Rindrianie's Blog

Sahabat Terbaik Wanita

Nah, mumpung tanggal 23 April adalah hari buku sedunia, saya mau cerita soal menstruasi ya.

Eh, jangan pingsan dulu temans, maksud saya gini lho, kalau sedang menstruasi, biasanya para wanita ini -sedikit atau banyak- cenderung merasakan sakit, kram perutlah, lemaslah, dan sebagainya dan seterusnya. Nah, kalau sudah begitu, manalah bisa kami ini membaca sebuah buku, betul? *iyain aja atuh biar cepet!* hihihihi.

Kemarin saya menghadiri Kiranti yang sedang berulang tahun ke-21. Barangkali ada yang belum tahu, Kiranti ini bukan siapa yaa bapak-bapak, tapi ‘apa’, dia ini minuman herbal tradisional yang bisa meredakan nyeri saat haid. Walaupun, minuman ini bisa-bisa saja kok diminum para lelaki, tidak akan membuat teman-teman jadi ikutan menstruasi lho he he. Kenapa? Karena minuman itu terbuat dari kunyit, asam dan gula jawa, jahe dan kencur. Atau, sekarang sudah ada varian baru Kiranti Pegal Linu yang kandungan jahe-nya lebih dominan sehingga bisa menyegarkan kembali tubuh yang lelah.

Berbicara tentang nyeri saat menstruasi, dr. Ardiansyah Dara, SpOG mengatakan bahwa dismenorea (nama medis dari nyeri haid) terjadi akibat tubuh sedang melepaskan hormon prostaglandin, yang fungsinya merangsang kontraksi otot untuk melahirkan dinding rahim. Seiring otot rahim berkonstraksi, rasa nyeri atau kram biasanya juga turut menyertasi. Hormon estrogen dan progesteron yang kadarnya berkurang saat  menstruasi, juga menyebabkan daya tahan tubuh menurun, tubuh mudah lelah dan timbul mood swing. Nah, jadi kalau buibu ini suka marah nggak jelas atau semacamnya sebulan sekali, mengertilah ya sekarang alasannya, salahin aja itu si hormon-hormon! hahaha :P.

Sebagai bintang iklan Kiranti, Citra Kirana yang cantik juga hadir, menceritakan pengalamannya saat menstruasi yang biasanya terasa sakit saat hari-hari pertama. Ada juga dr. Sophia Hage, seorang dokter spesialis keolahragaan yang pernah mengalami nyeri hadi saat masih kuliah dulu, yang setelah ditelusuri penyebab itunya adalah karena terlalu lelah serta kurang istirahat dan olahraga. Jadi pola hidup sehat juga mempengaruhi temans, meskipun rasa nyeri itu pasti akan tetap ada, intensitas dan kadar sakitnya bisa dikurangi.

Tentang Kiranti yang bisa bertahan hingga 21 tahun lamanya, itu adalah karena selama wanita masih ada di semesta, rasa nyeri saat menstruasi pun tidak akan bisa hilang seluruhnya. Bahkan pak dokter sempat bercanda, jangan-jangan nanti di surga juga disediakan Kiranti lho :D. Kami sempat disuguhi iklan TV Kiranti dari tahun ke tahun. Tapi yang membuat saya sedikit syok, adalah saat mbak MC mengatakan bahwa Kiranti ini usianya bahkan sudah lebih tua daripada Citra Kirana. Apppah? Usiamu berapa, Dik? *cabutin uban*.

Mbak Yuna, MarCom dari OT Group menambahkan, minuman ini satu-satunya Obat Herbal Terstandar (OHT) dalam kategori minuman datang bulan. Sudah mendapat klasifikasi BPOM untuk obat tradisional setingkat di atas jamu, yang khasiatnya sudah melalui uji klinis dan praklinis, sehingga aman dikonsumsi dalam jangka panjang tanpa efek samping apa pun. Dan tentu saja sudah tersertifikasi halal. Sering menerima Top Brand Award juga, wajarlah ya dia tetap dipercaya masyarakat umumnya, dan menjadi sahabat terbaik para wanita yang sedang datang bulan.

Ya sudah sebegitu dulu reportase saya kali ini temans. Saya cenderung suka meminum jamu, jadi ya memang lumayan sering meminum Kiranti, apalagi kalau dingin-dingin. Resmilah Kiranti jadi sahabat terbaik saya juga :).

0 Comments

  1. bemzkyyeye

    Ehh tunggu sebentar……. Permisii yah, eta hubungana naon yah? Dr buku ke datang bulan? *diplototin*

    Banyak yg suka Kiranti, gw aja yg ga suka krn jamu hiks.. Gw ga suka jamu soalnya huhuhu

    Btw skrg sahabatnya Kiranti? Bukan gw? Oo cukup tau ajah hahaahahahahahahahaahahahaahah *dilempar kamera baru*

    Reply
    1. Orin (Post author)

      yaabis lo mah gitu siiih, puding koktail gw tunggu2 ga dateng juga *pundung* bhuahahahaha.

      Btw, kan ada yg pake jus itu Ye, ga berasa jamu kalo menurut gw mah

      Reply
  2. Beby

    Sama, Mbaaak.. Aku jugak sering minum Kiranti. Praktis sih. Trus enak jugak rasanya 😀

    Reply
  3. @brus

    Kiranti sejak dulu memang terkenal sebagai ‘minuman untuk melihat datangnya bulan … 😛

    Reply
  4. makanan khas semarang

    pikir saya sahabat seperti apa … ternyata sahabat perut saat datang bulan toh hehehe saya juga sering minum jamu ketika datang bulan itu memang sahabat terbaik untuk perut saat datang bulan

    Reply
  5. Minuman asli Indonesia

    Itu bahan-bahannya tradisional semua kah mbak?

    Reply
  6. Dyardian

    Kirain sahabat terbaik apa.. Heem.., ngak taunya sahabat itu.. Hehehe 😀

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: