Rindrianie's Blog

Sumpah Pemuda dan Ulang Tahun ELC ke-40

Hari ini tanggal 28 Oktober ya, Hari Sumpah Pemuda yang sangat fenomenal. Lantas, apa hubungannya dengan Ulang Tahun ELC (Early Learning Center) ke-40, Rin? Begini ceritanya temans.

Didirikan tahun 1974 oleh John Beale dan istrinya di Reading-UK sana, yang saat itu ingin memberikan anaknya jenis mainan yang tidak hanya menyenangkan, tetapi juga bisa membantu perkembangan anak, ELC hadir, dan sejak saat itu terus bertumbuh hingga sekarang sudah 40 tahun berdiri, memiliki 400 toko yang berlokasi di lebih dari 40 negara di seluruh dunia. Canggih ya. Di Indonesia sendiri, sudah ada 29 toko yang tersebar di 6 kota besar Indonesia sejak 2008 lalu, bahkan rencananya, di tahun 2025 ELC akan memiliki 150 toko di kota-kota seperti Manado, Palembang, atau Solo.

Eh? Serius belum tahu ELC? Rasanya kalau buibu (dan bapak-bapaknya tentu saja :P) pasti sudah tahu ELC ya, secara mereka kan produsen mainan unik yang membantu anak-anak bermain sambil belajar sesuai usia. Hampir di setiap mall besar ELC memiliki outlet, misalnya saja di Grand Indonesia. Nah, di GI inilah Hari Sumpah Pemuda dan Perayaan Ulang Tahun ELC yang ke-40 ini ‘berkolaborasi’ hehehehe.

Jadi, tanggal 1 November 2014 nanti, dalam rangka ulang tahun tersebut, ELC akan mengundang 40 orang anak yang lahir di tanggal 28 Oktober untuk hadir di ELC Grand Indonesia untuk merayakan ulang tahun bersama-sama. Asyik banget ya, karena pasti meriah, bahkan sudah disiapkan juga face painting dan area bermain dengan beragam koleksi mainan khas ELC di sana nanti.

Beberapa waktu lalu, saya hadir dalam acara Media & Blogger Gathering #ELCis40 yang bertempat di The Plaza. Menghadirkan narasumber Dr. Markus Danusantoso, SpA yang juga mengelola website www.drbabyku.com, sebuah situs yang lengkap dengan informasi tentang dunia anak, saya banyak belajar. Pak Dokter menjelaskan, bahwa mainan yang tepat sangat membantu tumbuh kembang seorang anak, menambah pengalaman dasar di usia dini, hingga meningkatkan kecerdasan otaknya.

Rupanya ELC mencoba menjawab tantangan tersebut, yaitu dengan menciptakan berbagai jenis mainan yang tidak melulu sebagai mainan, tetapi juga menjadi sarana pembelajaran bagi si anak tanpa disadarinya. Misalnya saja mainan stacking rings yang diperuntukkan bagi bayi yang berusia lebih dari 6 bulan, mainan ini selain bisa melatih jari tangan dan konsentrasi bayi, juga sebagai ajang mengenal warna, karena si bayi yang masih kecil itupun sudah bisa menyimpan memori dengan baik. Atau Happyland, yang merupakan mainan berbentuk rumah-rumahan lengkap dengan perabotan dan orang-orangan, bisa mengenalkan anak pada konsep ruang (atas/bawah, sudut/tengah, masuk/keluar), bahkan mendorong mereka untuk berimajinasi dan bercerita.

Melihat mainan-mainan ini, saya jadi mainan zaman kecil dulu, susah ngebandinginnya ya karena nggak apple to apple, lah saya malah lebih sering main layangan sama main kelereng kok sama adik cowok saya hahahaha. Tapi banyaknya pilihan bermain dan belajar di zaman sekarang ini pastinya sangat membantu para orang tua untuk meningkatkan tumbuh kembang anak kan ya. Kenapa? Karena ELC menerapkan 4 core benefit  pada setiap produknya sebagai berikut:

1. Play value, atau nilai bermain, dimana setiap produk ELC selalu menyenangkan dan mendorong anak untuk belajar sambil bermain. Namapun mainan ya, kalau tidak menarik untuk dimainkan ya gagal dong tujuannya he he.

2. Safety, bahwa setiap mainan selalu diuji secara komprehensif baik oleh internal ELC sendiri, maupun oleh laboratorium indepened sebelum dipasarkan secara luas. Standardnya bukan hanya SNI ya, tapi sudah melampaui uji keamanan di Inggris dan Eropa, mencakup fisik, mekanik, ketahanan terhadap api, bahan kimia yang digunakan, dan lain sebagainya. Keamanan ini penting banget lah ya, karena yang akan menggunakannya adalah anak-anak (bahkan bayi).

3. Quality, ELC selalu menggunakan material (plastik, kain dan kayu) dengan kualitas terbaik, serta memastikan produk tersebut memiliki spesifikasi yang tepat bagi anak yang akan memainkannya. Seperti orangtua manapun, ELC ingin memberikan kualitas mainan yang terbaik.

4. Value for money, kalau bahasa kitanya mah ‘ada harga ada rupa’ kali yaa hihihihi. Bahwa ELC menawarkan harga yang terbaik bagi pelanggan dengan gabungan semua core benefit-nya itu. Sudah sewajarnya demikian, bukan? 🙂

beberapa merk internasional lainyang dibawa oleh ELC

beberapa merk internasional lainyang dibawa oleh ELC

Nah, untuk meneruskan semangat Sumpah Pemuda tahun 1928 lalu hingga tahun-tahun mendatang untuk Indonesia yang lebih baik, mungkin bisa dimulai dengan memilih mainan terbaik bagi anak-anak kita, ya? *tsaaaah*. Mudah-mudahan saja, dengan tumbuh kembang yang baik melalui mainan yang baik, anak-anak ini kelak akan menjadi generasi penerus yang cerdas dan kreatif.

Oh iya, selamat ulang tahun ke-40 untuk ELC ya, boleh tidak Giant Edwardnya dikirim ke rumah saya satu? hahahahaha *minta dikeplak*. Dan selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda, mari berkarya untuk Indonesia tercinta *uhuk* :)).

Boneka Edward ini bulusnya lembut banget, aman bahkan bagi bayi berusia 0 bulan

Boneka Edward ini bulunya lembut banget, aman bahkan bagi bayi berusia 0 bulan

Ayu-Mia-Icoel-Oline-Ririn-Saya-Echa (emak2 KEB) dan para krucils :)

Ayu-Mia-Icoel-Oline-Ririn-Saya-Echa (emak2 KEB) dan para krucils 🙂

0 Comments

  1. danirachmat

    Favorit banget ni belanja maenan anak di sini. Hihihi. Sayang si A lahirnya ga tanggal 28 oktober. Huhuhu.

    Reply
  2. nyonyasepatu

    anak2 dibawa kesini bisa kesenangan nih hehe

    Reply
  3. Lianny Hendrawati

    Aaah mau dong boneka guedeee nya ituuuu *eh baru nyadar, theme nya ganti ya 😀

    Reply
  4. bemzkyyeye

    Millie tuh klo masuk ke ELC pasti deh nenteng boneka hihihi

    Beteweeeeeee….. sebellllll itu sm bareng2nyaaaaa.. huhuhuhu sayang banget kmrn ga bisa hadir hiks

    Reply
  5. ardiantoyugo

    Pengen bonekanya… Xixixixixi… :mrgreen:

    Reply
  6. jampang

    value bagus…. harganya juga bagus nggak?

    😀

    Reply
  7. mama hilsya

    saya mah sumpah pemuda teh tadi upacara.. lumayan lah dapet nasi uduk, hihi *ga nyambung ma postingan*

    Reply
  8. Zippy

    Wah, keren juga ya acaranya.
    Beruntung banget tuh anak2 yang lahir tanggal 28 oktober bisa main di ELC 😀
    Btw, selamat hari sumpah pemuda.
    Semoga pemuda/i indonesia makin kece2 *eh 😆

    Reply
  9. Arman

    mau juga dikirimin mainan elc.. hahaha *Siapa yang mau ngirim coba* 😛

    Reply
  10. JEI~Jurnal Evi Indrawanto

    Mainan yang mendidik yang juga bisa membuat anak-anak histeris ya Teh 🙂

    Reply
  11. Lidya

    boneka besarnya dibawa pulang aja rin 🙂

    Reply
  12. Bibi Titi Teliti

    Oriiiin…emang sebaiknya bikin mainan yang gak sekedar bermain yaaaah…
    jadi ada nilai edukasinya gitu…keren lah visi nya ELC iniii 🙂

    Selamat Hari Sumpah Pemuda yah Riin 🙂

    Reply
  13. Melly Feyadin

    Mbak, itu bonekanya boleh dibawa pulang nggak? 😀

    Aku nih suka pangling klo ktmu mbak Orin diacara blogger. 😀
    Maaf ya mbak klo pas suka ketemu gak saling sapa..hehe

    Reply
    1. Orin (Post author)

      mihihihihi…tak apeu Meeel, aku jg suka siwer, maafkan juga yaa 🙂

      Reply
  14. della

    Wah, waktu disebut ELC gue blank banget, tapi pas ngeliat produknya apa aja, baru deh klik 🙂

    Reply
  15. bundanadnuts

    Aih gak kuku lihat teddy gede-nya 🙂

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: