Rindrianie's Blog

Kue a la kadar :)

Entah sejak kapan, saat memasak saya tidak pernah mencicipi -saat masih dalam proses- si masakan saya itu. Bumbu-bumbu dimasukkan berazaskan paham ‘secukupnya’ dengan perkiraan sendiri. Jadi yaa…. rasanya pun tergantung dari akurat atau tidaknya perkiraan saya saat itu halah. So far sih masih dalam kategoriΒ eatable, tidak pernah sampai keasinan buanget atau hambar tak berasa semacam itu lah. Akang matahari juga tidak pernah komplen, walaupun kalau dia mah mungkin karena ingin menghormati istrinya saja ya hihihihi.

Nah, senin lalu saya coba-coba buat kue. Kalau tidak salah ingat di blognya Bu Cho dan Tt chan pernah ada postingan membuat Carang Gesing yang dimodifikasi dengan roti tawar, iseng-iseng mau coba buat karena kebetulan ada roti tawar (yang kalau tidak dimakan hari itu otomatis besok dibuang) dan pisang yang kalau dibiarkan akan terlalu matang dan tidak enak dimakan. Resep aslinya menggunakan air santan, daun pandan, bahkan dibungkus daun pisang. Jadi seperti biasa saya pun menggunakan perkiraan saya saja, yang penting si kue ini bisa dimakan πŸ˜›

Dengan demikian, jangan ikuti resep ini ya temans, karena resep berikut adalah modifikasi dari hasil improvisasi karena kepepet hahahaha. Silahkan tanya mbah gugel untuk resep kue Carang Gesing yang sebenarnya.

Bahan :

4 lembar roti tawar => saya potong kotak-kotak kecil

1 buah pisang ambon => potong tipis bulat

1 kuning telur

(harusnya) santan, saya menggantinya dengan…. nutrisari yang diseduh dengan air hangat πŸ˜›

gula pasir secukupnya

kismis dan keju

Cara membuat :

Air hangat (kira-kira 1 gelas) untuk menyeduh nutrisari sachet. Kocok kuning telur dengan gula pasir (kemarin saya cuma pakai 1 sendok makan).Β Masukkan air nutrisari ke dalam kocokan telur-gula, rendam potongan roti.

Lalu siapkan loyang yang sudah dilapisi margarin. Atur setengah bagian roti hingga menutupi dasar loyang, susun potongan pisang dan kismis di atasnya. Tutup dengan sisa roti dan taburi keju. (Errr….saya juga tidak punya parutan, jadi keju cedarnya saya potong-potong pakai pisau qiqiqiqi).

Kemudian kukus selama 10-15 menit hingga matang. jangan lupa tutup kukusan dibungkus lap agar tidak air yang menetes ke kue.

This it it kue roti pisang kukus a la kadar tsaaaah hahahahaha

kue

Rasanya enak lhoooo, walaupun penampakannya kurang meyakinkan sih ya hihihihi.

0 Comments

  1. ~Amela~

    hahaha.. tapi aku juga gitu lho teh.. kalau masak pake azas kira-kira.. hampir ga pernah nyicipin selama proses masaknya.. .
    ___
    malah binun kalo nyicip ya Mel, ga ngerti kurang apaan mihihihihi

    Reply
    1. ~Amela~

      hihihi.. bener banget teh..
      kalau liat resep pun sering asal kumodifikasi juga,. hehehe
      sama bener lah ama teteh dalam urusan masak memasak ini. πŸ˜›

      Reply
  2. Evan

    Pengen nyiccippp dong Teh Orin.. emm… menggugah selera kok,, apalagi potongan kejunya gede2,hehhee.. maknyuss
    ___
    whuahahaha…coz ga diparut Van, jadi weh keju2nya sagede alaihim gambreng qiqiqiqi

    Reply
  3. nurlailazahra

    asalkan enak, nama dan cara ga jadi masalah, Teh πŸ˜€

    jadi penasaran rasanya gimana, aroma jeruk campur pisang campur kismis dan keju, heheeh
    ___
    aku pake nutrisari coz khawatir si amisnya telur msh tercium Sarah, alhamdulillah berhasil pake si jus jeruk inih, jadi seger malah hihihihi

    Reply
  4. smzahra

    Resepnya mirip dengan puding roti ya, mba Orin… Kira2 rasanya mungkin mirip2 kygitu ya…, πŸ™‚
    Sepertinya enaaakkk tuh ^_^
    ___
    Iyaa…harusnya lebih banyak telurnya (kalo untuk puding), tapi telur mahal lho skrg, jadi satu ajalah cukup hahahahaha *emak2 pedit*

    Reply
  5. dea

    aku juga gtu mbak orin kalo lagi masak ga mau icip icip .. tapi alhamdulilah nya masakan nya berasa dan oke oke aja haha πŸ˜€

    oh iya boleh di coba kah kue nya πŸ˜€
    ___
    Tinggal seuprit De kuenya nih di kulkas qiqiqiqi

    Reply
  6. saidah

    Azas kira2 ini juga yg bikin aku gk pede posting2 masakan, soalnya ntar pd nyontek resepnya *pede* trus hasilnya gk eatable gr2 nurutin resepku piye…bs2 di demo org2 senusantara dong hahaha πŸ˜€
    ___
    hahahaha…yg penting diwarning aja Dang, kalo ngikutin ya resiko tanggung sendiri gituh qiqiqiqi

    Reply
  7. della

    Aku nggak bisa tuh kayak gitu, orang ngikutin resep tumplek plek aja masih sering gagal, gimana yang modifikasi, ahahahaha..
    Orin hebat euy πŸ˜‰
    ___
    itu dia Del, kalo ngikutin plek ketiplek kan susah, yg ini ga ada lah, yg ono ga punya lah, jadi ya azas kira2 ajaaah *tetep ngeles* hihihihi

    Reply
  8. Niar Ningrum (@niar_cilukbaa)

    Hah nutrisari jeruk, yaa ampun bener2 ini kue es, hahahahah πŸ˜€

    bisa aahh ini dibuat, pingin gampang jugabikinnya πŸ˜€
    ___
    resiko tanggung sendiri lho ya Niar kalo mau coba buat hahahaha

    Reply
  9. opickaza

    ihh rasanya juga ingin mencicipi tuh hehehe apalagi kalau jeruknya kayak gtuh kayaknya enak tuh jeng malah laper lihatnya makanan tuh
    ___
    Saya fax biar bisa dicicip ya #eh? hehehe

    Reply
  10. celoteh .:tt:.

    hihihi…ini bener2 modifikasi… πŸ˜›
    penampakannya nikmat Teh…
    ___
    huaaah yg punya resep dateng *ngumpet* qiqiqiqi.
    Iya, ini modifikasi terpaksa binti kepepet tt chan πŸ˜€

    Reply
  11. bemzkyyeye

    keliatan nya enak, cobain dong :p
    ___
    Sini Ye, masih ada seperempat loyang lg nih hehehe

    Reply
  12. LJ

    eMak percaya ini pasti enak.. makin lama Orin akan makin jago improvisasi di dapur, biar bahan makanan gak ada yg mubazir.

    masak makanan tanpa dicicip.. igaya chef profesional.. πŸ˜›
    ___
    Iya Mak, ini modifikasi kepepet.
    Bukan gaya masak tanpa dicicip, tapi suka binun kurang apa Mak, jadi ya seadanya aj gituh qiqiqiqi

    Reply
  13. Melly Feyadin

    mba, itu jadinya roti dan pisanngya nempel ya? gak buyar?
    klo pake santan keknya makin enak tuh ya..hihi.
    nyobain ah klo lg ga ada kerjaan dirumah.
    ___
    (Mungkin) krn pake telur jd ga buyar ya Mel, walaupun makannya ga bisa pake tangan jg sih, lembut bgt gitu kan, jadi tetep harus pake sendok πŸ˜€

    Reply
  14. De

    keknya gampang banget nih. Boleh lah kapan2 de coba.
    ___
    Ish…resep mba De lebih yahuuuuud πŸ˜‰

    Reply
  15. Wong Cilik

    aq daftar jadi tukang icip2 boleh nggak teh … πŸ˜€
    ___
    Boleeeehhh πŸ˜‰

    Reply
  16. prih

    Improvisasi serba ‘pas’, Orin jago bikin fiksi …. jago masak pula. Salam
    ___
    Duh…jagoan kepepet sayah mah bu heuheu

    Reply
  17. sulunglahitani

    Untungnya ga sampai kesedak meski ala kadar aja, ya, mbak? hihihi
    ___
    hahahaha…ga Lung, baca bismillah dulu, jd ga kesedak πŸ˜›

    Reply
  18. ainulharits

    Kue ciptaan sendiri ya… kalo ga enak besok dicoba lagi
    ___
    Iya mas, sekedarnya aja hihihi

    Reply
  19. titi esti

    #eeaa Orin posting resep. Cobain ah, dengan pede. bari dikalikan sekian karena di rumahku ada 7 orang
    ___
    Resiko tanggung sendiri ya Teh kalo mo nyobain, resep abal2 soalnya ini maaaah qiqiqiqi

    Reply
  20. Myra Anastasia

    sy juga pk ilmu kira2 kok Rin.. Kira2 bener dan semoga gak kira2 salah πŸ˜€
    ___
    hahahaha…semoga ga sering2 salah kira-nya ya mba Chi πŸ˜›

    Reply
  21. Evi

    santan ganti nutrisari, Teh? woo.jauh amat. biasanya santan diganti susu ya. benar2 kreatif ni Teh. dan kuenya tampak lezat πŸ™‚
    ___
    Orin udh ndut tante, santan sm susu keknya sama2 ‘berat’, makanya diganti yg lebih ringan walopun ngaco hihihi

    Reply
  22. Lidya

    penampakannya udah bagus kok rin, lebih bagus lagi kalau aku boleh nyicipi πŸ™‚
    ___
    euh…tos seep Teh qiqiqiqi

    Reply
  23. Cahya

    Kuning telur, belakangan ini saya menjauhinya… #kolesterol.
    ___
    Harusnya malah 3 kuning telurnya bli, aku cuma pake satu krn khawatir si koleterol itu jg he he

    Reply
  24. Mugniar

    Wow keren nih resepnya kayaknya anak2 bakal suka πŸ™‚
    Btw, saya jarang lho nyicipin makanan kalo masak, suka sok tahu πŸ˜€
    Entah kenapa ya, gak begitu suka nyicip masakan sendiri …. aneh …
    ___
    Errr…jadi kalo nyicip masakan tetangga suka ya mba #eh? qiqiqiqi *becanda ya mba :)*

    Reply
  25. bebe'

    Aku ga bisa masak modifikasi Rin.. Kecuali kalo terpaksa karena ga ada bahannya di rumah.. Ahahaha..
    ___
    Itu dia Be, di rumahku selalu bahan2nya ga lengkap, jadilah terbiasa memodifikasi qiqiqiqi

    Reply
  26. cumakatakata

    Otak-atik matuk y teh… Hehe
    ___
    kebetulan enak nih hihihi

    Reply
  27. Esti Sulistyawan

    samaaaa gak pernah nyicip..malah gak pede nek diicip xixixi
    ___
    malah suka bingung sendiri ya mba hehehehe

    Reply
  28. rinasetyawati

    salut mbak dengan kreatifitasnya mengganti santan dengan nutrisari… ngebayangin rasanya pasti ueenaaak….
    ___
    qiqiqiqi…kreatif beda tipis dengan kepepet mba πŸ˜€

    Reply
  29. Akhmad Muhaimin Azzet

    Saya juga sudah membayangkan, mesti enak ini rasanyaaaa…..
    ___
    apalagi kalo dimakan pas lg laper pak hehehe

    Reply
  30. chrismanaby

    Kayaknya gampang ya mbak cara bikinnya, saya juga pngen coba ahhh,.. kira2 bisa tahan berapa hari itu kuenya mbak πŸ˜€
    ___
    Hari ke-3 masih oke kok rasanya Chris, simpen di kulkas tapi yaa πŸ˜‰

    Reply
  31. mechtadeera

    iih… bikin kemecerr Rin… hm, carang gesing rasa jeruk ya? penasaraaan…
    ___
    mesti aku nih dimarahin sm pencipta carang gesing deh auntie qiqiqiqi

    Reply
  32. Enny Mamito

    sama kyk daku deh mb..nyariiisss tak prnh nyicipin saat masak ^_^
    ___
    toss ah sm mba Enny hehehehe

    Reply
  33. dede6699

    hoyong ngasaan teh,,, yamiiii
    ___
    Yahh…keburu abis De hihihihi

    Reply
  34. Bunda Riyang

    Ntar kalo ada sisa roti tawar mau bikin ahhh…
    ___
    Resiko tanggung sendiri lho Bun hihihihi

    Reply
  35. Idah Ceris

    Saya kalau masak2 masih takut, Teh. Apalagi buat kue semacam itu. πŸ˜‰
    Itu penampakannya saja tjantik, apalagi rasanya. . . ^_*
    ___
    Pede aja lagi Dah, practice makes perfect kan ceritanya hehehehe

    Reply
  36. danirachmat

    Tjanggiih Riiin.. santen bisa diganti dengan nutrisari. *geleng-geleng
    etapi gw kalo masak juga suka gitu, asal celup-celup dan selama rasa masih eatable hajar ajah. Hihihi
    ___
    Nah…berarti kita emang omnivora sejati ya Dan, penghajar segala *halah* hahahaha

    Reply
  37. dongeng denu

    waduuhhh aku yg blom bsa masak paling ga bsa nih dikira2, malah slama ini slalu ngikutin persis sama yg diresep, alhasil rasanya malah suka aneh krn ga brani improve, hihihi.. :p

    Reply
  38. bintangtimur

    Penampakan bagus, rasa entahlah…saya belum nyobain soalnya πŸ˜‰

    Reply
  39. D I J A

    nutrisari?
    jadi rasanya jeruk dan pisang ya???

    minta tante elsa contek resep tante orin aaaahhh

    Reply
  40. Meong

    Eh meong juga suka bikin kue…

    Apalagi donat.. Kemarin terakhir nyoba donat dicampur duren.. Tapi sayangnya gagal… πŸ™

    salam kenal yaaa…

    Reply
  41. Pingback: Cake Pisang Abal-abal | Rindrianie's Blog

Leave a Reply

%d bloggers like this: