? *ini kok malah main tebak2an… (- -‘)

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Hayyyaah, eyke kan bukan mama loreng Prim πŸ˜›

      Reply
  30. situs dofollow

    Semoga terlahir kartini2 baru di negeri ini.

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Amiiiinnn

      Reply
  31. aryna

    setuju mbak, sebaiknya tak usah ada perokok. sayapun mencari suami yang bukan perokok. hihi…^_^

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Waah…met hunting ya Jeng hihihihi…

      Reply
  32. ta

    huhuhu.. suami ta perokok, dan sayangnya sudah terlanjur ta ijinkan menikahi ta, mbak πŸ™
    selamat hari kartini ya, dan mari kita sama-sama menjaga om Bumi!

    Reply
    1. Orin (Post author)

      heuheu…dirayu Ta, biar berhenti *wink…wink…

      Reply
  33. monda

    sebel sama orang yang merokok di dekat bayi dan anak-anak, apalagi jika itu anaknya sendri, orang yang sangat egois

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Iya ya Bun, makanya banyak sekali anak2 kecil yg jadi perokok jg, hiks πŸ™

      Reply
  34. kamal

    selamat deh hari kartini, jadikan contoh yaa

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Makasih πŸ™‚

      Reply
  35. Batavusqu

    Salam Takzim
    mas mas, jangan ngerokok disini dong, cari gih planet laen nyang belum banyak asepnya kasihan nih bumi udeh pegellll
    Selamat hari Kartini bu
    Salam Takzim batavusqu

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Hihihi…sepakat mas Isro, para perokok harusnya punya planet sendiri ya πŸ˜€

      Reply
  36. ahsanfile

    Lho… mbak orin sudah menikah yaa…
    kalo gitu juga sudha cocok tuh dipanggil ibu kartini πŸ˜€

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Alhamdulillah udah mas, mudah2an cocok ya hehehe πŸ™‚

      Reply
  37. Batavusqu

    Salam Takzim
    Selamat pagi dan selamat beraktivitas semoga mbak Orin tetap diberikan kesehatan
    terima kasih atas kunjungannya
    Salam Takzim Batavusqu

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Selamat malam mas Isro, senang sekali tadi siang berkesempatan bertemu langsung mas Isro dan istri πŸ™‚
      Met malming ya mas hehehe

      Reply
  38. Pendar Bintang

    Persamaan hak di sini tentunya untuk memperoleh pendidikan yang sam akan Mbak…Met Hari Bumi dan Hari Kartini πŸ˜‰

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Pastinya begitu Han πŸ˜‰ Met berlibur yaa…

      Reply
  39. rusydi

    menjadi sejarah selalu sesuatu yang besar; perlawanan, penemuan, atau orang pertama. begitu juga blogging. kalo sekedar mengekor pakem blogging, blogger gak akan menjadi sejarah dan tak akan menyejarah.

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Terima kasih Pak Guru πŸ˜‰

      Reply
  40. Anugrha13

    semoga dengan hari peringatan anatar hari bumi dan kartini yg berturut akan ada perubahan dikemudian hari melalui tangan kartinilah bumi ini kita jaga πŸ˜€

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Amiin. Tengkyu πŸ˜‰

      Reply
  41. kyaine

    kartini mencintai bumi, makanya ia menjadi seorang vegetarian πŸ˜€

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Whooaaaa… Kyaine berkunjung ke blogku??? *ga percaya…

      Reply
  42. dhila13

    eehh… tanggal 23 hari bumi ya mba oriinn.. waduuh. norak euy baru tahu. :mrgreen:

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Tgl 22 mba, memang masih jarang yg tau sepertinya ya hehehe

      Reply
  43. Mechta

    setuju dengan pendapatmu tentang perokok itu… πŸ™‚ semoga semangat kartini juga menginspirasi kita utk menyanyangi bumi… πŸ˜›

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Amiiin… mudah2an bisa begitu ya Auntie πŸ˜‰

      Reply
  44. Pingback: Kartini-kartini masa kini stage 4 « Batavusqu

  45. almascatie

    *sulut rokok*

    *ngajak perang dalam komen ini*

    :mrgreen:

    salam bu.

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Waaah…peace ah Pak πŸ˜‰ he he

      Reply
  46. kamal

    mari kita jaga bumi kita biar kita sehat juga lho…?

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Setujuuuu πŸ˜‰

      Reply
  47. Batavusqu

    berkunjung menyambut pagi

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Selamat siang Kang, kunjungan yang menceriakan hari πŸ˜‰

      Reply
  48. Pingback: Kewalahan « Rindrianie's Blog

Leave a Reply

%d bloggers like this: