Rindrianie's Blog

Pahlawan Sarung

Sering tidak bermain-main pahlawan-pahlawanan saat kecil dulu? Saya lumayan sering he he. Sarana yang sering dipakai untuk permainan ini adalah sarung!

Biasanya, permainan ini kami lakukan sepulang mengaji. Anak perempuan belajar di rumah salah satu guru mengaji, sementara anak laki-laki belajar mengaji di mesjid. Tapi setelah selesai belajar, kami biasanya bermain dulu sebentar bersama-sama di lapangan di depan mesjid. Hal ini juga tetap berlaku saat Ramadhan tiba, sepulang taraweh, hiruk pikuk lah si lapangan itu oleh teriakan-teriakan kami yang bermain ini itu ke sana kemari hehehe.

Permainan pahlawan sarung, salah satunya adalah dengan mengikatkan 2 ujung sarung di leher. Voila, jadilah kostum Superman bersayap kotak-kotak atau garis-garis atau bunga-bunga hihihihi (anak perempuan kadang memakai sarung bermotif batik bunga-bunga gitu lah). Sarung yang berkibar-kibar saat berlari-larian ke sana kemari memberikan sensasi tersendiri. Bahkan seringkali teman-teman cowok akan naik ke pohon-tembok-kursi untuk kemudian melompat seolah-olah terbang dengan sarung berkibarnya.

Selain Superman, sarung ini biasa kami pakai untuk kostum sebagai Ninja (eh…ninja bukan pahlawan kali ya? hihihi). Sulit saya menjelaskan cara memakainya, pokoknya, hasil akhir akan tampak seperti foto berikut. Foto ini saya ambil saat akan ber-hiking di Dago Pakar beberapa tahun lalu. 2 anak perempuan berkostum ninja ini betul-betul menerbangkan kenangan saya pada masa-masa kecil itu mulai lebay.

Jika dalam foto ini wajah si anak-anak masih terlihat, dulu kami lebih suka menyembunyikannya, jadi betul-betul seperti Ninja yang hanya memperlihatkan kedua mata saja. Nah, seringkali kami bertukar-tukar sarung, lantas kemudian saling menebak siapa yang memakai sarung mana hanya dengan melihat sepasang mata yang tertawa gembira πŸ˜€

Pernahkah sahabat menjadi Pahlawan Sarung? πŸ˜‰


β€œTulisan ini disertakan pada giveaway Berbagi Cerita Tentang Sarung yang diadakan oleh Kaka Akin”.

0 Comments

  1. Lidya

    lebih afdol lagi foto orin pakai sarung kaya gitu dong πŸ™‚

    Orin : hihihihi….isin atuh ah *halah* πŸ˜›

    Reply
  2. Cahya

    Sarung itu langka di kampung halaman saya, adanya malah kain atau kemben :D.

    Orin : begituya Bli? kemarin suami beli sarung bermotif bali di pasar sukowati, khusus para wisatawan kali ya hihihi

    Reply
  3. lozz akbar

    itu mah keahlian saya mbak orin.. jadi ninja yang habisin jambu tetangga sebelah Musholla dulu hahaha

    semoga menang ya.. biar si emas bisa pakai sarung Samarinda baru hahaha

    Orin : Whuahaha…ninjanya bukan pahlawan beneran nih, masa nyolong jambu tetangga πŸ˜›

    Reply
    1. Sofyan

      jambune sopo Uncle hehehe….

      Reply
  4. Tarry

    Haha jd ingat masa kecil saya. Dl jg suka maen ninja2an

    Orin : Toss ah mba hihihi

    Reply
  5. Sofyan

    biasanya yang pakai srung seperti itu bukan pahlawan tapi maling Kak hehe…tapi disini diceritakan Pahlawan Sarung yang di perankan oleh anak kecil yang berwajah polos dan menyamar menjadi Pahlawan ala Ninja hehehe

    Semoga menang ya Kak….

    Orin : Maling bs jadi pahlawan bwt keluarganya ga ya Sof? *ups* hihihi

    Reply
  6. nh18

    Mainan ninja pakai sarung ini memang fenomenal sekali …
    saya rasa hampir seluruh anak-anak jaman dulu …
    laki atau pun perempuan … pernah melakukan permainan ini

    Salam saya Orin

    Semoga sukses di perhelatannya Kakaakin

    Orin : Iya Om, anak2 jaman sekarang masih banyak yg melakukan permainan ga ya? πŸ™

    Reply
  7. Asop

    Saya penasaran gimana sih cara mengatur sarung supaya bisa jadi seperti maling di tipi2? Atau seperti yang ada di foto di atas…?

    Orin : Duh..susah jelasinnya Sop πŸ˜€

    Reply
    1. BangKoor

      wuaa… mas asop mau alih profesi tah? jangan mas… haduwh.. kuliah aja dulu..

      Reply
    2. Arif Riyanto

      Wah parah. masa ga tau mas?

      Reply
  8. BangKoor

    kalo kami dulu pake sarung buat jadi tikus mbak.. hehe..

    Orin : tikus? sepertinya saya jg tahu permainan ini bangKoor πŸ™‚

    Reply
  9. Lyliana Thia

    aku jadi inget sering mainan sarung juga waktu kecil… hihihi… so sweet memories yah…

    semoga menang di acara Kakaakin, Rin πŸ™‚

    Orin : hehehe..samaan kita ya mba, suka main sarung πŸ˜›

    Reply
  10. dmilano

    Saleum
    hehehe…. itu ya si pahlawan sarung, permainan Ninja dimasa anak anak….
    saleum dmilano

    Orin : Ninja termasuk pahlawan bukan ya bang? he he he

    Reply
  11. Agung Rangga

    gak nyangka kalau kak orin juga sering main ninja sarung2an~ :mrgreen:
    *dikira anak laki2 doang*

    Orin : yg di foto jg anak cewek lho Gung hihihi

    Reply
  12. alamendah

    Waktu kecil seringnya pakai sarung sebagai sayap supermen atau ninja.

    Orin : Toss…samaan kita mas Alam πŸ˜‰

    Reply
  13. monda

    pakai sarung hantu ya Rin, yang keliatan cuma matanya doang

    Orin : Oh? namanya hantu2an yah kalo di tempat Bunda? πŸ˜€

    Reply
  14. ysalma

    Pernah dong Rin,
    kalau junior bulan puasa kemaren, sarungnya dilit-lilit jadi cambuk.
    # kontes akin rame nih πŸ™‚

    Reply
  15. Kakaakin

    Hehe…
    *ngacung*
    Aku banget nih. Biasanya waktu aku kecil dulu tiap habis magrib, sambil menunggu isya, aku dan teman-teman bermain ninja-ninjaan di samping masjid πŸ˜€

    Terima kasih telah ‘Berbagi Cerita Tentang Sarung’.
    Sudah kucatat sebagai peserta πŸ™‚

    Orin : Aihh…sama jg disana ternyata ya Ka hihihi..
    Tengkyu bu juri, semoga tercatat jg sebagai pemenang *ups* hahaha

    Reply
  16. muamdisini

    hahaha..ikutan sayembaranya kakaakin juga…
    saya dulu juga begitu, malah dulu suka pake sarung buat main “selepetan”: sarung diikat buat nyabetin orang..
    hehehehe

    Orin : Wahh…sakit dunk mas πŸ™

    Reply
  17. r10

    permainan ninja/superman memang sudah jadi icon sarung πŸ˜€

    masih ada satu lagi, sarung oleh anak2 suka dijadikan ajang permainan saling sabet… kalau yg ini aku ga suka, krn sakit πŸ™

    Orin : Iya R10, sakit saling sabet mah, main ninja/superman aja pdhl ya πŸ™

    Reply
  18. Laman Baca

    wah, jadi inget waktu kecil… tapi dulu sarung buat sholat deh kayaknya, hehe… Nggak maksudnya banyak game kecil tp seru dr “hanya” seekor sarung, dan yg paling inget adalah tikus2an (ada yg tw ga ya?)…
    Kasihan anak jaman skarang yg maenannya katanya canggih2

    Orin : Tikus2an sepertinya saya jg tau mba. Iya ya, mainannya cuanggih n mahal, kalo sarung kan ga seberapa ya hehehe

    Reply
  19. Mechta

    Wah..iya Rin..wkt kecil sering main sarung ninja begitu…hehe… Semoga sukses di giveaway sarung ini ya…

    Orin : Meng-Indonesia ya Auntie mainan ini he he he

    Reply
  20. Andy

    Bikin saya ketawa liat gambarnya soalnya inget sama masih kecil dulu suka main itu,hehee

    Orin : Hampir semuanya ya tahu permainan ini πŸ˜€

    Reply
  21. LJ

    aiiihh.. orin pasti ngintai dua bocah itu pulang belajar ngaji dari musholla.

    sayangnya yg liwat depan rumah emak, anak-anak yg ngaji sore di mda mereka pake seragam. jadi pulangnya masih pd rapih. πŸ˜€

    Orin : hehehe…ini pengintaian pagi2 Mak, entah dr mana mau ke mana dua bocah ini *halah*

    Reply
  22. ita

    aku juga sukaaa mainan gituu πŸ˜€

    Orin : Toss ah mba πŸ˜‰

    Reply
  23. bintangtimur

    Hihihihi…saya juga suka pake sarung model begitu Rin, bahkan kalo mukena ketinggalan, saya suka pake dua sarung buat sholat…ups, boleh nggak ya!
    Kenangannya ok, tulisannya juga ok, waaaaah, menang nih… πŸ˜€

    Orin : Eh…kreatif bgt tuh Bu Ir, pake mukena sarung, blm pernah coba hihihi

    Reply
  24. kova

    dulu masa kecil saya juga seperti itu, tp suasana yg bgtu sudah tidak saya liat lagi skrg

    Orin : Sepertinya skrg2 ini memang udh jarang sekali permainan ini terlihat ya.. πŸ™

    Reply
  25. omman

    Hahahaha … nostalgia sungguh … jadi ingat masa kecil yg juga pernah main2an mirip itu … πŸ˜›

    Orin : Samaan dunk kita πŸ˜‰

    Reply
  26. Dato

    Kepada siapakah saya mohon izin untuk menggunakan foto ini di blog saya?.

    Reply
    1. Orin (Post author)

      digunakan untuk apa ya? Silahkan saja asal mencantumkan sumbernya, bahwa foto tersebut diambil dari blog saya ini. terima kasih

      Reply
  27. Dato

    Foto tsb akan saya gunakan sebagai salah satu ilustrasi penggunaan sarung. Tapi terus terang, blognya baru/sedang dibuat. Terima kasih.

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: