Rindrianie's Blog

Tentang Nama-nama Unik

Postingan tentang nama-nama unik ini sesungguhnya untuk menjawab tantangan Photo Challenge dengan tema Names. Tapi untuk menjadikannya sebagai silence post seperti biasanya saya tidak bisa, karena saya sedang ingin sedikit cerewet agar tetap waras di tengah kerjaan yang kok ya nggak ada habisnya halah.

apakah Icha termasuk dalam kategori nama-nama unik? 😛

Foto di atas bukan lengan milik saya tentu saja, karena sejak kapan pula saya berganti nama menjadi ‘Icha’? Dan potret tersebut pun bukan sebuah prosesi tato permanen seperti di film-film itu. Hanya  dilukis oleh tinta semacam hena yang akan hilang degan sendirinya setelah beberapa lama.

Perihal names alias nama, saya sedang sedikit iseng untuk menuliskan nama-nama yang saya temui sepanjang hidup saya. Dan ingin saya ceritakan di sini karena (bagi saya) cukup menarik.

Nama-nama unik di kehidupan saya

Stand-nya Kleting sang juri untuk design costume

Nama unik semacam nama desainer Kleting ini bisa langsung dijadikan nama jual!

Sejak SMP, entah kenapa saya menyukai kosakata bahasa Indonesia yang berpotensi disematkan menjadi sebuah nama. Misalnya saja yang berhubungan dengan alam seperti Langit, Badai, Rimba, Embun, atau kata-kata indah semacam Lentera, Rindu, Kilau, Andromeda, Senandung dan sebagainya. Saya berkeinginan suatu saat menamai anak-anak saya dengan nama semacam demikian, entah ya disetujui pak suami atau tidak hihihihi, tapi seenggaknya, dari nama-nama yang saya sebutkan di atas, beberapa di antaranya sudah dijadikan nama tokoh dalam cerita fiksi saya :D.

Salah satu nama unik yang saya ingat hingga sekarang adalah seorang junior saat kuliah di Jatinangor dulu. Dari tiga kata yang menjadi nama teman saya ini, dua di antaranya berbunyi Oryza Sativa. Yup, nama latin dari sebatang padi ini menjadi nama yang disematkan pada teman saya. Susi Oryza Sativa ini, anggap saja nama teman saya ini demikian, sangat pintar tetapi baik hati. Sosoknya sangat humble, mudah bergaul hingga banyak disukai. Termasuk saya yang ‘hanya’ kakak angkatan pun bisa mengenalnya.

Benarlah kata orang bahwa ada doa untuk sebaris nama ya, orang tua Susi pasti berharap Susi menjelma serupa padi yang hampir selalu dibutuhkan, tapi juga tetap merunduk rendah hati meski dia tahu dirinya berisi. Yahhh, semacam itulah ya, mengerti kan ya maksud saya hehehehe.

Teman saya yang lain namanya Delta Phytagoras Dentalis, sepertinya the one and only nih namanya. Ada lagi teman yang namanya Embun Pagi. Tapi ada juga yang kocak seperti Budi Danwati, di kampung saya ada yang namanya begini, serius. Mungkin orang tua-nya mengagumi buku belajar membaca zaman dulu dan menganggap Budi dan Wati itu nama seseorang ya hihihihi. Nama-nama unik juga banyak sih ya kita temui di nama anak-anaknya artis :).

Ini membuat saya bertanya-tanya sendiri, apa ya serumpun doa yang tersirat dari sebaris nama RINRIN INDRIANIE? Mmmm…kelamaan berpikir kemudian menghilang tanpa jejak 😛

Nama-nama yang ‘tertukar’

Ini maksudnya adalah nama-nama yang biasanya adalah nama perempuan tetapi ternyata milik seorang lelaki, dan vice versa. Memang sih, ada banyak nama yang unisex ya, nama semacam Dian, Ade, Eka, atau Azka bisa jadi adalah nama perempuan dan atau laki-laki.

Tapi saya punya teman SMU yang bernama Devi tapi laki-laki, atau mbak Sakti yang adalah seorang perempuan. Mungkin ini tergantung daerah tempat nama itu berasal juga sih ya. Karena belakangan saya banyak menemukan nama ‘widia’ yang banyak disematkan untuk pria. Jangan-jangan ada RINRIN yang berjenis kelamin laki-laki juga ya hihihihihi

Nama-nama berdasarkan zodiak atau bulan kelahiran

kuta

nggak terlalu terbaca ternyata ya tulisan ‘ORIN’ di pasirnya hihihihi

Banyak lah ya nama seperti Aries atau Novi atau Leo atau Febri. Bahkan Mamah sempat bercerita saya hampir dinamai Rinrin Oktarina lho, tapi entah kenapa sih nggak jadi hihihihi.

Tapi ternyata banyak juga sih yang ‘menjebak’, saya punya teman SMP, namanya Januar apaaaaa gitu ya lupa. Saya hampir seratus persen yakin dong ya dia dilahirkan di bulan Januari, ternyata bukan lho! Okelah, saya pikir pasti tanggal 1 Februari nih, misalnya orang tua teman saya ini terlanjur menyiapkan nama ‘Januar’ dan ternyata kelahirannya delay di awal Februari, tapi bukan juga lho! hahahaha. Lupa juga sih saya Januar ini sesungguhnya lahir di bulan apa dan kenapa namanya demikian :D.

Nama-nama yang diambil dari nama orang terkenal

Tetangga saya di Majalengka namanya Saddam Husein lho! Dan pas dia kecil nakalnyaaaaa minta ampun hihihihihi. Inspirasi nama dari orang-orang terkenal ini memang kadang bisa jadi lucu ya, apalagi kalau diadopsi orang Sunda, misalnya nih Cecep Gorbachev, duh itu namanya Rusia tapi kok nyariosnya meni sunda pisan kumaha tah? kalau ada yang roaming silakan japri ke saya ya. Atau dulu tuh teman saya pernah cerita ada temannya yang bernama ‘Lady Di’ qiqiqiqi.

Tapi nama semacam ini banyak dipakai ya. Dan meskipun saya bukan orang terkenal, tetangga jauh saya menamakan anaknya persis nama saya lho, meskipun sedikit berbeda penulisannya, menjadi Rinrin Indriyani! Yahhh, semoga Rinrin yang itu hidupnya jauh lebih baik daripada Rinrin yang ini ya hehehe.

Nama yang ngetrend saat saya lahir pastinya berbeda sih ya (yakali sama mulu Rin :P). Di zaman saya, nama semacam Aisyah atau Khadijah itu dianggap ndeso yang hanya dimiliki oleh mereka generasi zaman baheula. Terlepas dua nama itu adalah milik perempuan mulia calon penghuni surga ya, tahulah maksud saya kalau nama-nama itu sempat dianggap nama yang ‘ketinggalan zaman’, hingga yang bernama demikian ‘mengganti’nya dengan nama panggilan ‘Ai’ atau ‘Dije’.

Tapi lihatlah sekarang, nama-nama tersebut kembali ngetrend, meskipun tulisannya sedikit berbeda sih ya, jadi ‘Aisha’ dan Khadeeja’ hehehehe. Trend ini memang berulang sih ya, tak ada yang baru di bawah langit, hanya diperbarui saja halah.

Malah sekarang mah jauh lebih mudah, baaaanyak sekali buku nama-nama bayi yang dijual di pasaran. Untuk nama-nama bayi perempuan atau bayi laki-laki, dari bahasa sansekerta sampai bahasa apa juga ada kan ya. Bahkan ada juga konsultan untuk pemilihan nama bayi segala takjub. Mau yang murah meriah juga ada, tinggal gugling saja dengan keyword “nama-nama unik bayi”, misalnya. Beuuuuuh, banyaklah itu hasil pencariannya, tinggal pilih mau nama-nama islami atau nama apa pun pasti adaaaa hihihihi.

Sudah sih sepertinya ya keisengan saya perihal nama ini. Ada cerita tentang nama-nama unik yang seru nggak, temans?

Eyampun,tulisan tanganku tambah jelek ajahahahaha 😛

A post shared by Rinrin Indrianie (@neng_orin) on

 

12 Comments

  1. Arman

    gua punya temen kantor namanya kelly tapi cowok (tinggi dan berewokan pula) dan tetangga yang namanya ashley tapi juga cowok. lucu ya…

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Jamie juga bisa cewek/cowok ya mas ternyata

      Reply
  2. vizon

    Di pesantren dulu, saya ada teman bernama LILI, NANA. Kalau menurut pemahaman saya, itu nama cewek. Tapi, dia cowok. Saya pikir itu nama khas Sunda, maka lumrah saja..

    Kalau VIZON, unik nggak? 😀

    Reply
    1. Orin (Post author)

      hihihihi iya Udaaaa, Lili dan Nana di sunda mah biasanya cowok, kalo Endang sm Aan baru cewek heuheu

      Reply
  3. monda

    kumpulan nama udah banyak tuh, bisa jadi konsultan nama juga Rin..
    kemarin itu udah sukses pilihan namanya diadopsi kan?
    klien puas ternyata

    Reply
    1. Orin (Post author)

      hahahaha BunMooooon, padahal Orin blom sempet ketemu sm ‘anak’ku yg ituh 😀

      Reply
  4. rinasusanti

    cita-cita sebelum punya anak, pengen punya anak namanya unik tapi pas anak brojol ga ada ide unik, jadilah namanya biasa alias pasaran heuheu. oh ya saya punya teman waktu kuliah namanya unik (menurut saya) yaitu muhamad isa gautama

    Reply
  5. Refill Xerox P205

    Nama-nama unik aku gk ada ide nih bisa kasih saran untuk anak cwo

    Reply
  6. Rudi Chandra

    Ahahaa…
    Unik banget namanya, Budi Danwati. 😀

    Reply
  7. adelinatampubolon

    tetangga ku ada yang ngasih nama anaknya HITLER hikss teganya nich ibu yach.

    Kalau di orang Batak banyak ngasih nama anaknya dengan nama kebarat2an yang ada jatuhnya jadi berat bangat. kayak Victor Silaban, Wilson Simanjuntak, Walter, dll.

    Reply
  8. AlanaGalery

    Ada juga ya ortu yang ngasih nama anaknya “keren beeud”, eeh kemudian si anak malah sakit-sakitan. Akirnya setelah ganti nama pake yang “biasa aja” si anak pun sehat-sehat aja. Apa ini yang disebut “keberatan nama”???

    Reply
  9. dhonnies

    kalo orang bilang nama adalah doa. mungkin yang menamai anaknya dengan nama-nama unik dialah orang yang punya seni tinggi. mungkin. contohnya aja anak penyanyi Melly Goeslow ya unik-unik semua.

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: