Rindrianie's Blog

Puasa = Sabar (?)

(Seharusnya) sebuah aktifitas mulia bernama puasa menjadikan para pelakunya untuk lebih bersabar. Bukankah secara etimologi artinya memang “menahan”? Tidak saja menahan diri dari serbuan lapar dan terpaan dahaga, tapi (seharusnya) juga menahan dari godaan emosi-emosi negatif.

Tapi aktualnya tidak demikian. Setidaknya begitu yang saya alami kemarin. Begini ceritanya.

Jam kerja di kantor saya tidak berubah sama sekali selama bulan puasa ini. Tetap masuk jam 8 dan masih pulang jam 5. Tapi saya sudah bertekad halah ingin memasak makanan untuk berbuka, walaupun apapun. Tapi ya begitu itu, secepat apapun saya mengerjakan ini itu, adaaaaa saja yang menghambat saya untuk bisa pulang tenggo. Alhasil baru keluar gerbang kantor setengah 6an.

Jalanan Cakung cukup sepi, saya bergembira. Mungkin karena kantor-kantor lain pulang lebih cepat jadi sudah tidak macet ya. Tapi kegembiraan itu tidak berlangsung lama, karena saat si Kupi memasuki jalan raya Pulogadung-Bekasi itu, yaoloooh, macet pisan sodara-sodara.

Dan, “puasa tidak selamanya identik dengan kesabaran” itu terbukti di sana, karena sepertinya para pengguna jalan yang (mungkin) berkeinginan untuk berbuka puasa bersama-sama keluarga di rumah itu sudah lupa bagaimana harus bersabar menghadapi kemacetan ibukota (yang sebetulnya terjadi hampir setiap hari) ini. Klakson dibunyikan bertubi-tubi memekakkan telinga, salip menyalip yang ‘maksa’ merajalela, dan bahkan tabrakan kecil yang disengajaΒ  membabi buta. Astagfirulloh… Padahal puasa baru saja dimulai πŸ™

Well, pembelajaran untuk saya pribadi, untuk memaknai kembali hakikat puasa, yang bukan sekedar menahan diri untuk tidak makan/minum, tetapi juga untuk lebih bersabar tidak marah-bete-kesal berlebihan Kalo dikit-dikit boleh lah yaa hihihi…

Semangat Pals πŸ˜‰

0 Comments

  1. Pendar Bintang

    Jam kerja Hani juga tetep Mbak…tapi anak-anak yang lain mah minta datang jam setengah 8 (Hani mah ogah..) tiap hari gitu aku datang lebih awal trus sekarang hrs lebih awal lagi….mikir-mikir dah….

    Puasa itu harus sabar :mrgreen:

    Orin : hehehe…tetap semangat ya Han πŸ˜‰

    Reply
  2. nia/mama ina

    wahhhh mrk udah pada ngiler sm kolak kale heheheh……

    tapi emang yachh….klo lihat macet suka sebell….jd mrk pikir pulangnya dicepetin bisa sampe rumah cepet juga… semua orang pikirannya sama… trnyata jalanannya macett…yah pada ngamuklah…krna ngga tau mau marah sm siapa, jd bunyiin klakson untuk menghilangkan rasa kesalllll

    Orin : Hadeeeuuh….jadi bikin bad mood itu mba, mau diklakson segimana jg kalo ga bs gerak ya ga bs ngapa2in bukan? berisiknya iya >_<

    Reply
  3. kira

    moga puasa kita diterima oleh Allah,

    met berpuasa… πŸ™‚

    Orin : Aamiin.. Met berpuasa jg mas ^^

    Reply
  4. Lyliana Thia

    Cobaan hidup orang yang tinggal di Jakarta… Eeexxxtrraaa sabaaar… πŸ˜€

    kayaknya iklan di bulan puasa itu kebanyakan iklan utk sabar di jalan raya deh… ya gak πŸ˜€

    Orin : Heuheu…Semoga kita termasuk ke golongan orang2 yg bersabar ya mba ^^ Aamiin..

    Reply
  5. Mabruri Sirampog

    sabar bun sabaaarr,,,
    bner2 godaan kesabarannya besar banget yah tinggal di kota… hhihihih

    Orin : hayo tinggal di sini Mab biar lebih sabar he he

    Reply
  6. Bibi Titi Teliti

    Oriiiiin…
    malu ama Orin yang niat masak buat buka puasa walopun pulang kerja….hihihi…

    Aku masih sibuk nyari tukang masakan nih Riiiin πŸ™‚

    Orin : Bibi justru bageuuur, ngasih rezeki buat tukang masakan, iya kan..iya kan? he he he

    Reply
    1. hilsya

      idem ama Erry ah.. ga enak liat warung makanan pada ngejejer di depan komplek..hehehe

      Orin : haiyyaaah…pdhl mah hoream masak nya? :p

      Reply
  7. Agung Rangga

    kak orin, apa kabaaar~ πŸ˜€

    semangat ya puasanya, dan memang, kesabaran itu adalah hal yang sangat sulit~ 😳

    Orin : Hai Dek, kemana aja kamu? sehat kan?
    Semangat jg yaa, dan harus belajar bersabar! πŸ˜‰

    Reply
  8. Kakaakin

    Gak cuma di Jakarta lah, di kotaku juga seringkali macet pas jam2 mau buka puasa. Semua orang pengen buru-buru pulang.
    Semangat ya, Rin. Semoga tetep bisa memasak makanan untuk berbuka πŸ™‚

    Orin : Iya ya Ka, dimana2 keknya sama aja sih. Masak sih masih bisa, walopun sedikit panik bin rusuh coz buru2 ‘dikejar’ taraweh hehehe

    Reply
  9. alamendah

    Yup, godaan untuk marah terasa makin besar di bulan ini, Mbak. Semoga kita senantiasa diberi kesabaran sehingga puasa yang kita lakukan tidak hnaya mendapatkan lapar dan dahaga belaka

    Orin : Aamiin…semoga lebih sabar ya mas ^^

    Reply
  10. niQue

    sabar sabar sabar
    andai saja ngomongnya sama gampang dengan prakteknya huhuhuhu

    Orin : heuheu…iya Kak, aplikasinya sulit ya πŸ˜€

    Reply
  11. HALAMAN PUTIH

    puasa tak hanya menahan diri dari makan dan minum saja, tapi juga menahan emosi seperti kejadian tersebut di atas

    Orin : Betul mas, sepertinya banyak yg belum bisa berpuasa emosi negatif πŸ™

    Reply
  12. dede6699

    heheee…betul pisan…uhh td pas maen ke wrnet..ko ada yg mau mkan mie yah…hadduhh…

    Orin : Walaaah…ada yg mau makan mie?? ckckckck… jgn ikut2an ya De πŸ˜‰

    Reply
  13. lozz akbar

    alon-alon sing penting kelakon.. sorga dan neraka itu tidak diberikan dengan cuma-cuma loh mbak Orin.. tergantung upaya kita mau memilih jalan yang mana. Jika kita kadang untuk melakukan sebuah perbuatan dosa aja pakai niat, napa untuk sebuah pahala kita enggak bisa lebih niat lagi?

    hayoo mau pilih mana madu apa racun? eh sorga apa neraka? hehe

    Orin : Sepakat mas Lozz…itu para pengguna jalan yg ga sabaran, sepertinya pilih racun ya hihihihi…

    Reply
  14. ais ariani

    Teteeeh.. sama banget sih sama aku. hari ini aku berasa digoda sepanjang perjalanan.
    πŸ™
    banyak banget yang ‘nyolot’ sampek aku berasa hari ini cuman dapet laper dan aus ajah.
    Semoga next day bisa jauh lebih baik buat kita semua yah Teh.
    Amiiin πŸ™‚

    Orin : Sabar Is sabaaaaar *plaaak* hihihi… Untunglah diriku lg ga shaum Is, jd boleh kan ya balik nyolot? *ups* hahahaha

    Reply
  15. Sofyan

    sabar itu bukan hnya pas waktu puasa aja kak tapi seterusnya hehehe…jadi keder nih mau tinggal di Jakarta soalnya saya gak sabaran Kak hehehe…

    Orin : hehehe…kalo udh tinggal di sini mah disabar2in kok Sof πŸ˜‰

    Reply
  16. bundadontworry

    sabar ,mudah diucapkan, belum tentu mudah utk dikerjakan ya Rin πŸ™‚
    semoga puasa kita ini selalu berkah setiap harinya ,aamiin
    salam

    Orin : Betul sekali Bun, harus dilatih terus menerus sepertinya. Aamiin…semoga selalu penuh berkah ^^

    Reply
  17. arman

    hehehe iya gua inget tuh. setiap kali bulan puasa, justru jalanan jadi macet banget di sekitar jam 5-an. karena semua orang pengen cepet2 nyampe tujuan untuk buka puasa. yang ada malah lalu lintas jadi kacau karena pada gak mau ngalah ya… πŸ˜€

    Orin : Dan sekarang pun keadaannya masih sama lho mas Arman *pura2 takjub* heuheuheu…

    Reply
  18. news car

    puasa…= sabar….

    sabar untuk puasa atau puasa untuk sabar.. hehehe bingung daaah

    Orin : selamat binguuuung hihihihi

    Reply
  19. Lidya

    justru bulan puasa jalanan pulang lebih macet ya rin, orang2 berlomba pulang cepat.suamiaja dari kantor 16.30 tetep aja sampai rumah jam 18.30 bahkan jam 19.00

    Orin : Iya Teh, palagi banyak penjual ta’jil dadakan di trotoar, sempurna lah macetnya he he…

    Reply
  20. Dhenok

    bener banget mbak yin, puasa mah godaan sabar nya malah lebih kuat.. sering-sering istighfar aja mbak yin kalo emosi udah mulai naik stadium empat, hehe πŸ˜€

    Orin : Alhamdulillah msh bisa bersabar Dhe, coz asyik sendiri dengerin MP3, jd tdk terlalu keganggu hehehe…

    Reply
  21. terroRIEZ

    Itulah parahya manusia kalo udah keburu nafsu

    Orin : Semoga kita termasuk ke dalam golongan yg bersabar ya Riez.. Aamiin πŸ™‚

    Reply
  22. Ade Truna

    kemaren sore di jalan macet yang saya lalui, terjadi baku hantam antara pengguna jalan dengan tukang parkir dadakan… yang kelihatan loss control adalah tukang parkir dadakan… bulan puasa di jalanan mah nggak ada pengaruh… tidak ada makna sabar di jalanan πŸ™‚

    Orin : Iya jg ya Kang, wong banyak yg lg nge-mie ayam di trotoar ya >_<

    Reply
  23. Mbah Jiwo

    lakukan yang terbaik, sebisamu!!

    Orin : Semangats Mbah πŸ˜‰

    Reply
  24. Dhymalk

    Emang sulit mbak klo dah di jalan, istighfar sj supaya tdk mengurangi pahala puasanya.

    Salam

    Orin : Bismillah mas, mudah2an tidak mengurangi pahala puasa ya πŸ™‚

    Reply
  25. yayack

    mudah2an saja apa yg sudah di lakukan org2 di jalanan macet untuk ttp bersabar tentunya akan memanen buah pahala dari Allah hehe kan puasa di tengah terik panas matahari jg pahalanya akan di gandakan. wallahu alam bissawabb….

    Orin : Aamiin…semoga kita termasuk pada yg digandakan pahalanya itu ya ^^

    Reply
  26. entik-ibunaikhsan

    jadi penasaran masakan buka-nya orin.., posting dong

    Orin : Aih…menu minimalis itu mah Bu, malu atuh diposting mah hihihi

    Reply
  27. susisetya

    ujian terberat selama puasa itu bukan menahan haus dan lapar, tapi manahan emosilah yang terberat…..

    Orin : Sepakat mba.. mudah2an kita ‘lulus’ ya. Aamiin..

    Reply
  28. fanny

    wkt masih kerja dulu, kantor saya masuk lebih awal dan pulang lebih cepat kalo pas puasa utk memberi kesempatan pada yg pegawai yg muslim buat siap2 buka puasa.

    Orin : Maklum mba Fan, kantorku yg punya kumpeni hehehe

    Reply
  29. Asop

    Kenyataannya memang begitu, tapi seharusnya puasa identik dengan kesabaran. 😐

    Orin : Seharusnya ya Sop 😐

    Reply
  30. mama-nya Kinan

    setuju banget mbak orin…:) menahan diri, πŸ™‚ dan salah satunya adalah untuk “sabar”..saya juga selalu begitu..pas ada agak agak gimana gitu langsung balikin pikiran lagi keakal sehat. cepet2 saya bilang..ingat ingat lagi puasa.. sabar sabar
    hikmahnya harusnya tidak hanya pas puasa saja yah mbak smoga terus berlanjut seterusnya

    Orin : Aamiin…semoga latihan bersabar saat puasa ini akan terus berlanjut ya Mam πŸ˜‰

    Reply
  31. dey

    kalo emak2 rumahan seperti dirikuh mah, godaan sabarnya ngadepin fauzan nih, hehehe ..

    moga2 puasanya lancar ya ..

    Orin : Iya ya Bu, Fauzan jadi ‘ujian’ tersendiri saat puasa pastinya hehehe. Semangats πŸ˜‰

    Reply
  32. Elsa

    hehehe nahan marah tuh yang susah banget…
    aku belom lulus kayaknya

    Orin : Emang susah lulusnya kalo urusan nahan marah mah mba El hehe

    Reply
  33. BunDit

    Rutenya Cakung-Bekasi juga to mbak? Sama dong…toss :D. Jl. Raya Bekasi mah gak pernah gak macet, kecuali kalau anak sekolah libur..itu lumayan πŸ˜€

    Orin : iya Bun, jangan2 kita tetanggaan nih^^

    Reply
  34. Pingback: Ngabuburit di Jalan « Rindrianie's Blog

Leave a Reply

%d bloggers like this: