Rindrianie's Blog

Miliki Jam Dinding Unik dan Eksklusif dengan Cara-cara Ini

Jam dinding tak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, tetapi juga bisa dijadikan sebagai bagian dari dekorasi rumah. Sesuaikan desainnya dengan dekorasi rumahmu. Apakah dekorasinya minimalis, vintage atau colorfull? Padanan secara pas pastinya akan membuat dekorasi rumah makin cakep dan menyenangkan.

Kreasi jam dinding ini bisa kamu buat sendiri di rumah

Pengen punya jam unik, karena desain di pasaran membosankan? Desain di toko-toko itu kalau nggak bulat ya kotak. Susah juga nyari produk unik sekaligus awet. Tapi tenang, kalau browsing cara bikin jam dinding unik, ada banyak panduannya lho. Contohnya model vintage dari piring seng.

Saat ini piring seng/alumunium jadi barang langka. Kamu bisa menemukannya di rumah nenek atau toko penjual barang vintage. Nah, berikut ini step by step membuatnya:

  • Cat piring sesuai dengan warna kesukaanmu. Atau gunakan warna asli agar lebih orisinil.
  • Bor bagian tengah untuk memasukkan jarum mesin. Pastikan lubangnya tepat di tengah.
  • Tahap selanjutnya tinggal pasangkan mesin yang Anda keluarkan dari jam lama.

Mudah saja kan membuatnya? Agar lebih variatif, kamu tinggal mencari desain unik untuk tampilan luarnya. Mesin pakai dari jam lama.

wall-2602962_640

Inspirasi jam dinding yang bikin rumah bak istana

Ingin mendekorasi rumah agar terlihat glamor dan mewah? Jam dinding adalah salah satu item yang tidak boleh dilupakan. Karena benda ini wajib ada dan bisa menambah mewah ruangan. Sebelum membeli, pertimbangkan dulu hal-hal berikut:

  • Untuk tampil glamor, pilih warna-warna mengkilap seperti silver atau gold. Dua warna ini dapat dikombinasikan dengan warna apapun tetapi harus terlihat dominan.
  • Pilih ukuran besar hingga memenuhi dinding. Biasanya, tanpa diserta rangka dan angka-angkanya berupa garis yg ditempel di dinding. Ukuran besar akan membuat ruangan terlihat wah.
  • Sesuaikan desain dekorasi rumah. Kalau Anda tidak dapat menemukan desain yang cocok, kamu dapat pesan custom. Dengan memesan custom, kamu bisa sesuaikan desainnya berdasarkan kebutuhanmu. Produk custom ini dapat Anda peroleh di Qlapa.com. Ada banyak pilihan desain custom. Uniknya, bisa jadi desainmu hanya satu-satunya dan tidak ada tiruannya.

Jam dinding rumah jadi lebih awet 10 tahun dengan cara ini!

Rasanya sayang kalau kamu pesan jam custom untuk hiasan dinding tapi tidak tahan lama. Anda sudah susah-susah bikin desain dan bayar mahal untuk pesan custom. Tapi tenang, Anda dapat lakukan hal-hal berikut agar benda ini tahan lama bahkan sampai 10 tahun. Caranya:

  • Ganti baterainya segera setelah perputarannya mulai terlihat ngaco. Jangan diamkan dengan kondisi baterai mati karena elemennya akan merusak mesin bahkan bikin berkarat.
  • Jangan biarkan mesin menempel langsung ke dinding. Sebaiknya beri alas berupa dus atau kayu. Tebalnya kira-kira 1cm, agar kelembaban dari dinding tidak merusak mesin.
  • Ganti mesin secara berkala. Misalnya ketika perputarannya tidak sesuai sekalipun sudah diganti baterai. Sebaiknya ganti mesinnya tanpa perlu membuang seluruh perangkatnya.
  • Bersihkanlah secara berkala. Sekalipun disimpan di atas, kamu harus tetap membersihkannya agar terbebas dari debu. Caranya bisa menggunakan lap basah atau kemoceng. Bersihkan bagian depan dan belakang agar debu yang menumpuk tidak merusak mesin.

Karena ini, tetangga sebelah rumah hobi banget koleksi jam dinding handmade

Saat ini banyak banget yang tertarik sama produk handmade. Salah satunya tetangga sebelah rumah yang hobi banget koleksi jam dinding handmade. Awalnya sempet bertanya-tanya, kenapa mesti produk handmade? Setelah dijelasin, ternyata keunggulannya banyak banget, seperti:

  • Lebih unik dan eksklusif. Karena produk handmade biasanya punya desain lucu, beda dari yg lain.
  • Bisa disesuaikan berdasarkan tema, apakah ingin desain minimalis, glamour atau colorfull (untuk di kamar anak).
  • Biasanya produsen handmade menyediakan fitur custom. Kita dapat mencantumkan nama, foto atau tulisan sesuai keinginan. Selain pajangan, dapat juga dijadikan sebagai hadiah lho.
  • Produknya lebih awet karena dibuat dari bahan-bahan berkualitas. Barang dibuat satu persatu dengan ketelitian tinggi, sehingga meminimalisir kecacatan barang.
  • Barang lebih mahal tetapi jika dibandingkan produk pabrikan akan terhitung jauh lebih murah. Terlebih kalau membeli dari pengrajinnya langsung. Selain itu, karena produk handmade lebih awet bahkan sampai 10 tahun, membuatmu tak harus beli produk sama terus menerus.  Uang yang kamu keluarkan untuk jam pabrikan setiap tahun akan sebanding dengan harga produk handmade yg bisa tahan sampai puluhan tahun.

Banyak banget kan keunggulannya. So, nggak usah ragu lagi buat pilih barang handmade.

Jam dinding rumah jadi gak monoton dengan cara ini

Banyak hal dapat kamu lakukan agar jam dinding di rumah nggak membosankan dan begitu-begitu aja. Kalau Anda kreatif, coba browsing produk DIY (Do It Yourself) di internet. Ada banyak panduan mendekorasi jam sendiri. Tapi kalau malas bikin, bisa juga pesan custom lewat Qlapa.com. Ada banyak contoh desain yang bisa disesuaikan dengan keinginanmu. Misalnya ditambahin foto, tulisan, atau gambar yang kamu banget. Tertarik buat beli?

2 Comments

  1. Ella

    Perlu dicoba nih, jd pengin cepet2 ngutak atik ala2 DIY.. Hhh

    Reply
    1. Orin (Post author)

      hayuk dicoba mbak 🙂

      Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: