Rindrianie's Blog

Rahasia

Adakah di antara sahabat yang memiliki sebuah -atau banyak- rahasia?

(Rasanya sih) saya tidak punya rahasia, dan kalaupun ada, tidak mungkin juga saya ceritakan di sini bukan? hihihi. Lantas? Kenapa judulnya rahasia? Begini maksud saya teman-teman.

Bagi beberapa sahabat, saya adalah sahabat yang cukup dipercaya sehingga mereka bisa bercerita tentang rahasia-rahasia mereka pada saya. Karena saat mereka berpesan “Rahasia ya Rin, jangan bilang siapa-siapa” atau kalimat lain sejenis, maka saya akan menjaga rahasia tersebut dengan baik. Dan jika suatu saat rahasia itu rupanya diketahui oleh orang lain, sahabat-sahabat saya percaya, pasti bukan saya yang membocorkan rahasia mereka itu. Alhamdulillah yaa… 😀

Tapi sebagai wanita (maaf ya bawa-bawa gender segala :p) yang suka sekali bercerita, hobby bercoletah dan senang ngobrol, terkadang sulit sekali untuk tetap diam menyimpan sang rahasia. Apalagi jika saat obrolan menyerempet ke rahasia sang sahabat, yang saya tahu sebetulnya berita (atau gossip?) tersebut tidak betul. Ingin sekali saya ‘meluruskan’, tapi terbentur janji untuk tetap menjaga rahasia yang sudah diamanahkan. Duh…

Itu baru satu kasus ya, karena rahasia yang saya pegang cukup banyak, terkadang rasanya ingin meledak saat harus memendamnya sendiri. Akhirnya, saya pun menceritakan rahasia tersebut ke…suami saya. Entah ini dibenarkan atau tidak, tapi bagi saya setidaknya saya telah ‘membagi beban’ itu padanya. Sehingga saya merasa sedikit lega, karena saya tahu rahasia itu tetap aman (tidak mungkin kan suami saya cerita-cerita, apalagi kadang suami saya juga tidak selalu tahu teman-teman saya he he), tapi saya tetap bisa bebas bercerita-berceloteh-ngobrol tentang rahasia itu dengannya.

Dan, saya akan memberitahu sahabat-sahabat saya sang pemilik rahasia, bahwa saya menceritakan rahasia mereka pada suami saya, dengan alasan saya tidak selalu kuat untuk menjadikan rahasia itu diketahui saya sendiri. Biasanya sih mereka bisa mengerti dan memaklumi tindakan saya tersebut. Mungkin karena mereka juga bisa memahami bagaimana sulitnya menjaga rahasia ya?

Tapi…. kadang, hanya sesekali saja, rahasia-rahasia itu menjadi inspirasi saya dalam menulis cerita fiksi ups.

Psst…jangan bilang siapa-siapa ya 😉

0 Comments

  1. sekar

    banyak rahasia yang diumbar di social media, bahkan ngetren jd “status” untuk konsumsi publik 🙂

    Orin : jadi bukan rahasia lg namanya ya Sekar :p

    Reply
  2. [L]ain

    Hng….gua ga suka berbagi rahasia ke siapapun. Pendem sendiri sadja.

    Orin : Huwaa… [L] hebat… aku mah udh meleduk kalo dipendem sendiri he he

    Reply
  3. Susindra

    Boleh dong kapan2 bagi2 rahasia.. siapa tahu jadi cerita fiksi mbak Orin. xixixi…
    saya juga selalu membagi rahasia dengan suami agar lega dan lupa betapa beratnya menyimpan rahasia sendirian

    Orin : Sini..sini…rahasia mba Sus apa? hihihi… berarti gpp ya mba bocorin rahasia ke suami mah he he

    Reply
  4. Imelda

    ah, kalau aku cuma tahu rahasia umum saja.
    Tidak banyak yang mau curat padaku, mungkin karena udah takut dikuliahin duluan hahaha

    Orin : Waaah..mba EM ‘dosen’ bgt ya, semua2 dikuliahin hihihi…

    Reply
  5. Yunda Hamasah

    Samaaa Rin, suka dijadikan sumber inspirasi 😉 Tamapa menyebut person, hanya berbagi hikmah. Boleh kan ya…

    Orin : Toss ah Ummi, diceritakan kembali dg modifikasi sana sini tentunya ya 😀

    Reply
  6. LJ

    yang ingin eMak rahasiakan adalah berat badan mak hari ini.. 😛

    Orin : Err…susah dirahasiakan Mak soal itu 🙁

    Reply
  7. hilsya

    aku suka ketinggalan rahasia…. maklum suka ga ngehan

    Orin : tapi lebih enak gitu Teh, ga ada beban 😉

    Reply
  8. yustha tt

    menyembunyikan rahasia melalui fiksi ya Teh? xixixi…

    Orin : Psstt…jgn bilang2 T hihihihi

    Reply
  9. giewahyudi

    Saya biasanya enggak menyanggupi bila memang ga bisa jaga rahasia soalnya saya agak ember hhehee

    Orin : agak ember? masa sih mas Gie? he he

    Reply
  10. marsudiyanto

    Saya banyak menyimpan rahasia, entah rahasia sendiri maupun punya orang lain

    Orin : wahh…pak Mars hebaaat..

    Reply
  11. nique

    nyimpen rahasia itu berat banget lho …
    saya sih tergantung rahasianya, ada yg diceritain ke suami ada yg engga hehehe ..

    Orin : Iya Kak, yg diceritain biasanya yg rahasia beraaat bgt, pokonya aku ga bs nahan..

    Reply
  12. bundadontworry

    Rin , rahasia bunda kayaknya aman nih kalau sama Orin 🙂
    tapi, jangan bilang2 yaa……….kalau 3 bulan terakhir bobot badan dah nambah 3 kg lagi hiks…
    terus…terus…teueteup aja susah berhenti mengunyah ….
    gimana dunk Rin??? 🙁
    salam

    Orin : Aaaah Bunda, Orin jg lho, jd chubby bgt pipinya qiqiqiqi…

    Reply
  13. asudomo

    sssstt ini rahasia 😀

    Orin : Jgn bilang2 ya Gung 😀

    Reply
  14. bebe

    hahaha.. sama.. kalau terlalu banyak rahasia yg musti dipegang, biasanya suami jadi tong sampahku.. Dia sih masuk kuping kanan keluar kuping kiri, tapi setidaknya akunya lega.. tapi tergantung apa rahasianya dulu sih..

    Orin : Iya Be, para cowok itu kan kadang cuma mendengar tapi tidak menyimak ya hihihi… besoknya jg udh lupa deh pasti, jd rahasia tetap aman tp kita lega 😀

    Reply
  15. Mas Jier

    Wah kalo saya malah suka nggak sanggup jika disuruh menjaga amanah menjaga rahasia. Takutnya keceplosan malah jadi nggak dipercaya

    Orin : Nah..jgn sampe keceplosan mas Jier kalo tau sebuah rahasia 😀

    Reply
  16. riez

    Kadang menangung rahasia itu berat,apa lagi rahasia yang harus dibeberkan atau tapi karena suatu alasan kita tak bisa mengatakan…seperti kita jadi saksi dipersidangan tapi yang disidang adalah orang yang sangat kita kasihi

    Orin : Ugh, kebayang Riez gimana sulitnya kalo jd saksi di persidangan begitu mah..

    Reply
  17. HALAMAN PUTIH

    Boleh juga nih kalau ditumpah ruahkan di blog, namun tetap dengan menjaga privasi yang bersangkutan dengan cara mengemas tulisan dari sudut pandang yang lain.

    Orin : Iya mas, kalo saya jadikan inspirasi fiksi pun saya modifikasi habis2an, hanya sekedar mengambil dasarnya saja 🙂

    Reply
  18. Keven

    Hidup tuh udah ribet, jadi ga perlu lah pake rahasia-rahasiaan…hehehe

    Orin : hahahaha…iya Kev, kalo bs mah ga usah lah rahasia2an segala ya :p

    Reply
  19. Puteriamirillis

    pantesan berasa ada yg kenal dg fiksi teteh, itu rahasiaku kali ya,, halaaah…

    Orin : hahahaha…psst…jgn bilang2 ah Pu hihihi

    Reply
  20. Una

    Hahaha benerrr, rahasia bisa jadi inspirasi buat nulis xixixi.
    Asal yang punya rahasia ga baca sih gapapa~ lalala…

    Orin : Nah yaaa…Una nakal 😛
    aku biasanya bilang dulu Na sm yg bersangkutan, mau dijadiin ide cerita dg modifikasi sana sini, dan mereka biasanya malah seneng hihihihi

    Reply
  21. dey

    berarti jangan simpen rahasia sama Orin, ntar dijadiin fiksi, hihihi ..

    Sama Rin, saya sering dijadiin tempat curhat, ujung2nya suami yang katempuhan, hehe ..

    Orin : hihihi…ga kok Bu, ga salah *plaaak*.
    Ah…sama ternyata kita yaa qiqiqiqi

    Reply
  22. muamdisini

    semoga suaminya mba orin adalah orang yang amanah dan pandai menjaga rahasia…lohh…
    mungkin pas diceritain namanya diganti mba,,misalnya lagi cerita sebut saja namanya bunga…hehehehe

    Orin : Defaultnya mendengarkan tapi tidak menyimak Muam, insyaALLAH rahasia tetap aman hehehehe

    Reply
  23. Falzart Plain

    Rahasia diambil hikmahnya saja…
    Lho, itu namanya bukan inspirasi, ya?
    Sepakat deh… yang penting jangan bilang-bilang…
    🙂

    Orin : Mmm…bisa dibilang inspirasi sptnya ya hehehe

    Reply
  24. tunsa

    biasanya menceritakan sesuatu beban/masalah kepada orang lain yang bisa dipercaya akan membuat hati terasa lega, tapi ternyata orang yang menjadi tempat curhat juga butuh curhat ya? ihihi..
    ntar jadi rahasia umum donk mbak.. 😀

    Orin : Ngga dunk Ri, kan aku jg cuma curhatnya sm suami, dan kadang suamiku ga tau temen yg diceritain itu yg mana hihihihi

    Reply
  25. Lyliana Thia

    Aku juga pernah tuh Rin, suruh pegang rahasia tp gateel bgt krn orang2 lainnya pd ngomongin yg nggak2.. pengen ngelurusin, kasihan… klo kyk gitu aku cuma kasih alternatif2 aja,.. kayak mungkin aja begini atau begitu, belum tentu begini begitu… hihihi… jd menyamarkan bocoran.. hahah..

    tp dgn banyaknya koleksi cerita, bener Rin, bisa jd ide utk menulis fiksi… pantesan cerita2nya Orin oke2 deh… hihihi… ^_^

    Orin : Iya mba Tia, biasanya aku ‘belokkan’ biar orang2 ga mikir begitu tapi rahasia tetap aman. Susah sebetulnya yaa @_@

    Reply
  26. mulyani-ibunya Dini

    Jangan bilang siapa-siapa ya..

    Saya punya sahabat Rin, yang suka sekali curhat sama saya…sampai kadang detail masalah keluarganya..suaminya ginilah, ibunya ginilah , mertuanya ginilah..
    Ya kadang saya kasih jalan tengahnya aja….dan dia juga selalu bilang rahsia dan jangan bilang sapa2.

    Kebetulan kami akrab sama sahabat si B juga….ehhh begitu saya etemu si B …ternyata dia juga cerita tentang masalah di adgn si B ..wahhh pusing juga kalau punya sahabat gini. Rahsia tapi cerita sama yag lain juga.

    Ya intinya kita tetep menjaga rahsia itu saja.

    Orin : hahahaha…iya mba Imung, aku jg pernah punya temen kek gitu, ngeselin ya, dan berikutnya suka orin ga dengerin kalo dia curhat lg en bilang minta dirahasiain 😛

    Reply
  27. adini

    Rin…ibudini juga punya rahsia, tapi jangan cerita-cerita ya…hehheheh, IbuDini sekarang lagi mabok..bawaannya malas heheheh

    Orin : hihihi…met males2an ya ibudini, semoga maboknya ga lama 😀

    Reply
  28. dmilano

    Saleum,
    Rahasia ntu selalu adalah dalam hidup. Saya gak mau nggasih tau karena sifatnya rahasia 😀

    saleum dmilano

    Orin : Harus tetap dirahasiakan ya bang he he

    Reply
  29. omman

    Iya tEh oRin, RHS itu amanah – jangan sampai ‘pecah dibibir dan harus ‘pecah diperut 😛

    Orin : hihihi..iya ya Om, hrs pecah di perut 😛

    Reply
  30. lozz akbar

    loh.. jadi?? oh apakah mas Rakhman tahu? tidaaaak hahaha

    Orin : hahaha…tenang uncle, rahasianya tetap aman kooook *haiyah, rahasia opo sih?* qiqiqiqi

    Reply
  31. bintangtimur

    Iyaaaa, janji deh, saya nggak bakalan bilang siapa-siapa… 😉
    Sama Orin, saya juga biasanya membagi rahasia teman-teman saya pada suami atau ibu, sekalian mereka juga bisa ikutan ngasih solusi kalau rahasia itu memang perlu solusi…
    *saya lagi nyari pembenaran nih kayaknya*

    Orin : Iya Bu Ir, ga nahan rasanya ya kalo kebanyakan rahasia he he. Toh kita membagi rahasia tsb ke orang2 terdekat yg juga amanah ya Bu *membela diri juga* 😀

    Reply
  32. sarip2hamid

    wah..wah, aklau aku gk suka mendengar rahasia orang, apalagi aklo dititipi untuk menyimpan rahasia. Tak sanggup (berat eum… 🙂 )
    sejujurnya si, karena memang banyak rahasia diri sendiri yang ndk mau ada orang lain tahu juga, makanya agak tertutup lol….. bener gk sih bersikap ky gitu ?

    Orin : Ga usah mikirin bener atw salah Rip, asyik2 aja kok punya rahasia dan ga mau orang lain tau 😉

    Reply
    1. sarip2hamid

      lol….. 🙂 , iya kali yeh….gk usah dipikirin. asyik2 ajah.
      setuju ahhhhh…..

      Reply
  33. Necky

    orin…elo sama juga kayak istriku. Banyak dicurhatin sama teman2nya, tapi kadang2 suka ceritanya ke gw deh….dan betul seperti orin bilang karena ga semua temannya gw mengenalnya….keep secret…ah

    Orin : Asyik…ada yg belasin *hihihi*. Iya mas, pasti suamiku jg keep secret lah ya, wong kadang dia jg ga ngeh temenku yg mana yg aku ceritain rahasianya 😀

    Reply
  34. hesty

    jadi inget, waktu itu sy curhat ke seorang teman, padahal udah bilang “jgn bilang siapa2 ya”. tapi ternyata dia bilang ke teman2 saya yg lain dengan catatan yang sama “jgn bilang siapa2 ya” #eaaa capede… dan hal seperti itu berlanjut ke teman2 yang lain sampai hal itu pun menjadi rahasia umum, ngeselin banget -____-”

    Orin : beuuuh…itu mah namanya ga amanah, besok2 ga usah cerita ke dia lg berarti Hes 🙁

    Reply
  35. jumialely

    main rahasia-rahasian, tapi dijadiin fiksi memang kerennn 🙂

    Orin : Iya Kak Lel, nambah2 ide ya he he

    Reply
  36. nia/mama ina

    wahh ngga enak juga kalo jadi tong sampah kek gini…..kalo aku males denger curhatan orang…bukan apa2 suka kepikiran…akhirnya jd pusing sndiri…padahal sendirinya aja udah banyak masalah ehhehe…..kalaupun ada yg curhat paling 1-2 orang…..

    Orin : hahaha…iya ya mba, masalah sendiri aj udh banyak 😛 tapi kalo aku kadang bs buat belajar jg lho mba, jd udh bs tau hrs gimana kalo ketemu masalah yg sama misalnya he he

    Reply
  37. Pakde Cholik

    Jika sebuah rahasia sudah diketahui oleh lebih dari 1 orang maka itu bukan rahasia lagi, suatu saat akan kebuka, secara sengaja maupun tidak.

    salam hangat dari Surabaya

    Reply
  38. entik

    kalau nyimpen rahasia sudah ga kuat lagi, emang enakan dijadikan inspirasi buat nulis fiksi atau juga puisi..

    Orin : Sepakat Bu 😉

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: