Rindrianie's Blog

Populasi dan Bumi

Istirahat siang tadi, yang menjadi perbincangan saat makan siang adalah berita lahirnya bayi ke-7 milyar di Manila itu.Β  Tak lama kemudian seorang teman mengirimkan sebuah situs dimana kita bisa tahu orang ke berapakah kita di bumi tercinta ini.

Ternyata saya manusia ke 4.594.886.086 takjub

Entah bagaimana cara penghitungannya, tidak bisa terpikirkan oleh otak saya yang sederhana ini. Tapi entah kenapa saya yakin, aktualnya jumlah manusia di bumi yang renta ini jauh lebih banyak dari deretan angka yang tertera di situs tersebut.

Gambar di atas adalah printscreen yang saya ambil tadi siang (sekitar pukul 1), dan saat saya menulis postingan ini (kurang lebih pukul 7 malam) angka populasi itu telah bertambah lebih dari 52.000 jiwa !! Uhuk.

Populasinya terus dan akan semakin bertambah dari detik ke detik, tetapi bumi tempat kita menumpang hidup ini tetap se-demikian, bahkan merenta, terlebih karena perilaku-perilaku yang merusak-mengotori-menyakiti. Duh kasihan sekali bumiku πŸ™

Mungkin ini hanyalah pemikiran galau seorang saya yang gelisah belum juga bisa pulang ‘selarut’ ini, tapi tetap saja tidak ada salahnya jika saya berpikir sedikit naturalis (istilah ngaco, buatan saya sendiri ini mah hehe), bukan? Dan mengingatkan diri saya sendiri untuk lebih bertanggung jawab menjaga bumi, agar setiap jiwa-jiwa yang lahir kemudian itu pun, bisa hidup damai di bumi yang baik-baik saja seperti yang saya rasakan selama ini.

(Walaupun sebetulnya kata ‘baik-baik’ saja itu pun tidak bisa dikatakan baik-baik saja..)

Semoga ya.

0 Comments

  1. fanny

    makin banyak manusia, makin banyak polusi ya. harus bisa jaga lingkungan nih

    Orin : Iya mba Fan, harus dijaga lebih baik lg bumi kita stau2nya ini

    Reply
  2. LJ

    mudah2an eMak dapat angka cantik.. πŸ˜€

    mari jaga bumi ini.. tempat berpijak yang kita pinjam dari anak cucu kita.

    Orin : jdi berapa nih Mak angkanya? cantik ga? πŸ˜€

    Wuiiih…tempat berpijak yg kita pinjam dari anak cucu kita, betul bgt ya Mak..

    Reply
  3. Evan

    penasaran, aku orang ke berapa juta ya teh??

    Orin : SOk atuh cobain Van

    Reply
  4. Puji

    Setuju teh mari kita jaga bumi kita ini dengan sebaik-baiknya.
    Bumi semakin renta, penduduk semakin banyak.

    Orin : Bteul sekali mas…harus sering2 teawalk sepertinya ya #eh? πŸ˜€

    Reply
  5. usagi

    The orin aja ke 4 M,, aku ke berapa ya
    Besok ikutan ah

    Orin : Udah masuk 5 M kyknya Putri mah

    Reply
  6. rina s

    semoga Rin…anak-anak kita pun kelak baik-baik saja dengan makin padatnya bumi πŸ™‚

    Orin : Aamiin…semoga ya Rin πŸ˜‰

    Reply
  7. yuniarinukti

    Jadi posting ini mau curhat critanya hihi..
    Ah 7 Miliar, gimana ngitungnya ya, pegang duit 7 juta aja bisa dihitung jari apalagi 7 Miliar??

    Orin : hahaha…curcol mba Yun πŸ˜›
    Ga usah diitung pake jari mba, pusying hihihi

    Reply
  8. HALAMAN PUTIH

    Semakin dunia dipenuhi oelh manusia, makin rusaklah lingkungan jika manusia2 yang ada itu lebih banyak yang mementingkan keuntungan pribadinya

    Orin : Mudah2an lebih banyak yg mencintai lingkungan drpd yg merusak ya mas..

    Reply
  9. alamendah

    Semakin banyak mausia semoga semakin banyak yang sadar betapa pentingnya kelestarian bumi ini bagi manusia.

    Orin : Semoga begitu ya mas Alam, dimulai dari diri kita sendiri

    Reply
  10. kettyhusnia

    setuju,..mari belajar untuk tidak egois dan memikirkan untuk peduli dengan sesuatu..”BUMI”..:)
    kira2..bagaimana caranya teh??

    Orin : Iya mba, harus lebih peduli terhadap bumi. Caranya banyak kok mba, hemat listrik dan air, tidak banyak menggunakan plastik, menanam pohon, lebih lengkapnya bisa berkunjung ke mas alamendah hehehe…

    Reply
  11. Sofyan

    saya kiraΒ² yang keberapa ya Kak,,semakin sesak saja BUMI ini ya Kak..

    Orin : Betul Sof, makanya harus selalu dijaga bumi ini ya πŸ˜‰

    Reply
  12. asudomo

    wah, luar biasa ya, sudah saatnya kita memikirkan bumi kita

    Orin : Harus sesegera mungkin πŸ˜‰

    Reply
  13. Cahya

    Wah, saya ternyata orang yang ke-4,862,841,757 :D.

    Orin : Cahya msh kecil berarti hihihihi

    Reply
  14. Arman

    kayaknya gak akurat itu ya. karena cuma masukin tanggal. padahal dalam tanggal yang sama pasti banyak banget yang lahir kan. harusnya diliat dari jam lahir juga dong ya… πŸ˜€

    Orin : hihihi..iya mas…aku pikir jg gitu, makanya pgn nyari yg bener tgl lahirnya sama nih, kira2 dia sama ga nomornya sm aku πŸ˜›

    Reply
  15. sheno monkey

    dengan populasi sebanyak itu, kalau semua orangnya peka dan sadar dalam hal menjaga bumi pasti saat ini bumi sangat indah sekali.

    Orin : Iya Shen, yuk kit amulai dari kita sendiri πŸ˜‰

    Reply
  16. Yunda Hamasah

    Itungannya bikin deg-degan, pake tekhnik apa ya kira2 πŸ˜‰

    *Selarut? emang jam berapa Rin, hehe…

    Orin : huwaaa…ga kepikiran Ummi pake teknik apa πŸ˜€
    hihihi…selarut jam 7 malem #_#

    Reply
  17. ita

    ngeri ya kalo bayangin bumi yang makin renta T_T

    semoga kita makin sadar untuk memeliharanya. biar bumi sehat terus sampe anak cucu kita. amieeennn

    Orin : Aamiin…semoga bumi sehat selalu ya mba Ita…

    Reply
  18. Dhenok Habibie

    walaaaaaaahh, ntar kalo kita punya anak, anak kita dapet nomor urut berapa yaa mbak?? mbak aja, udah urutan ke 4 milyar gitu (bener kan milyar?? hehe).. *galau juga* >,<

    Orin : Itu dia Dhe, ketar ketir ya..

    Reply
  19. ~Amela~

    iya, dan angka kelahiran mulai tidak seimbangh dengan angka kematian..
    Untung aja ya, jenazah manusia itu bisa terurai, kalau ngga gimana penuhnya ya bumi ni..

    Orin : Hadeeuuuh…kebayang hiruk pikuknya Mel kalo ga terurai..

    Reply
  20. titi esti

    3.966.554.532
    itu nomorku Oriiin..
    kayaknya ngitungnya pake asumsi yah, setiap detik lahir berapa orang.. habis jalan terus sih.. kayak jam digital *kok kepikiran bikinnya yah

    Orin : Wahhh…nomor cantik ga tuh? he he..
    Iya Teh, aku jg ga kepikiran tuh bikinnya kek gimana, dan angka yg terus bertambah di sebelah kanan itu aseli bikin ketar ketir #_#

    Reply
  21. della

    Wah, padahal aku baru aja mo nambah anak, hehehe..
    Nyempit-nyempitin bumi nggak ya? :>

    Orin : Gpp atuh Bubil, sok tambahin yg banyak he he

    Reply
  22. Puteriamirillis

    aku ke berapa ya teh?
    nambahnya cepet banget ya,
    tapi yakin aja teh bumi masih banyak tempat yg belum terjamah kok
    tapi masalahnya ga ada yg mau ninggal di tempat yg pelosok termasuk diriku. dan kita seperti pemain sepak bola indonesia yg sukanya berkumpul di satu tempat. hiks…:(

    Orin : Iya sih Pu msh banyak yg blm terjamah, tapi tetep kita hrs jaga bumi tetap sehat ya πŸ™‚

    Reply
  23. Asop

    Eh eh gimana cara ngitungnya sih?
    Kok bisa tahu kalo si bayi adalah penduduk yang ke sekian?
    Gimana dengan kelahiran yang tak tercatat pemerintah alias tanpa akte kelahiran? πŸ™

    Orin : Walaaaah, ga mudeng Sop caranya mah he he. Itu dia, aktualnya pasti lebih banyak dari angka2 yg tertera di situs

    Reply
  24. nurlailazahra

    untung kita gak disuruh bayar ya teh utk bs tinggal di bumi πŸ˜€

    Orin : Kalo disuruh bayar bs ngutang mulu ya Sarah, ga terbayar… πŸ™

    Reply
  25. Mabruri Sirampog

    harus menambah keyakinan bahwa kiamat emang pasti akan terjadi, lah dari hasil ini kan bisa kita ketahui, populasi makin membengkak sedangkan tempat penampungannya malah yang membengkak kerusakannya.. πŸ˜€

    saya jg ga bisa ngebayangin, tu orang gimana cara ngitungnya ya, kok bsa si ini termasuk bayi yang ke sekian.. πŸ˜€

    Orin : Itu dia Mab, yg kepikiran saat berkunjung ke situs adalah kiamat, krn somehow pasti ga balance lg antara populasi dan bumi..

    Reply
  26. bundadontworry

    kayaknya angka bunda gak jauh beda dgn Orin deh
    ( gak mungkiiiiiiinnn………….disambit massa) hahahaha….. πŸ˜€ πŸ˜€

    yuk, jaga bumi ini yg kita pinjam dari anak cucu sendiri
    salam

    Orin : beda tipis doang ya Bun? hihihihi…

    Mariii…semoga bumi sehat2 saja hingga anak cucu nanti

    Reply
  27. catatan kecilku

    Aku jadi ikutan penasaran… aku ini manusia ke berapa ya?

    Orin : Monggo dicoba mba ^^

    Reply
  28. the others...

    Ternyata yg diinput hanya tanggal lahir ya? Kalau begitu siapa saja yg punya tanggal lahir (tgl, bulan dan tahun) yang sama… punya “no urut” yang sama dong ya?

    Orin : Itu dia mba Ren, makanya saya pikir aktualnya pasti jauh lebih banyak dari yg tertulis di sana kan ya? πŸ™

    Reply
  29. IbuDini

    Orang bilang setiap harinya ada aja ibu2 melahirkan…bener Rin, semakin bertambah tetapi bumi yang kita injak tetap adanya malah menyusut.

    Semoga kelak anak cucu kita masih bisa menikmati bumi ini dengan selamat dan tidak adanya polusi

    Orin : Bahkan setiap detik ada bbrp bayi yg lahir ya Bu.. Aamiin, semoga bumi tetap sehat hingga anak cucu kita kelak..

    Reply
  30. susisetya

    mudah-mudahan anak saya kelak masih bisa menikmati indahnya bumi dan damainya dunia… :)…

    Orin : Aamiin…semoga begitu ya mba Susi^^

    Reply
  31. Pardicukup

    ini pakai rumus perkiraan atau kira-kira.
    bagaimana mungkin sampai segitu detailnya…??

    ya apapun dan bagaimanapun cara menghitungnya, salut deh yang bikin.
    kelahiran lebih banyak daripada kematian?
    hmmm, kayaknya harus ada pengurangan juga nih. maksud saya bikin jumlah populasi yang mati. hehe

    Orin : Ga mudeng rumusnya gimana mas he he. Sok atuh buat situ populasi kematian πŸ˜€

    Reply
  32. bintangtimur

    Smoga yah…smoga kita bisa mewariskan bumi yang baik-baik saja pada generasi mendatang…
    Oriiiin, intipin dong, saya ada di nomor urut berapa sebagai penghuni bumi πŸ˜›

    Orin : Aamiin…
    Boleeeh, sini Orin intipin Bu hihihi

    Reply
  33. irfan handi

    Mari jadikan lingkungan selalu sehat dan lestari.
    Mari mulai dari diri sendiri. πŸ™‚

    Orin : Mariii πŸ˜‰

    Reply
  34. lozz akbar

    lakukan hal kecil tapi nyata teh Orin untuk bumi kita tercinta πŸ˜‰

    Orin : Siap uncle πŸ˜‰

    Reply
  35. melly

    aku lagi ngebayangin angka terakhir yg berjalan itu adalah angka kelahiran manusia di bumi ini.
    gilee cepet bgt yah…
    perdetik bo πŸ˜€

    Orin : Iya Mel, bahkan mgkn tiap detik itu ada 3-5 jiwa yg baru lahir kan? πŸ™‚

    Reply
  36. genksukasuka

    wuohhhwww menakjubkan.

    Orin : Percepatannya memang menakjubkan ya..

    Reply
  37. Ila Rizky Nidiana

    aq dapat angka brapa ya? πŸ˜€ cobain ahh.. hehe

    klo kelahiran semakin meningkat, tp selalu ada keseimbangan, mba. yaitu kematian. πŸ™‚

    Orin : Iya Ky, makanya bumi msh bisa bertahan hingga detik ini ya πŸ™‚

    Reply
  38. dihas

    saya nomor 5.309.040.188
    itu validkah mbak…??

    Orin : Wahh..kurang tau jg valid atw ngga-nya mah πŸ˜€

    Reply
  39. Lyliana Thia

    nggak jauh beda nih Rin.. aku manusia ke…
    4.515.048.742

    tapi ngebayangin berapa banyak yang lahir sama dgn tanggal aku lahir,..

    wah wah…

    Orin : Iya mba…pasti aktualnya buanyak bgt kan ya..

    Reply
  40. Necky

    kalau semua orang di dunia berpikir seperti orin….ga bakalan ada yg mau buang sampah sembarangan, ga mau tebang pohon sembarangan, dll tapi justru kebanyakan orang2 hanya butuh perutnya terisi untuk hari ini. Kalau udh begini siapa yg harus kita salahkan??

    Orin : Hmmm..kalo main salah2an ga ad ujungnya ya mas. Mulai dari diri sendiri aj kyknya ya, lebih bertanggung jawab thd lingkungan. Semangaats πŸ˜‰

    Reply
  41. Una

    Selisih 900 juta sama aku :))
    Tapi itu ga pasti kan ya~ hehehe.

    Orin : Iya Na, kyknya ga valid lah yaa…secara yg lahir di tgl yg sama kan pasti banyak jg πŸ˜›

    Reply
  42. nanairo namida

    ada program pemusnahan manusia masal untuk mengurangi populasi manusia

    Orin : hmm…program pemusnahan masal? para koruptor yg dihukum mati termasuk ke program itu ga ya? πŸ˜€

    Reply
  43. bensdoing

    populasi smakin tinggi….sementara itu manusia membuat kerusakan alam dimana-mana lewat cara konvensional maupun yg super canggih…intinya, mari kt semakin mendekatkan diri kt kepada-Nya krn pd dasarnya kt sudah diakhir dunia πŸ™

    Orin : Betul, mengingatkan kita untuk selalu mendekatkan diri padaNya ya..

    Reply
  44. Mama Rani

    wohooo..ngecek ke tkp juga ahhh ^_^
    saya 5,372,180,223.
    rani 6,960,577,980
    papanya rani 4,905,529,575

    hihihi..apasih mama rani ini ;D

    Orin : hahahaha….hayo siapa lg yg mau dihitung sm mama rani? πŸ˜€

    Reply
  45. baju wanita

    mari kita sama2 jaga dan rawat bumi ini…salam kenal…thanx

    Orin : Mariiii^^

    Reply
  46. ais ariani

    healah.. ada toh situsnya. kemaren temenku pasang status kalau dia penduduk bumi yang kesekian, aku pikir udah ada KTP internasional
    *mulai ngarangnya
    haahahahahha….

    Orin : KTP internasional…tsaaahhh meni gaya pisan nya Is? qiqiqiqi

    Reply
  47. ysalma

    Sayangi bumi yang sudah dipinjamkan terlebih dahulu kepada kita ya neng, Sip.

    Orin : Sepakat Mak πŸ˜‰

    Reply
  48. bensdoing

    komen kedua sya…apa ya.. πŸ˜€
    nitip ini aja dech http://bensdoing.wordpress.com/2011/11/03/pr-blogger-sekolah-dasar/

    Orin : Titipan diterimaa πŸ˜€

    Reply
  49. adini

    Orin mau mb bantuin kasih jawaban gak, kali aja mb punya bener hehehhe….

    Orin : Mauuu…eh tapi kalo ketauan mba Fanny gmn mba? hihihi

    Reply
  50. attayaya-bono

    bumi semakin padat dengan manusia
    lingkungan hutan dan alam semakin terdesak
    flora fauna makin susah ditemukan
    hmmm……

    Orin : Semoga kita bisa mempertanggungjawabkan status kita sbg khalifah di bumi ini ya bang πŸ˜€

    Reply
  51. Elsa

    aku juga gak habis pikir
    gimana cara ngitungnya
    pake rumus apa ya….

    Orin : Rumus kira2 kyknya ya qiqiqiqi

    Reply
  52. Baby Dija

    kira kira Dija yang ke berapa milyar yaaa…

    Orin : Hmm…Dija cantik sptnya udah masuk di urutan ke 6 M πŸ˜€

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: