Rindrianie's Blog

Serempak Peduli Perempuan dan Anak

Sedikit bingung dengan maksud dari judul postingan ini, Temans? Mari saya jelaskan.

Saya bersama sekitar 30 blogger, berkesempatan hadir di kantor Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPP-PA) Senin, 29 Juni 2015 lalu. Undangan tersebut adalah untuk sosialisasi portal Serempak pada blogger.

Apa itu Serempak? Serempak (yang merupakan singkatan dari Sekitar Perempuan dan Anak) adalah sebuah portal interaktif yang memberikan fasilitas diskusi terkait pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. Ada 14 orang narasumber tetap yang mumpuni di bidangnya masing-masing sebagai penulis konten di Serempak. Dua di antaranya adalah blogger! Teh Ani Berta dan Mami Ubii Grace Melia, keduanya adalan nama-nama yang sudah tidak asing lagi di dunia perbloggingan ya.

Acara dibuka oleh Bapak Wahyu Hartomo, Sesmen KPP-PA dan Bapak Bambang. Beliau menjelaskan bawa pada awalnya, portal Serempak ada di Yayasan Air Putih yang kemudian migrasi ke KPP-PA. Tapi, Serempak bukanlah milik KPP-PA. Serempak itu milik kita bersama yang peduli terhadap perempuan dan anak Indonesia. Harapannya, portal Serempak mampu membantu menjembatani program KPP-PA dengan masalah-masalah perempuan dan anak yang terjadi di masyarakat.

Materi berikutnya dibawakan oleh Bapak Robert AB dari BINUS Business School. Kami dijelaskan kembali tentang digital marketing, hingga sedikit membahas tentang self branding. Materi yang -walaupun sulit, setidaknya bagi saya- sangat menarik. Saya baru tahu lho kalau awalnya internet ini diperuntukkan untuk militer, sebelum akhirnya bisa juga digunakan oleh orang awam seperti kita. Dan juga pentingnya memilih branding seperti apa yang kita inginkan untuk dikenal.

Satu dari sekian banyak nilai plus dari digital marketing adalah lower cost, ada yang sempat jualan di Instagram? Modalnya kan ‘cuma’ aplod foto dan sekian ribu ntuk beli data internet, bukan? he he. Digital shopper di Indonesia terbanyak dilakukan oleh para pekerja dan mahasiswa (sebanyak 55%), dan juaranya adalah untuk belanja baju online! Jadi sudah tahu kan ya belanja baju Lebaran di mana?

Untuk branding, salah satu cara bersaing dengan branding yang sudah dulu ada di pasaran adalah memiliki satu kelebihan yang tidak dimiliki brand tersebut. Entah dari segi kualitas, harga, atau yang lain. Untuk self branding, harus memilih satu karakter khusus yang kuat, sehingga pasar langsung bisa mengenali.

Sementara Teh Ani Berta menjelaskan tentang menjadi penulis konten di website lain. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menjadi seorang content writer, misalnya saja menulis dengan kaidah jurnalistik yang baik (5W+1H itu lho), menyesuaikan gaya menulis dengan visi-misi web yang bersangkutan, hingga memasukkan key word yang tepat. Menulis mungkin bukan hal yang baru bagi seorang blogger, tapi dia harus bisa ‘mengubah’ dirinya saat menjadi penulis konten di website yang bukan blognya sendiri.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan sebagai seorang penulis konten pun banyak, misalnya saja copas (tentu saja!), memasukkan opini terlalu personal dan menyisipkan kepentingan pribadi, keluar dari idealisme yang diusung website, hingga menuliskan berita/data yang tidak sesuai fakta atau tidak terverifikasi kebenarannya. Mungkin sulit, tapi tetap bisa dilakukan. Dan dengan menjadi penulis konten di website lain seperti itu, self branding secara tidak langsung akan juga semakin meningkat.

Kenapa materi ini diberikan pada kami, karena Serempak menerima artikel dari masyarakat, yang setelah melalui tim editor, akan bisa ditayangkan di sana.

serempak

Kepedulian terhadap perempuan dan anak, tidak harus selalu tentang KDRT, pelecehan seksual, kekurangan gizi pada anak atau kasus-kasus berat semacam itu. Menulis saja tentang banyak hal ringan yang terkait dengan perempuan dan anak, misalnya saja berbagi resep dan tips, atau artikel tentang prestasi anak-anak di lingkungan kita yang mungkin belum terekspos. Semakin banyak berbagi info positif di Serempak, harapannya perempuan dan anak Indonesia juga akan memiliki kehidupan yang lebih baik.

Nah, bagaimana? Tertarik untuk berbagi artikel di Serempak.or.id? 🙂

0 Comments

  1. nyonyasepatu

    Bagus banget ya Orin, jadi bisa lebih ngerti. Makasih udah sharing

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Masama mbak Noooon

      Reply
  2. dani

    Wah keren, semoga dengan begini banyak informasi tentang perempuan dan anak yang bisa dipakai untuk kebaikan ya. Baca 14 orang kontributor pun langsung ternganga. Keren!

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Iya Dan, narsumnya keren emang

      Reply
  3. bukanbocahbiasa

    Pokoke untuk keselamatan perempuan dan anak, kita kudu saling support ya mak.
    Ngeriiii banget kalo baca berita belakangan ini

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Iyaaa, itu jg salah satu alasan portal ini dibuat Mak

      Reply
  4. Arman

    Bagus juga ya misi portal nya…

    Reply
    1. Orin (Post author)

      iya mas, setidaknya menambah kepedulian masyarakat lah ya 🙂

      Reply
  5. myra anastasia

    saya tertarik 😀

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Yuk Mbak Chi, tapi sampe sekarang blom ada ide sih *ngumpet* hihihi

      Reply
  6. Lia

    cari ide dulu buat nulis disana ah

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Hayuk Teh, coba kirim, siapa tau lulus sensor hihihihi

      Reply
  7. Pamela Fitrah

    gimana ya mbak utk yg satu ini agak krg setuju kalo sosialisasi ttg anak dan perempuan cuma seminar, seminar, dan seminar ditambah dgn berbagi inpoh apapun di web. memang sih permasalahanya gak harus yg berat2 tp sayangnya kan gak semua perempuan n anak (aplg d daerah terpencil ya) bisa main internet. okeh minimal kita sudah melakukan sesuatu ya mba

    Reply
    1. Orin (Post author)

      sosialisasinya kemarin lebih ke portalnya sih Jeng, harapannya justru biar blogger (sebagai bagian dr masyarakat) bisa ikut ambil bagian ikut ‘melaporkan’ masalah2 yg terjadi perihal perempuan dan anak (termasuk masalah2 di daerah terpencil) lewat mengirimkan artikel ke sana

      Reply
      1. Pamela Fitrah

        bener juga sih 🙂

        Reply
  8. alrisblog

    Saya sudah mengunjungi situsnya. Selain masalah anak dan perempuan juga ada artikel mengenai tanaman hias, hehe…

    Reply
    1. Orin (Post author)

      memang banyak tema artikelnya mas 🙂

      Reply
  9. asuransi jiwa

    Acaranya bagus ya. Ada soft materinya mba? Boleh donk di upload.

    Tujuan seminar ini apa aja mba?

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Wah ngga ada mas, ini cuma catatan saya selama acara berlangsung 🙂

      Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: