Rindrianie's Blog

Ketika Seorang Nomophobia Nonton di Bioskop

Meni panjang yah judulnya :P.

Barangkali ada yang belum tahu, nomophobia adalah rasa takut berlebihan untuk jauh-jauh dari ponsel, misalnya saat si ponsel ketinggalan, tidak ada sinyal, atau habis baterai, penderita nomophobia akan menunjukkan gejala orang ketakutan. Misalnya saja berkeringat dingin, gelisah, dan yang lainnya. Sejak bangun tidur yang dicari ponsel, seharian tak pernah lepas dengan ponsel, sebelum terlelap pun memegang ponsel.

Kasihan? Banget. Tapi ternyata lebih dari 50% populasi dunia pengguna ponsel, katanya adalah nomophobia lho. Mungkin karena zaman teknologi seperti ini hampir seluruh orang memerlukan gadget dalam kehidupan sehari-hari ya, dan efek negatifnya adalah ketergantungan yang berlebihan pada si gadget, seolah beberapa jam ‘berpisah’ dengannya saja, akan berakibat matahari berhenti berputar *beuh, lebay nian bahasa eikeh* hihihi.

Tapi begitulah maksud postingin ini temans.

Jadi ceritanya, seminggu lalu saya dan AM menonton filmnya Om Kece itu lho (Mission Impossible maksudnya ya :P), dan sepertinya ada seorang nomophobia di bangku barisan depan kami. Meskipun studio sudah gelap, si mas ini masih saja menyalakan ponselnya (walaupun ditutupi jaket), sampai-sampai ada seorang bapak-bapak di barisan saya yang menegurnya, baru si mas mematikannya.

Dan karena tempat duduknya di barisan persis di depan saya (1 bangku ke sebelah kanan dari bangku depan saya), sesekali, iseng saya memerhatikan gerak geriknya saat film berlangsung. Dan iya lho, 1-2 kali dia menyalakan ponselnya meski ngumpet-ngumpet. Si ponsel tetap berada di genggaman tangannya, dan begitu film hampir habis (studio masih gelap), cepat-cepat dia mengecek ponselnya. Saya intip dong apa yang dicek, ternyata facebook sodara-sodara hihihihi *kepo banget sayah :P*.

Iya, agak-agak nyinyir nih memang jadinya saya ya, tapi atulah, film paling seberapa lama sih, katakanlah 2 jam, tidak akan terlalu ketinggalan banyak jika harus ‘puasa’ mengecek gadget selama 2 jam kan ya?

Tapi detik berikutnya saya juga mencari ponsel di tas, dan si ponsel tidak ada! Panik dong ya, meskipun ponsel saya tidak seberapa pintar, kan sayang kalau hilang. Setelah mengeluarkan isi tas dan si ponsel tetap tidak ada, buru-buru saya balik lagi ke bangku saat nonton, dan si ponsel tergeletak di kolong bangku. Alhamdulillah. Rupanya si ponsel terjatuh saat saya masukkan ke dalam tas. Kepanikan yang sesaat itu bisa diartikan sebagai nomophobia nggak tuh? hahahaha

Kejadian di bioskop ini membuat saya berpikir, mungkin tanpa kita sadari, kita (saya tepatnya) juga sudah seperti nomophobia ya, tidak bisa hidup tanpa ponsel atau gadget *nyengir*.

Tapi kalau boleh saya minta tolong, saat nonton di bioskop ponselnya dimatikan dulu sebentar ya, temans ;).

0 Comments

  1. omnduut

    Beneran, rasanya pingin nimpuk orang yang gak berhenti mainin hape. >.<
    Ngerusak suasanya aja.

    Reply
    1. Orin (Post author)

      iya betuuuuul, pdhl d layar udah ada peringatannya, tapi tetep adaaa aja yg masih mainan hape di bioskop yg udah gelap 🙁

      Reply
  2. bukanbocahbiasa

    Nyaris semua blogger kejangkit nomophobia level rendah sampe parah mak :p

    Reply
    1. Orin (Post author)

      iya betuuuuul. tapi ya itu Mak, paling ga kalo pas nonton bioskop puasa dulu lah bentaran

      Reply
  3. -n-

    Aduh aku pengen sembuh dong dr nomophobia 🙁 (tp ngomong gn sambil megang hp, wkwkwkkwwk)

    Reply
    1. Orin (Post author)

      gapapa pegang hape kalo komen di blogku Mem #eeaaa hihihihi

      Reply
      1. -n-

        Klopun ga boleh pegang hp, ya komen lewat laptop aza 😆 #banyakjalanmenujublogOrin

        Reply
  4. dani

    kalo panik handphone gak ada pas dicari sih bukan nomophobia, bangkrutphobia karena kalo hilang harus beli lagi toh? Hahahaha. Etapi kalo filmnya ngebosenin gw juga suka cekicek handphone Rin. Mihihihi,,,

    Reply
    1. Orin (Post author)

      bangkrutphobia lebih berbahaya kyknya ya Dan hahahaha

      Reply
  5. turiscantik

    saya juga paling sbeel kalau ada yang masih sayang hp nya saat di dalam bioskop padahal bayar kan nontonyanya

    Reply
  6. Gustyanita Pratiwi

    bisa juga ternyata ya, bioskop bikin orang phobia
    kalo aku ga sukanya ACnya kedinginan aja klo di bioskop heheh

    Reply
  7. alrisblog

    Saya beberapa kali ketinggalan hp di kost, cuek aja. Gimana mau panik hpku masih seri n1650, dan sampai saat ini masih setia pakai itu hehe…
    Dulu pakai hp pintar, tapi saya merasa terkungkung alias banyak memakan waktu saya yang seharusnya bisa digunakan untuk hal yang berguna.

    Reply
  8. nzulfah

    Kalau sayaa.. entah ya udah tergolong nomophobia apa bukan..
    Tapi kalaupun iya, nomophobic saya masih jauh terkalahkan oleh movieholic! Jadi udah bisa dipastikan kalau lg nonton film mah hp jadi nomer sekian.. hehee.. 😀

    Malah kayaknya.. kalau lagi asik nonton film, saya bakal susah bgt dihubungi lewat hp.. 🙂

    Reply
  9. rahmiaziza

    Waah kalo aku malah sebaliknya mba, sering lupa bawa hape. HP batrenya kosong dibiarin aja hehehe

    Reply
  10. Arman

    baru tau gua ada istilah nomophobia. haha.

    nyebelin banget orang yang suka ngecek2 hp di bioskop begitu. apalagi ngeceknya cuma facebook doang. ampun dah…

    Reply
  11. ayanapunya

    Biasa jadi yang kayak gitu nontonnya sambil bikin status tentang filmnya. Tapi ada juga sih yang bbm an atau wasapan sambil nonton film..heu

    Reply
  12. Sekar

    wah saya malah bisa banget jauh dari gadget dalam bentuk apapun, Bu. Cuma yang sering bawel ya temen-temen yang punya kepentingan dengan saya. Urusannya jadi nggak lancar gara-gara saya menjauh dari hp. hehe. Rasanya bahagiaa banget kalau nggak bawa HP pas pergi. Jadi bisa lebih menikmati sekitar. Mungkin saya jenuh sama notif yang sering masuk bertubi-tubi (?) 😀

    Reply
  13. rinasusantiesaputra

    jadi inget waktu ikut sebuah seminar, kata pembicaranya gini, suami telat pulang bisa nyantai tapi hp gak keliatan sekian menit atau detik langsung kepo di cariin hahhaha

    Reply
  14. Pakde Cholik

    Mungkin dia aparat jadi sibuk terus monitor keadaan di luar sana.
    Bisa juga seorang makelar tanah atau rumah
    Bisa menganggu penonton yang lain tuh
    Salam sayang dari Jombang

    Reply
  15. fitrimelinda

    aku mungkin juga ngidap nomophobia ya teh, tapi ga separah itu juga sih, kadang kalo lagi ngemong si bayi lupa ama ponsel.. 😀

    Reply
  16. Lia

    ih orin kepo juga ngintip apa yg dibuka hahaha. Aku gak termasuk kan ya :-p rugi udah bayar kalo notonnya gak konsen

    Reply
  17. nurlailazahra

    kepanikan yg Teh Orin alami saya rasa wajar. kita memang tidak akan bisa beraktivitas secara optimal jika tanpa ponsel, tapi jelas, ponsel bukanlah segala2nya dalam menunjang aktivitas kita. Saya sendiri jika paket internet sudah habis sebelum waktunya, ya saya biarin aja. saya berusaha untuk gak terlalu bergantung dg ponsel pintar, paling nyambung internet kalo di kantor ada wifi, atau jika sesekali lg butuh bgt jaringan internet, minta hotspot sama sodara. selebihnya, ya saya ga mau ngeluarin budget utk sesuatu yg memang gak direncanakan. biarkan sajalah no connecting, krn dg cara itu, saya bisa berlama-lama bercengkerama dg keluarga, dan bs leluasa mengajarkan Riski belajar 😀

    Reply
  18. bintangtimur

    Hihihihi…iya Rin, saya juga suka geregetan kalo ada orang yang bolak-balik ngecek ponsel di waktu yang nggak tepat, kayaknya gimanaaaa gitu…
    Eh, kalo ponsel hilang mah kata saya bukan nomophobia atuh, da biarpun ponsel saya juga nggak terlalu pintar, banyak banget ‘rahasia-rahasia hidup’ saya yang ada disana… 😀

    Reply
  19. ratusya

    Kalo suamiku bioskopphobia. Gag mau nonton bioskop.
    Jd ya selama pacaran Dan nikahan ga pernah nonton di bioskop deh.

    Anyway, orang yg henponan saat nonton emang nyebelin, pengen disembur pake popcorn *eh tapi sayang popcornnya ?

    Akhirnya jumpa dirimu di dunia nyata ?

    Reply
  20. Andy Hardiyanti Hastuti

    ooh itu istilahnya Nomophobia ya mbak.. baru tau 😀 kalau lagi di bioskop gangguan banget ini, sinar dari layar ponselnya bikin silau mata banget.

    Reply
  21. De

    Ah aku baru tau istilah nomophobia ini

    Gw pernah tuh nganterin Fayra nonton film animasi di bioskop, trus ibu di sebelah gw yang kayaknya terpaksa nemenin anaknya walo gak suka filmnya, eh dia nonton yutub aja gitu pake tablet. Meski pake earphone, cahaya dari tablet nya itu ganggu banget

    Reply
  22. RohmaFAzha05

    hahaiii bener bnaget nih mbak..
    udah kecanduan banget sama gadget hohoho

    Reply
  23. PutriKPM

    Aku agak benci sama orang yang mainin hp pas bioskop gelap. Soalnya bikin silau parah 🙁

    Reply
  24. Pakde Cholik

    Jumatan dan sholat tarawih pun ada ponsel yg bunyi padal sudah diumumkan
    Begitu pesawat landing hp juga mulai berdering
    Baru tahu istilah ini
    Terima kasih
    Salam hangat dari Jombang

    Reply
  25. Yeye

    Gw sih ga dimatiin Rin, tp di silent dan ga ditengok2 sampe film selesai hihihi

    Reply
  26. Nchie Hanie

    wkwkkwkwkwkwk…eykeh bingits tuh, tiap nobar suka tetep ga mau jauh2 dr gadget, soalnya sambil gawe, n darurat dibutuhkan. Sering ngintip…

    Baiklah, nanti mah bakalan di matiin aja, ampooon takut di timpuk sama yg dibelakang.

    Reply
  27. Rahmah Chemist

    Ketergantungannya saya sama gadget smartphone, tetapi masih punya batasan dengan melihat situasi dan kondisi…

    Reply
  28. Ani Berta

    Kayaknya aku termasuk salah satu nomophobia deh hahahaha :))
    Nice info Orin

    Reply
  29. leylahana

    Aduh, kasian keluarga dan teman2nya kalo berhubungan dgn nomophobia. Saya harus segera menjauh sesekali dari ponsel nih, kasian suami sering dikacangin xixi

    Reply
  30. adelinatampubolon

    Aku suka bangat ninggalin hp dirumah. Kalaupun kebawa ke kantor yang ada malah ditaruh di laci. Atau kalaupun kebawa hp nya di silent. Kayaknya hidup tanpa dengerin bunyi notification dari hp itu bahagia bangat. Yang ada temanku yang marah-marah.

    Reply
  31. Pingback: Ketika (Terpaksa) Menonton Sendiri | Rindrianie's Blog

  32. evrinasp

    Mbak Orin, sepertinya saya nomophobia, tapi belum akut, jangan sampe deh. ngeri amat kalo tergantung sama hp gitu mah

    Reply
  33. Pingback: Tak Ada Ponsel Hari Ini | Rindrianie's Blog

Leave a Reply

%d bloggers like this: