Rindrianie's Blog

[Review] Tentang Kita

Ini adalah judul sebuah buku kumpulan cerpen karya Reda Gaudiamo, temans. Ada 17 cerpen di dalamnya, yang ditulis dalam rentang waktu yang cukup panjang: dari akhir 1980-an hingga 2014!

SAMSUNG CAMERA PICTURES

Berikut judul-judul cerpennya:

Ayah, Dini, dan Dia

Mungkin Bib Benar

Anak Ibu

Potret Keluarga

Tentang Kita

24 X 60 X 60

Si Kecil

Perjalanan

Bayi

Menantu

Taksi

Minggu Dini Hari

Aku: Laki-laki

Maaf

Cik Giok

Dunia Kami

Pada Suatu Pagi

Terkesan sederhana ya kalau dilihat dari judul-judulnya. Tapi saya cukup ‘mengenal’ mbak Reda (karena beberapa teman saya adalah jurnalis yang mengenal beliau secara pribadi dan mengatakan tulisannya memang canggih) dan yakin judul-judul sederhana itu akan mengantarkan saya pada cerita-cerita yang luar biasa. Oh iya, seorang teman (yang jurnalis itu) pernah mengatakan fiksi-fiksi saya bisa dikatakan mirip dengan fiksinya mbak Reda, karena cukup banyak menggunakan dialog! hihihihi. Kalau kualitas mah ya pasti jauh lah ya. Cerpen pertama yang berjudul “Ayah, Dini, dan Dia” saja misalnya, adalah pemenang Sayembara Cerpen Femina tahun 1990, cerpen-cerpen yang lain juga banyak yang pernah dimuat di Femina-Kompas-Hai dan lain-lain. Da saya mah apa atuh ngirim ke Femina aja ditolak mulu *eeaaa curcol* hahahaha.

Berhubung tidak mungkin saya bahas satu per satu cerpennya, akan saya ceritakan beberapa cerpen yang paling saya sukai.

Cerpen Anak Ibu, 24 X 60 X 60, dan Menantu adalah cerpen-cerpen yang sarat dengan dialog, dengan alur cepat dan tokoh-tokoh berkarakter kuat, endingnya tidak terduga dan bahkan lucu membuat ketiga cerpen ini melekat kuat di ingatan.

Cerpen berjudul Si Kecil  juga sangat menyentuh. Bercerita tentang anak laki-laki berkaki kiri tidak normal yang mengemis di sudut jembatan penyebrangan. Nala -suami si aku- ingin mengajaknya tinggal di rumah, yang tentu saja ditolak mentah-mentah oleh tokoh aku. Tapi sebuah peristiwa yang melibatkan pencopetan dompet, tokoh aku berubah pikiran, dia akhirnya sepakat dengan Nala, untuk mengajak Si Kecil tinggal bersama mereka dan tidak lagi membiarkannya menggigil di jembatan. Bagaimana ending cerita pendek ini berakhir? Harus Anda baca sendiri, temans! hihihihi.

Cerpen berikutnya adalah Tentang Kita yang dijadikan sebagai judul buku. Bercerita tentang sepasang suami istri yang tengah menanti buah hati. Alurnya sangat membuat perasaan campur aduk, endingnya -meskipun bisa dibilang biasa saja- juga sangat menohok, membuat saya berpikir ulang, apa saja sih keputusan besar dalam hidup yang membuat saya menyesalinya seumur hidup. Dan saya sangat menyukai jenis cerita yang membuat saya berpikir seperti itu *menjura hormat*.

Kumpulan cerpen ini cocok untuk dibaca saat ngabuburit lho, dengan karakter-karakter yang dekat dengan kita, dan peristiwa-peristiwa yang kerap terjadi di keseharian kita, buku ini sangat layak menjadi daftar bacaan Anda. 4 dari 5 bintang dari saya untuk buku kumcer ini :).

 

0 Comments

  1. jampang

    lama juga yah ngumpulin 17 cerpennya. wajar seh, hasil karya yang bagus memang butuh proses panjang

    *ngomong apa seh saya*

    Reply
    1. Orin (Post author)

      iya bang, iya *mengangguk-angguk* hihihhi

      Reply
  2. DAN

    Wih lama banget 1980an jauh sebelum ibu ayah saya bertemu. Jadi penasaran gimana cerita cerpennya 🙂

    Reply
    1. Orin (Post author)

      masih bisa dinikmati oleh generasi zaman sekarang kok hehehehe

      Reply
  3. Sharing Infosusanti dewi

    waah… jadi pengen baca juga 🙂

    Reply
    1. Orin (Post author)

      ayo baca mbaaaak, bagus

      Reply
  4. emaknyashira

    Namanya Reda Gaudiamo ini familiar banget ya rin. Dia penulis tetap majalah remaja bukan sih?

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Kayaknya sih gitu ya, Mak, lupa eike dia biasa nulis di mana hihihihi *ngumpet*

      Reply
  5. shiq4

    Wah buku lagi buku lagi. Akhir-akhir ini banyak blogger yang review buku. Saya jadi kepikiran terus buat baca. Sayangnya sampek sekarang daftar bacaan makin numpuk. Lain kali deh kayaknya.

    Reply
    1. Orin (Post author)

      hehehe…tumpukan buku yg blom dibaca punyaku jg udah tinggi bgt nih Shiq4 😀

      Reply
  6. Nur Susianti

    Saya suka dengan judul covernya, sekaligus judul cerpennya, “Tentang Kita” 🙂

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Iya, sederhana tapi dalam ya maknanya

      Reply
  7. -n-

    Jd pengen baca

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Mari baca Mem 🙂

      Reply
      1. -n-

        Pinjem boleh? *ke rumah jeung orin*

        Reply
  8. Nefertite Fatriyanti

    Membuat cerpen dengan rentang waktu panjang, tentu sebuah kontemplasi yang dalam ya mba
    Sangat pantas, kalau hasil karyanya memang bagus, menghadirkan perenungan buat pembacanya
    Jadi penasaran, pengin baca

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Iya mbak, jam terbang pasti berpengaruh jg pada kualitas cerpen ya 🙂

      Reply
  9. Pingback: Tentang Akun Goodreads | Rindrianie's Blog

Leave a Reply

%d bloggers like this: