Rindrianie's Blog

Tentang Teater AbNon

Mohon jangan ditertawakan ya, teman, tapi saya baru kali ini melangkahkan kaki di sebuah mal besar bernama Kota Kasablanka alias KoKas! *tebar konfeti* hihihihi. Terima kasih pada event Jakarta Marketing Week 2015, dan juga talkshow bertajuk “Cerdas, Berbudaya, dan Bermanfaat bersama Abang None-Jakarta” yang memungkinkan saya bisa datang ke sana.

Tentang apakah talkshownya? Mari saya ceritakan sedikit, temans.

dari kiri ke kanan : abang dan mpok MC - Bang Cucu - Mpok Mod - Bang Nana - Non Vina - Bang Zul

dari kiri ke kanan : mas dan mbak MC – Bang Cucu – Mpok Mod – Bang Nana – Non Vina – Bang Zul

Rupanya, pemilihan Abang-None Jakarta ini sudah berlangsung sejak tahun 1971 yang lalu. Hebat nggak sih bisa bertahan sampai sekarang? Salah satu alasannya adalah karena, seperti penuturan Bang Cucu (Abang jakarta tahun 1994) yang sekarang bertugas di Dinas Pariwisata DKI, pemilihan AbNon ini murni acara yang diselenggarakan pemerintah DKI, tidak disponsori swasta atau brand atau pihak-pihak lain. Jadi selama DKI ini punya pemerintahan, pastilah pemilihan AbNon diadakan setiap tahunnya.

Bang Nana selaku Ketua Ikatan Abang None Jakarta (IANTA) periode 2014-2016 juga menambahkan, IANTA dibentuk untuk mewadahi para Abang dan None setelah pemilihan usai, karena merekalah ‘duta’ bagi Jakarta untuk mengangkat seluruh potensi yang ada. Sedikit sharing dari Non Vina dan Bang Zul sebagai pemenang AbNon 2014 lalu, bahwa mengikuti pemilihan AbNon adalah keputusan terbaik mereka. Ajang itu telah memberikan mereka pengalaman yang luar biasa, sekaligus memungkinkan pengembangan diri menjadi individu yang lebih baik.

Saya jadi sedikit bertanya-tanya, kenapa dulu saya nggak kepikiran ikut pemilihan AbNon ya? abaikan! hihihihi

Pak Hermawan Kertajaya yang telah beberapa kali menjadi juri Pemilihan AbNon berkata, sedikit kekurangan ajang pemilihan AbNon ini adalah kurangnya publikasi, padahal konsepnya sangat bagus, karena bukan hanya beauty-brain-behavior saja yang harus dimiliki setiap finalis AbNon, tapi juga harus  berbudaya dan bermanfaat. Mudah-mudahan saja, dengan tampilnya pagelaran seni dari perwakilan tiap daerah di JMW ini merupakan publikasi yang baik ya.

Maudy Koesnaedi yang kerap dipanggil Mpok Mod adalah None tahun 1993, etapi masih cantik dan langsing gitu yah dese #eeaa. Mpok Mod inilah yang memprakarsai terbentuknya Teater AbNon (@teaterAbNon), meskipun awalnya hanya beranggotakan para AbNon dari Jakarta Utara. Mpok Mod berkata, menjadi AbNon memang tidak melulu harus cantik atau ganteng, tahu banyak tentang Jakarta dan pintar berbahasa Inggris, tapi juga harus memberikan kontribusi nyata untuk melestarikan budaya Jakarta. Salah satunya dengan pertunjukan Teater khas Betawi ini.

Pertunjukan Teater AbNon ini ternyata sudah cukup banyak. Pentas berjudul “Cinta Dasima” merupakan pertunjukkan pertama di tahun 2009. Tahun 2010, “Doel: Antara Roti Buaya dan Burung Merpati, Kembang Parung Nunggu Dipetik” menyusul dipentaskan. Kemudian ada “Sangkala 9/10″ di 2011. “Soekma Djaja” dipentaskan pada tahun 2013 dengan animo masyarakat yang terlihat semakin meningkat. Maka sejak itu, teater ini terbuka untuk Abang-None di semua wilayah Jakarta.

Nah, Oktober 2015 nanti, pementasan bertajuk “JAWARA! Langgam Hati dari Marunda” akan menjadi produksi dari Teater AbNon berikutnya. Sandiwara musikal betawi ini akan berbeda, karena sesuai judulnya yang mengandung kata ‘jawara’, akan ada banyak silat khas Betawi di dalamnya. Ada perguruan Harimau Belut Putih, Sabeni dan Putra Betawi yang ikut terlibat dalam pementasan tersebut. Kebayang ya bakalan seru banget pementasan ini. Jawara akan dipentaskan tanggal 24-25 Oktober nanti di Gedung Kesenian Jakarta. Pantengin twitternya @teaterAbNon untuk ifo lebih lanjut ya, temans.

Saya jarang nonton teater sih, sekali-kalinya dulu waktu kuliah, nonton teater “Mengapa Kau Culik Anak Kami” yang naskahnya ditulis Seno Gumira Ajidarma dan salah satu pemerannya Ninik L. Karim. Berkali-kali mau nonton Monolog Inggit di Galeri Indonesia Kaya nggak jadi terus sampai Happy Salmanya cuti hamil dan melahirkan (jadi entah kapan si Monolog Inggit itu ada lagi di GIK hihihi). Dan pementasan teater di GKJ atau Salihara itu kan pasti malam ya, jadi begitulah, sampai sekarang belum kesampaian hiks.

Tapi mudah-mudahan saja saya bisa menyaksikan Jawara! Langgam Hati dari Marunda ini Oktober nanti, kangen sama suasananya. Pssst, waktu SMP-SMU saya ini anak teater lho, suka pentas drama di panggung gitulah hahahaha *tutup muka*.

Ya sudah, sekian dulu reportase saya kali ini teman, sebagai penutup saya mau pamer foto bareng Mpok Mod, yang rasanya jomplang banget ya, nggak pede saya berdiri di sebelahnya hihihihi.

Mpok Mod yang terlampau tjantik :)

Mpok Mod yang terlampau tjantik 🙂

0 Comments

  1. rinasetyawati

    yang di samping mpok mod juga tjantik koq 🙂

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Ah, mbak Rina menghibur saja pasti itu hahahaha

      Reply
  2. dani

    Entah kenapa dari dulu gw membayangkan dirimu memang orng teater Rin. Hahaha. Ternyata beneer.. :)))
    Semoga gw bisa nonton juga Oktober nanti. 🙂

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Hah? Seriusan, Dan? Kok bisaaaa nebak kyk gituh? hahahaha

      Reply
  3. Evan

    Wah,, jadi inget. Aku dulu pas SMP sempet ikut seleksi Mojang Jajaka Garut, lho Teh,, baru seleksi di sekolah. dan GAGAL di seleksi awal,, hahhahaa… maklum waktu itu gak ada yang mau ngewakilin kelasku. Jadi tiap kelas dipilih 1 pasang buat diseleksi di sekolah.. hahhaa… tapi alhamdulillah dari SMP ku akhirnya ada yang lolos jadi Mojang Garut,,, daan pas SMA ada teman juga yang lolos jadi Jajaka.. Secara mereka cantik dan ganteng.. Saya mah apa atuh..

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Wuihhh…Evan keren. Aku mah ga pernah kepikiran, mungkin karena aku merasa ga seberapa cantik/pintar ya, tapi yg jelas aku nyadar aku nggak seberapa tinggi hihihihi

      Reply
      1. Evan

        Kalo masalah tinggi mah, saya juga imut2 kok teh, hihihiii..

        Reply
  4. Lyliana Thia

    asiiikk Orin bisa foto bareng mpok Mod… *wink wink*
    wah kalo Orin ikutan AbNon aku vote Orin deh.. 😀 ciyus…
    eniwei, event2 macam pementas Jawara itu yg kudu dilestarikan yak Rin…. aku jd ingin nonton… 😀

    bookmark dulu deh tanggalnya… 😀

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Mbak Thiiiiaaa, hidungku terbang nih hahahaha. Yuk…nonton yuk, aku jg penasaran

      Reply
  5. kips

    Dalam photo bareng gak jomplang kok, sama-sama cantik tuh 😀
    Salam!

    Reply
    1. Orin (Post author)

      heuheuheu…terima kasih 🙂

      Reply
  6. Susi - 3SRD Beauty Series

    Jadi ingin nonton teater abnon, bisa ga yaaaaa
    iya di fotonya sama-sama cantik kok mba 😉

    Reply
    1. Orin (Post author)

      baiklah, krn sama2 perempuan jadi sama2 cantik ya *menghibur diri* hihihihi

      Reply
  7. @brus

    Iyaa … tEh Orin … disebelah mpok Mod ,,, cantik juga kok … 😉
    innerbeauty … apa yaa … yg pasti cantik hati-nya … itu saya haqqulyaqin … 🙂

    Reply
    1. Orin (Post author)

      bhuahahaha….makasih lho om @brus, semoga memang cantik hatinya 😀

      Reply
  8. -n-

    Sama dong . Aku jg wkt kuliah ambil kelas teater. Aktif mulai dr aktris, ngurusi properti sampai jd production manager.

    Reply
    1. Orin (Post author)

      Aku ga seserius itu sih Mem, tapi dari dulu tuh aku suka mikir aku nih emang punya alter ego, jadi bisa jadi siapa ajah hahahahaha

      Reply
      1. -n-

        Eh tukeran no hp yuk? Sapa tau aku bs ke Kebun Bibit. Emailku di tyka82@gmail.com yaa…

        Reply
  9. Pingback: JAWARA! Langgam Hati dari Marunda | Rindrianie's Blog

Leave a Reply

%d bloggers like this: