Rindrianie's Blog

Saat Sewa Rumah Semakin Mudah

Masa-masa pusing mencari rumah sewa memang sudah berlalu bagi saya. Dan tidak berencana untuk mengulanginya lagi sih he he. Tapi bernostalgia sedikit bolehlah ya :D.

Semenjak SMU, saya sudah terbiasa tidak lagi tinggal dengan orang tua. Kuliah dan awal-awal bekerja pun sama saja, sudah jadi anak kos. Tapi tidak pernah menyewa satu rumah utuh, cukup menyewa sepetak kamar untuk menumpang tidur. Kadang Tapi ketika status sudah tidak single lagi, ngekost rasanya sudah kurang tepat lagi dilakukan. Apalagi tempat kos terakhir saya di daerah Rawamangun itu adalah kosan khusus perempuan, kasihan dong teman-teman saya jika tiba-tiba muncul sesosok laki-laki di rumah kosan? ha ha.

Pasca menikah, opsi satu-satunya bagi kami saat itu adalah menyewa rumah terlebih dulu, selagi menabung untuk uang muka menyicil rumah. Tinggal di rumah orang tua untuk sementara tidak mungkin, orang tua saya di Majalengka, orang tua suami saya di Tangerang, saya saat itu masih ngantor di Jakarta, sementara pak suami bekerja di Karawang. Idealnya sih langsung beli (atau nyicil) rumah ya, tapi apalah daya, kami berdua hanya dua manusia sederhana yang memiliki dana seadanya. Ketika tanggal pernikahan sudah ditetapkan, sekitar 2-3 bulan sebelumnya kami pun terpaksa hunting rumah sewa. Jadi saat kembali ke ibu kota setelah resmi menjadi suami istri, kami sudah bisa langsung mandiri hidup berdua di rumah (sewa) kami sendiri. Ada yang senasib dengan saya? *cari temen.

architecture-building-driveway-186077

Layaknya mencari jodoh, sewa rumah yang sesuai keinginan ternyata tidaklah mudah. Saya ingat betul, kami berdua menyusuri jalanan di sekitar Cakung – Duren Sawit – Klender – Bekasi untuk mencari rumah sewa. Pencarian itu seperti tak berujung. Rumahnya oke, harganya selangit. Harga sewanya sesuai anggaran, rumahnya sedikit menyeramkan. Rumah dan harga lumayan bagus, lokasinya di ujung dunia. Dramanya banyak sodara-sodara!

Seandainya saja saat itu saya sudah berkenalan dengan sebuah situs yang menyediakan berbagai pilihan rumah sewa, ceritanya mungkin akan lain. Tak perlu lagi naik motor menyusuri jalanan berpanas-panasan ria (pernah juga hujan-hujanan :P) hanya untuk mencari dan melihat rumah yang akan disewa. Cukup duduk manis di depan laptop dengan koneksi internet lancar, saya bisa mencari dan memilih saat ingin sewa rumah. Alangkah menyenangkannya.

Setiap rumah yang akan disewakan, selain memiliki foto dan keterangan harga sewa, juga sudah dilengkapi informasi-informasi lain yang diperlukan dengan detail, ukuran-fasilitas-lokasi, dan sebagainya dan seterusnya. Detail ini akan membuat kita, sebagai calon penyewa, bisa dengan mudah memilih dan memilah rumah sewa mana yang akan kita datangi untuk melihat langsung. Kalau sudah tau ‘bayangan’nya seperti ini akan lebih melegakan toh? Tidak sepenuhnya gambling dan untung-untungan.

Website ini tidak hanya menyediakan sewa rumah di Jakarta dan sekitarnya saja lho, tapi juga rumah sewa di kota-kota propinsi lain. Bahkan, bagi teman-teman generasi milenial yang lebih suka tinggal di apartemen, bisa juga menemukan apartemen yang disewakan. Tidak perlu bingung lagi mencari sewa apartemen di Jakarta, di situ ini bahkan ada fitur testimoni sehingga kita bisa yakin apartemen yang akan kita sewa terpercaya kredibilitasnya. Melegakan ya.

Tempo hari adik perempuan saya yang baru wisuda mengadu nasib melamar pekerjaan di Jakarta, sudah lulus ujian hingga 2-3 tahap. Sempat bingung bagaimana jika dia nantinya diterima bekerja di sana, tinggal di rumah saya di Karawang jelas bukan pilihan bijak, meskipun akhirnya dia belum beruntung sih he he. Tapi lain kali, ketika kesempatan itu datang lagi, saya tidak akan bingung lagi, tinggal sewa rumah atau sewa apartemen yang sesuai untuknya. Praktis!

1 Comment

  1. Emka

    Senasib mba, dl selesai SMA ya lgs keluar dari rmh, jadi anak kost. Kuliah 4 tahun, tp gak pernah pindah kost, dasarnya males cari2 kostan baru, krn dl kan infonya ya cm dari mulut ke mulut, mana kostan yg kostan ya kosong…Beruntung skrg cari kost lbh mudah yaa…

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: