Rindrianie's Blog

Tentang Akun Goodreads

Join Goodreads ternyata sudah sejak Januari 2013, lumayan sudah lama ya bok hihihi. Tapiiiii, saya belum mudeng ‘aturan main’nya bagaimana. Jadi ya nggak pernah ditengokin, nggak pernah diisi, nggak pernah diapa-apain pokoknya mah.

Padahal, saya juga sering membaca ulasan buku di Goodreads (terutama untuk buku luar atau terjemahan) sebelum akhirnya beli atau baca. Meskipun lumayan sering saya merasa tidak setuju dengan ulasan-ulasannya, buku bagus kok rate-nya kecil, giliran buku ‘aneh bin ajaib’ malah bintangnya banyak. Padahal itu kan wajar ya, nama pun buku, yang adalah masalah selera, yang tentu saja sangat individual. Tapi yaa saya mah gitu orangnya, suka dibikin ribet sendiri *nyengir*.

Waktu buku kumcer saya baru publish Februari tahun lalu, saya lebih sering lagi buka Goodreads, tujuan utamanya tentu saja membaca review-review Little Stories, yang bisa membuat saya senyam senyum sendiri saat membacanya, atau pun jadi ngedown depresi berat dan nggak mau nulis fiksi lagi *lebay* bhuahahaha.

Tapi ya tetap saja, akun saya seperti rumah kosong tanpa isi. Di akun saya itu tidak ada keterangan saya sedang membaca buku ini itu, tidak ada buku tertentu yang ingin saya baca, tidak ada review atau pun rating yang saya tulis dan pilih. Hingga lomba menulis review di GR itu datang *tsaaaah*.

Teman-teman sudah baca review kumcer Tentang Kita tempo hari? Sebetulnya saya sudah tahu informasinya bahwa Stiletto -penerbitnya- sedang mengadakan lomba review buku tersebut, tapi salah satu syaratnya review harus ditulis di Goodreads. Jadi yaa saya mundur teratur sajalah ya, memang sudah berniat nulis review buku itu juga sebelum lomba diumumkan, jadi saya tulis di blog seperti biasa.

Masalahnya, ada seorang mbakyu yang adalah teman baik saya yang kebetulan bekerja di penerbit itu, mencolek saya di twitter kenapa saya nggak ikutan lombanya, toh reviewnya memang sudah ada, tinggal disalin ulang saja ke Goodreads dan beri rating. Meskipun malu-maluin, saya bilang ke blio, kalau akun GR saya kosong melompong, kudet pun cara mainnya gimana. Terlalu jujur semacam itu berhasil membuat saya jadi bahan bully-an deh seharian itu hahaha. Tapi klimaksnya adalah kalimat “cemana penulis ga mainan GR?”, jleb banget sih mbakyu?! 😛

Meskipun saya penulis abal-abal ya, tetep weh sakit hati dibilang gitu *orangnya gampang sakit hati :P* hihihihi. Demi menjawab ‘tantangan’ mbakyu yang di Yogya sana, saya pun menulis ulang si review buku di Goodreads, mendaftarkannya ikut lomba, dan ternyata … menang! bhuahahaha. Review saya di-like sama mbak Reda-nya langsung lho, ah senangnyaaa. Jangan dipikir karena saya punya teman di sana jadi menang lho ya, karena yang menilai kan bukan teman saya itu, jadi pasti fair penilaiannya.

Intinya sih, meskipun sampai saat ini si akun Goodreads itu masih berisi review Tentang Kita itu semata wayang, saya jadi mulai berpikir mengoptimalisasikan *cieh bahasa guweh :P* si akun itu ke depannya. Siapa tahu ada yang terbantu setelah baca review yang saya tulis kan ya, atau seperti kemarin ini, menang lomba review jadi bakalan dapet buku baru deh hohohoho.

Temans ada yang punya akun GR kah? Temenan yuk 🙂

***

PS : Akun GR saya sama kok, namanya Rinrin Indrianie he he 😀

0 Comments

  1. Oline

    Ohh ada toh lomba yang diadain di Goodreads? 🙂

    Reply
    1. Orin (Post author)

      iya, ada juga ternyata Line, aku baru tau jg kemarin hahahaha

      Reply
  2. RedCarra

    Wih. Mbakyumu jahat amat, masa ngatain gitu sih? HIH!

    Reply
    1. Orin (Post author)

      bhuahahahaha *ngakak guling2* emang sih, mbakyu yg satu itu suka sadis orangnya 😛

      Reply
      1. bukanbocahbiasa

        Mbakyu yang profile picturenya megang kacamata ituh ya mak? Hiyahahahah

        Reply
        1. Orin (Post author)

          Pssssttt…jangan bilang2 Maaak hahahaha

          Reply
  3. Lia

    udahlama gak buka akunnya 🙂

    Reply
    1. Orin (Post author)

      iya Teh, Orin jg kalo kemarin ga ikutan lomba ga akan terisi sigana da 😀

      Reply
  4. Irman

    Mau dong berteman sama Penulis…. 🙂

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Wah saya penulisnya masih anak bawang hehehehe

      Reply
  5. xaveria

    Saya follow blognya ya…keren siiiihhhhh….

    Reply
    1. Orin (Post author)

      silakaaan, terima kasih sudah mampir Xaveria 🙂

      Reply
  6. rinasusantiesaputra

    idem rin…saya buka akun goodreads tahun 2009 dan hanya semangat diisi pas pertama bikin, kesininya kosong dan ga kurang familiar cara pakenya, cara temenan juga gak tahu heuheu…dipake klo untuk lomba aja itu pun pusing dulu cara masukinnya karena lupa, kebanyakan akun medsos jadi lieur saya mah….hahhaha

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Tak eta, kebanyakan akun medsos ya Rin, jadi rieut hahahahaha

      Reply
  7. nyonyasepatu

    aku juga punya tapi gak pernah dipake 🙁

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Toss mbak Non, aku jugaaa hahahaha

      Reply
  8. Sekar

    Samaaa! aku juga punya dan udah lama bikinnya. Tapi baru banget updatenya 2 bulan yang lalu. Ternyata seruuuu sekali mbak. Bisa tau info buku dari paling baik sampe yang jelek (ini relatif sih), bisa diskusi juga dengan orang-orang dari seluruh dunia. Update buku di GR juga oke. Ayoo mbak! diupdate lagi. Aku sampek ketagihan ngeGR gara-gara seharian ngutak-atik akunnya. 😀

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Nah, aku belom sempat utak atik lg sih, tapi mudah2an ga sampe ketagihan ah hihihihi

      Reply
  9. prih

    urusan ripiyu pastinya Neng Oriin jawaranya, selamat ya Neng, makin panjang predikatnya ya penulis ya reviewer.
    meski gak punya akun GR tetap temenan kan sama Orin. Salam

    Reply
    1. Orin (Post author)

      hihihi…santai aj Ibuuu, kita tetap berteman kok *ketjup*

      Reply
  10. dani

    Akooh add ya Kaaak..

    Reply
    1. Orin (Post author)

      eh? bukannya kita udah temenan ya Dan? *ga ngeh* hahahaha

      Reply
      1. dani

        Eh iya ya? Hahahahaha. Jadi selama ini gw cuma update baca apaan di goodreads tapi kaga buka friends list. Huahahaha. Maafkeeeun.

        Reply
        1. Orin (Post author)

          eh ga tau pasti jg sih gw Dan *geje* bhuahahahaha. coba nanti eike cek lg

          Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: