Rindrianie's Blog

Misteri Cimol

Ngga tau cimol?? Apa kata dunia… hihihi…lebay dot com.

Entah kapan saya mengenal dan pertama kali mencicipinya, tapi setiap saya ke Bandung, rasanya ada yang kurang tanpa jajan si cimol ini. Memang belakangan banyak juga di Jakarta, tapi bagi saya, makan cimol ya harus di Bandung.

Lantas, kenapa judul postingan ini “Misteri Cimol”? Itu karena saya tidak tahu sebetulnya si cimol itu singkatan dari apa. Kalau cireng adalah aCI digoRENG, jadi cimol aCI di-apa-in?? Ehem…mungkin bahasa sunda saya termasuk ke kategori yang menyedihkan ya? hiks. Misteri itu tetap menjadi misteri bagi saya, sampai saya berkunjung ke rumah sahabat maya saya yang penuh senyuman ajaib itu tadi pagi.

Saya sudah mulaiΒ  ‘terkontaminasi’ sahabat-sahabat baru saya itu untuk menjadi seorang banci kontes. Dan karena alasan itu pulalah saya harus menguak misteri cimol ini (halah… :P). Sehingga saya pun bisa mengikutsertakan postingan ini ke dalam sayembara yang diadakan mas Gaphe.

Dan sungguh tak disangka, saat saya mengetik kata c.i.m.o.l di mbah Google, ternyata sang cimol ini sudah tercatat di Wikipedia saudara-saudara!! πŸ˜€

“Cimol adalah makanan ringan yang dibuat dari tepung kanji. Cimol berasal dari kata (Bahasa Sunda aci digemol), yang artinya tepung kanji dibuat bulat-bulat. Cimol biasanya dijual di pinggir jalan. Cara membuatnya, adonan tepung kanji dibuat bulat-bulat, kemudian digoreng. Biasanya, cimol dimakan dengan bumbu-bumbu tambahan (istilahnya semacam seasoning). kalau digigit, rasanya memang agak kenyal-kenyal. Paling enak jika dimakan hangat-hangat.” Begitu bunyinya.

Voila…ternyata Cimol itu singkatan dari aCI digeMOL hihihi…bodor pisaaaan. Saya baru tahu ada kosakata ‘digemol’ dalam basa Sunda πŸ˜€

Well, berikut foto saya bersama si cimol yang sudah terkuak misterinya itu..

Tadaaaa…. ini lah si Cimol yang YUMILAH YUMIWATI ituuuu πŸ˜€

0 Comments

  1. Gaphe

    iya dulu saya bingung kenapa namanya cimol.. ternyata itu singkatan dari aci digemol.. sama kayak cireng, aci digoreng..

    dan aci tuh artinya tepung. hahaha..

    siaap.. udah tercatat sebagai peserta yaak. Semoga beruntung!..

    Reply
    1. Orin (Post author)

      hehehe…begitulah mas Gaphe. Amiiin…mudah2an saya beruntung πŸ˜€

      Reply
  2. Abi Sabila

    ikut kontes juga Teh? moga sukses deh ya.

    Saya sendiri tidak suka cimol, rasa bumbunya terlalu keras di tenggorokan, tapi putri saya malah seneng banget jajan cimol dan cireng.

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Iya nih Abi, kabita sama Mba Iyha he he. Betuuuul…MSG-nya banyak, saya jg ga mau makan banyak-banyak. Mudah2an Sabila jg bisa menahan diri ga sering2 jajan cimol yaa… πŸ™‚

      Reply
  3. bundadontworry

    mujang priangan mah tiasa nyak jeng cimol , Orin πŸ™‚
    semoga sukses ya di kontes ini
    salam

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Asyik, didoain Bunda menang πŸ˜€ Makasih ya Bun..

      Reply
  4. Prima

    Lho, aku dah tau singkatan cimol waktu kuliah di bogor, wkakakaak… aci digemol… πŸ˜›

    fotonya bikin pengen… πŸ˜› salam kenal mbak

    Reply
    1. Orin (Post author)

      hah? itu foto teu pararuguh (wish you know the meaning ya Prim :P). Makasih udah mampir yaa πŸ™‚

      Reply
  5. Mechta

    Oo…jadi itu to sejarah Cimol…. Hehe…geli juga baca kata digemol itu.. πŸ™‚

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Iyaaa…. bodor ya kosakata ‘digemol’ itu hihihihi πŸ˜›

      Reply
  6. Mala

    ya ampuuun, itu kan cilok.

    Nah looo, cilok apa an ya mbak? hahahaha

    Reply
    1. Orin (Post author)

      kalo cilok aCI dicoLOK Mal, cimol mah digoreng, cilok dikukus, sama tapi tak serupa mereka ya(halah… :P) hihihihi…

      Reply
  7. Nchie

    aku tau donk cimol..
    wah makanan favorit papanya Olive,malah suka bikin sendiri..
    Tapi Oriin aku baru tahu kepanjangannya kalo cimol tuh aci di gemol hehee..lucu nya,orang sunda ampe ga tau nih..

    sukses yah moga menang dan dapet oleh2 nya gaphe tuh..jangan lupa bagi2 yah..hihih..

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Wah? bikinnya gimana Teteeeeh? aku mau belajar. Amiiin, kalo menang aku bagiin putunya hohohoho…

      Reply
  8. mama-nya Kinan

    waduh…ini pasti give away nya mas gaphe yang menawan..:)
    sip sip..si cimol..jadi minder nieh mau ikutan gaphe give away …kreatif kreatif semua …soal yumilah yumiwatinya..hedeh hedeh..
    semoga sukses yah mbak orin dengan cimolnya πŸ™‚
    aku add di blog rool ku yah mbak biar nambah teman bloger..:) salam hangat..

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Hai mama Kinan, terima kasih sudah berkunjung yaa.
      Amiiinn…semoga mas Gaphe suka dengan cimolnya he he he
      Syiiip, saya masukkan juga ke daftar “The Pals” saya ya Ma πŸ˜€

      Reply
  9. kira

    siapa ya yg nulis cimol di wikipedia, hehehe

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Sepertinya pecinta cimol yang buat mas hehehe. Makasih udah mampir ya πŸ™‚

      Reply
  10. wulan

    Huahahha…
    aku juga suka banget sama cimol mbak…
    hihi, baru tau kalo singkatannya aci digemol.. :p
    eh mbak, tukeran link yuk??? πŸ™‚

    Reply
    1. Orin (Post author)

      eh..ada neng manjol. kita buat komunitas pecinta cimol yuks hihihihi. Syiiip…linkmu udh aku tambahin πŸ˜‰

      Reply
  11. Una

    Oalah… tak kira cimol itu kepanjangannya aci di mol-mol (mall), Tapi mana ada di mall jualan aci -,-

    Orin : hahaha..tapi keknya ada deh cimol di emo Na qiqiqiqi

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: