Rindrianie's Blog

PIB, CIF, EDI, L/C what else?

Kamis, 26 Agustus 2010

Pagi tadi saya pergi ke Epicentrum Walk untuk mengikuti workshop Export-Import Terpadu disana. Workshop dimulai pukul 10, istirahat sholat dzuhur, dilanjutkan lagi, istirahat sholat ashar, dilanjutkan lagi, dan berakhir pukul 17.40 tadi. Dan hingga detik ini, 20.24, masih terpekur di kantor yang mulai sunyi mengerjakan berbagai tugas yang tertunda tadi siang.

Salah satu job-desk saya dikantor adalah mengurusi semua hal dan segala sesuatu yang berkaitan dengan Export-Import. Lebih dari 5 tahun ini lho, tanpa ilmu apapun selain intruksi atasan, pengalaman senior sebelum saya, dan informasi dari forwarder.  Seorang lulusan Bahasa Jepang seperti saya, berhadapan dengan berbagai peraturan perdagangan internasional dan rumitnya berurusan dengan bea cukai saat customs clearence, dan sebagainya dan sebagainya.  Walaupun saya hanya memantau dan tidak mengerjakannya sendiri -karena semuanya diserahkan ke forwarder- tetap saja cukup membuat panik dan pusing kepala.

Dan, setelah lebih dari 5 tahun berkutat dalam kebingungan demikian, akhirnya saya diberi kesempatan untuk mengikuti workshop ini. 3 hari berturut-turut dari jam 10 pagi hingga 6 sore !!  Baru hari pertama, penuh lah kepala saya dengan istilah-istilah -yang sebetulnya familiar- yang tidak saya mengerti dengan jelas definisi maupun kasus yang meng-attach dari istilah-istilah tersebut. Selama ini semua yang saya tahu hanya permukaannya, samar, abstrak.

Saya menggerutu dalam hati, kenapa tidak sejak dulu saya diikutkan training seperti ini? Bukankah hal tersebut juga akan membantu dan memperkaya sebagai karyawan yang bisa berkontribusi lebih banyak untuk perusahaan? Ahh…rasanya tidak perlu kesal, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali bukan?

Besok akan lebih banyak lagi ilmu yang akan saya terima soal Ex-Im ini. Alhamdulillah… semoga saya diizinkan untuk  bisa mempelajarinya. Amiiinnn….

Leave a Reply

%d bloggers like this: