Rindrianie's Blog

Prompt #13 : Si Lelaki Tua

original

Akhirnya aku bisa kembali lagi ke sini. Ke Β warung si lelaki tua yang entah kenapa selalu aku rindukan. Aku tak bisa menghitung waktu, tapi aku tahu siang dan malam telah berganti berkali-kali, sang waktu telah berlarian meninggalkan jejak yang lebih terbaca di wajah rentanya.Β Kini, lebih banyak kerutan di sana. Kerutan di dahinya, di ujung-ujung matanya, di sudut bibirnya, di pipinya, bahkan di lipatan telinganya. Lelaki tua itu semakin keriput berkerut-kerut. Belum lagi rambutnya yang semakin memutih, sungguh berbeda dibandingkan saat terakhir kali aku melihatnya.

Aku selalu terpesona pada kisah si lelaki tua, mungkin itulah kenapa aku selalu merinduinya, merindu untuk berada di sini, berharap kali ini pun aku bisa menyaksikan kisah yang sedang menyapanya.

Aku ingat kisah saat dia terluka. Istrinya pergi begitu saja, dia menghilang saat fajar tiba, tak ada yang tahu kenapa atau bagaimana dia tak ada. Perempuan separuh nyawa si lelaki tua seolah menguap mengasap, tersembunyi tertelan terkubur di dalam perut bumi, tak pernah bisa dicari. Si lelaki tua hanya mampu menangis tanpa air mata, hingga berhari-hari, hingga kedatanganku berikutnya, hingga detik ini, kepedihan itu masih terlukis dalam tatapan matanya yang seperti tak lagi hidup.

Aku ingat kisah saat dia murka. Anak lelakinya ditangkap aparat saat gelap masih menggulita. Konon karena dia terbukti menjual sesuatu yang berbau seperti mesiu. Si lelaki tua murka karena merasa telah gagal menjadi orang tua, dan meyakini tak ada yang menunggunya kelak selain neraka. Maka dia mulai merapal doa mendaras taubat, berharap Tuhan sudi memberinya ampun.

Aku ingat kisah saat dia…

“Pak, ada es batu?” Seorang lelaki muda kurus berkacamata menyapa si lelaki tua, menghentikan memoriku akan kisah berikutnya.

“Ada, silahkan dik.” Si lelaki tua menyerahkan gelas berisi es batu pada si lelaki muda kurus berkacamata. Lantas si lelaki muda meraihku, menuangkan isinya dan mengembalikan diriku yang telah kosong pada si lelaki tua.

Sekali lagi, aku berada dalam genggaman tangan keriput berkerut-kerut milik si lelaki tua, membuat diriku bungah walau sekejap. Selanjutnya dia menaruhku bersama botol kosong-botol kosong lainnya dengan hati-hati. Ah, tak lama lagi aku akan meninggalkannya, padahal aku baru saja datang, padahal belum ada kisah lain yang bisa aku saksikan. Tapi sudahlah, karena aku yakin, suatu saat nanti, entah kapan, aku akan bisa kembali padanya. Semoga.

Note : 367 kata

  • Ditulis khusus untuk MFF πŸ˜‰

0 Comments

  1. latree

    ealah, si botol πŸ˜€
    ___
    hihihihi

    Reply
  2. latree

    eh, ternyata bagus juga lho, kamu nulis yang tanpa percakapan gini πŸ˜‰
    ___
    hehehehe…tengkyu mbakyu^^

    Reply
  3. RedCarra

    hasyah… hey kamu, sini kuelus-elus. Siapa tau ada jin keluar daripadamu!

    πŸ˜†
    ___
    “hey kamuh, aku ini botol, bukan kendi!” *qiqiqiqi*

    Reply
  4. sri sugiarti

    keren πŸ˜€
    ___
    tengkyuuuu

    Reply
  5. bunda kanaya

    daleeem ya mba orin ceritanya…. *bukan sumur tapinya
    ___
    iya mba Rin, cuma botol bukan sumur kok *halah*

    Reply
  6. Mel

    Botolnya melankolis banget hahahaha… Keren.
    ___
    qiqiqiqi…sekali2 lah mba Mel dia dibiarkan melow begituh πŸ˜›

    Reply
  7. jatijowo

    Pak tua sudahlah,,, ( ELpamas )
    ___
    err….itu lirik lagu yah? *ga mudeng* πŸ™‚

    Reply
    1. jatijowo

      Yups,, lagunya dulu sangat terkenal apalagi pada saat Demo mahasiswa tahun 1998..
      ___
      Owh I see… kuper nih -_-

      Reply
  8. ~Amela~

    teteh.. cakep banget ceritanya.. bener2 bikin trenyuh dan ga nyangka kalau ‘aku’ adalah botol minuman
    ___
    he he…tengkyu ya Mel^^

    Reply
  9. Rini Uzegan

    hualah.. lagi pada ngetrend ini kayaknya yah, pemeran utamanya bukan manusia, ada kucing, anjing, sepatu, sampah.. dll.. hihihi

    tambah kreatif aja kyknya inih.. ^_^
    ___
    hehehe…biar ga bosen aja Rin πŸ˜€

    Reply
  10. saidah

    Itu botol teh atau botol minuman softdrink ya Teh *dibahas* hihihi πŸ˜€
    ___
    di kepalaku sih si botol softdrink warna ijo Dang *ups* hahahaha

    Reply
  11. maminx

    oh jadi aku itu botol ya. foto nya keren teh. klo lelaki tua gitu jadi inget lagunya “ebiet g ade” titip rindu buat ayah . “Kau nampak tua dan lelah, keringat mengucur deras namun kau tetap tabah hm…Meski nafasmu kadang tersengal memikul beban yang makin sarat kau tetap bertahan”
    ___
    Wahhh…jadi kepengen dengerin Ebiet nih Minx πŸ˜€

    Reply
  12. Ika Koentjoro

    Aku tuh gelas ya mbak. Harus baca 2x baru paham πŸ™‚
    ___
    si aku ini botol mba Ika hehehe

    Reply
  13. BlogS of Hariyanto

    botol, selalu dibutuhkan isinya, dan bila kosong selalu dibutuhkan untuk diisi lagi….nice story πŸ™‚
    ___
    heuheu…tengkyu Bli^^

    Reply
  14. fatwaningrum

    keren! bener2 pas sama si gambar πŸ™‚
    ___
    Tengkyu mba Na πŸ˜‰

    Reply
  15. LJ

    baru kali ini eMak nemu botol yang bisa bercerita demikian indah..

    semakin kreatif, semakin berisi.. keren, orin..!
    ___
    yahh…namapun cerita geje Mak, jadi botol jg bisa bercerita qiqiqiqi

    Reply
  16. De

    Isi boleh tumpah dimana-mana, yg penting botolnya pulang ke rumah. Hehehe
    ___
    keknya pernah denger istilah itu, dimana yaa *mengingat-ingat*

    Reply
  17. rina susanti

    gak nyangka si aku botol…keren rin..:)
    ___
    he he…tengkyu Rin πŸ™‚

    Reply
  18. ronal

    wah kratif Orin..
    awalnya aku kira AKU itu salah satu pengunjung hehe
    taunya ….
    ___
    hihihi…tengkyu ya Ronal πŸ™‚

    Reply
  19. nyonyasepatu

    Kerennn orin
    ___
    Tengkyu Non^^

    Reply
  20. junioranger

    Loh aku kok blm komen?hehe. td siang udah baca padahal. Botol observer πŸ™‚
    ___
    hahahaha…iya ya botol observer πŸ˜›

    Reply
  21. Wong Cilik

    gaya berceritanya lain dari biasanya …
    tapi kerennya tetap seperti biasanya … top …
    ___
    aih Wong, eike jd terbang *plaaak* qiqiqiqi

    Reply
  22. dani

    Sedih dan nangis gw Rin. Kuat banget ceritanya.
    ___
    pukpuk Dani* hehehehe

    Reply
  23. della

    Pertama kalinya gue salah nebak ending, asiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiikkkk..
    Keren, keren πŸ˜€
    ___
    hoh? keren lo Del baru salah nebak πŸ˜›

    Reply
  24. Bibi Titi Teliti

    Oriiiin..
    itu botol nya sangat memiliki pemikiran mendalam…
    lebih matang dan dewasa dibandingkan diriku inih…hihihi…
    ___
    dibanding dirikuh pun begitu sepertinya Biiii qiqiqiqi

    Reply
  25. liannyhendrawati

    Sip, aku suka gaya cerita ini ..
    ___
    tengkyuuuu^^

    Reply
  26. hana

    ealahhh saya pikir gelas duh maaf ya, tapi kerenn sekali
    ___
    eh…gpp mbak, berarti saya msh belum jelas memberikan clue-nya πŸ™‚

    Reply
  27. prih

    Di tangan Orin, botolpun mampu bercerita sarat makna. Makin keren nih
    ___
    aih…matur nuwun apresiasinya bu Prih^^

    Reply
  28. Diah Kusumastuti

    “Aku dan teman-temanku sedang ditatap mesra oleh si lelaki tua.” *komenin foto*
    keren, Mbak Orin πŸ™‚
    ___
    Heuheuheu…pas melototin foto yg kepikiran malah botol mba *nyengir* πŸ™‚

    Reply
  29. riga

    bagus nih… ceritanya to the point…personifikasinya pas. good job, Orin.. πŸ™‚
    ___
    tengkyu bang πŸ˜‰

    Reply
  30. Elsa

    kereeeen fotonya
    pop colornya sip banget
    fokusnya apalagi!!!

    Reply
  31. yusrizal

    Andai Bulan Bisa Ngomong, kata Doel Soembang.
    Andai Botol Bisa Ngomong, kata Mbak Rin :mrgreen:

    Reply
  32. veeashardi

    Ya ampun… ternyata si botol toh __ __” , padahal udah seriuusss banget aku bacanya. hehehehe

    Reply
  33. puteriamirillis

    eyaaaa…hehe…
    botol ternyatah, aku berguru nih…kisahmu sll unik

    Reply
  34. Novia Wahyudi

    suka banget…

    tak pikir “aku” itu lelaki tua,,nyatanya mbotol…hehe…

    Unik ^^

    Reply
  35. myra anastasia

    ya ampuuuunn selalu dr sudut pandangyg gak terduga hihiih

    Reply
  36. Imelda

    botol emangnya mau pergi ke mana?

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: