Rindrianie's Blog

Tentang Komentator Bola

Ini sudah ingin saya tulis sejak pertandingan pertama Final AFF hari Rabu kemarin sebetulnya, tapi apalah daya, siboooook. Sekarang pun masih sibuk sih ya, tapi disempet-sempetin lah (bilang aja lagi males kerja, Rin! hahahaha).

Jadi begini ceritanya, temans. Saya bukanlah penggemar sepak bola. Iya sih suka ikutan menonton pertandingan (biasanya sambil menyetrika baju hihihi), tapi lebih pada menemani AM menonton saja. Dan biasanya saya lebih memerhatikan nama pemain yang kadang aneh-aneh, atau gaya rambutnya yang lucu-lucu, atau malah penonton yang ajaib-ajaib halah. Iya sih ikut deg-degan juga kalau timnas sudah berhasil masuk daerah gawang lawan, misalnya, tapi nggak juga sampai teriak-teriak kecewa saat gol gagal disarangkan, atau tidak juga berseru gembira sambil loncat-loncat kalau gol tercipta. Biasa ajalah gitu, lempeng :P.

Biasanya pak suami menonton di channel Fox Sport atau apalah ya itu di TV Cable. Tapi kemarin ini entah kenapa si channel tersebut tidak menyiarkan si Final AFF Indonesia-Thailand, malah pertandingan golf atau motoGP gitulah, lupa saya. Jadi terpaksa deh ganti ka antena biasa dan menonton TV lokal. Sudah bisa tertebak dong ya maksud postingan saya ini apa hahahaha.

Komentator bola kita itu … apa ya, saya bahkan sampai tidak bisa menemukan istilah yang tepat nih hahaha. Intinya sih, (menurut kami berdua tentu saja) komentar para komentator selama pertandingan itu terlampau lebay sehingga bahkan mengganggu keasyikan menonton pertandingan. Berbeda dengan komentator di stasiun TV luar, yang meskipun tetap seru menceritakan jalan pertandingan, tapi ya rasanya biasa saja gitu, nggak lebay-lebay amat (atau itu karena pake bahasa Inggris atau bahasa lain jadi nggak mudeng-mudeng amat ngomong apa ya hahahahaha).

Mengerti sih, mungkin justru sang komentator memang diminta untuk memilih diksi-diksi tertentu selama pertandingan ya. Keinginan produser atau siapalah demi meningkatkan rating, misalnya. Atau sederhananya komentar-komentar semacam demikian memang merupakan hasil riset panjang yang disepakati bersama akan menaikkan semangat pemain di lapangan #eh.

Tapi ya begitulah, buat AM (dan saya) mendengar sang komentator di pertandingan kemarin ini merasa sedikit terganggu. Bukannya serius memerhatikan jalannya pertandingan, malah nyinyir mengomentari komentator #blah. Maka di menit ke sekian (lupa tepatnya menit ke berapa), AM beneran menekan tombol mute di remote dan kami pun menonton sisa pertandingan dalam keheningan malam tsaaaaah hahahaha.

Nah, kalau teman-teman gimana? Merasa terganggu atau malah senang dengan para komentator bola di tanah air belakangan ini? 🙂

11 Comments

  1. mechtadeera

    Aku jarang nonton bola…tapi sering denger teman2 curhat spt ini…pilihannya ada 2 : tetep nonton sambil di-mute atau tetep ada suara tapi nggak ditonton (seperti denger radio)..hihi…

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Waduh, lucu jg ya, jadi ‘dengerin TV’ hihihi

      Reply
  2. doodle

    setujuuuu… lebay banget komentator bola Indonesia ini. Gak kreatif dalam berkomunikasi ah… hehe

    Reply
  3. doodle

    iya lebay banget komentatornya mbaa wkwk

    Reply
  4. Ranny

    Teh oriiin lama gak main di sini..
    Kalo aku sih gak terganggu malahan menghibur hahaha karena tegang nontonnya dengar celotehan si komentator jd gak tegang. Lucu dan gak karuan emang kalimatnya, tapi jadi ciri khas dia

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Raaaan aih senangnya ada Ranny mampir *ketjup

      Reply
  5. rinasetyawati

    hahaha, akhirnya di mute aja yah rin remotenya, dari pada kuping gatel

    Reply
  6. adelinatampubolon

    Aku nga ngikutin bola Orin, tapi beberapa kali dengar sekilas pas gonta ganti channel. Yaiya sich, lebih lebay komentatornya daripada nonton pemainnya.

    Reply
  7. ayam penyet

    komentator di indonesia kurang berbobot hanya mencari uang bukan pokus membahas bola

    Reply
  8. Tempat Refill Toner

    nonton bola bikin semakin menarik klo komentatornya asik

    Reply
  9. D I J A

    Dija suka nonton bola
    juga suka nonto kakak main ps bola
    hehehhe

    ikut ikutan kakak, Tante

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: