Rindrianie's Blog

The Woman Who Wasn't There

Judul diatas adalah sebuah tayangan di National Geography channel yang saya tonton malam minggu lalu. Liputan ini mengenai 9/11 yang terjadi di 2001, tentang para korban selamat dari ledakan WTC tetapi dengan persepsi sedikit berbeda, judulnya membuat saya penasaran dan betah menonton, biasanya sih cuma si akang matahari yang nonton beginian 😀

Singkatnya, seorang wanita yang mengaku bernama Tania Head, bekerja di Merrill Lynch & Company yang berada di lantai 78 South Tower (WTC 2) saat kejadian berlangsung. Dia mengatakan sempat melihat pesawat yang menabrak North Tower (WTC 1) tempat Dave tunangannya -kadang bilang juga suaminya- bekerja, sebelum pesawat kedua menabrak South Tower untuk kemudian melemparkannya ke tanah dengan luka bakar yang cukup parah dan lengan kanan terputus.

Dia bilang seorang pemadam kebakaran bernama Welles Crowther yang menyelamatkannya, diberitakan kemudian sang firefighter ini meninggal saat berupaya menyelamatkan korban-korban lainnya. Tania Head dianggap sebagai satu dari sedikit survivor dari peristiwa naas itu, bahkan sempat menjadi ketua dari semacam asosiasi informal bernama The World Trade Center Survivors’ Network.

Lantas saat  The New York Time ingin menulis kisah khusus tentang dia setelah 6 tahun berlalu (September 2007), (bagaimana dia mengatasi trauma, bagaimana dia merelakan kekasihnya, bagaimana dia melanjutkan hidup setelah peristiwa itu, dan sebagainya dan seterusnya), kejanggalan demi kejanggalan ditemukan. Tania pun dianggap menghindari wartawan, setelah 3 kali tidak datang dalam jadwal wawancara yang sudah disepakati untuk penulisan detail ini.

Maka terkuaklah, bahwa Tania Head -yang nama aslinya adalalah Alicia Esteve Head- tidak pernah berada di New York (apalagi di WTC building) saat peristiwa itu terjadi. Dia juga tidak pernah tercatat sebagai karyawan Merrill Lynch, kuliah di Harvard atau lulus dari Stanford seperti yang selalu dikatakannya pada Media. Wanita ini berada di Barcelona-Spanyol pada 11 September 2001, dan kuliah ESADE Business school (bahkan baru diwisuda di Juni 2002). Lengan kanannya yang terluka mungkin akibat dari kecelekaan mobil atau terjatuh dari kuda.

Sang firefighter, dan juga Dave (yang dirahasiakan family name-nya atas permintaan keluarga) memang betul-betul ada, dan merupakan salah satu korban, tapi semua cerita yang dikisahkan Tania lainnya, hanyalah bohong belaka. Di September 2008, dikabarkan  The World Trade Center Survivors’ Network menerima email yang mengabarkan Tania Head bunuh diri. Tapi dalam tayangan yang saya tonton, sebuah cuplikan berdurasi beberapa detik saja menunjukkan seorang wanita yang mirip sekali dengan Tania Head -hanya rambutnya sedikit berbeda- hendak menyeberang jalan yang terekam di tahun 2011.

Beuh, si Tania ini orang gila yang pintar, atau sebaliknya ya? halah 😛

Memang tidak ada kerugian signifikan dari ‘penipuan’ ini. Dia tidak menerima financial profit dari kegiatannya di asosiasi, teman-temannya disana, keluarga korban atau siapapun. Bahkan dalam salah satu artikel yang saya baca, dia mendonasikan hasil penjualan Wedding Dress-nya untuk charity. Tapi tetap saja kebohongan ini salah kan ya, apalagi saat saya lihat teman-teman dekatnya di asosiasi yang merasa begitu sakit hati atas kebohongan yang dilakukan Tania Head dalam tayangan The woman who wasn’t there ini.

Tayangan ini cuma berdurasi 30 menit saja, terpotong jeda iklan pula. Tapi berhasil membuat saya ‘kagum’, dan berharap suatu saat ada tayangan lain yang menceritakan wawancara khusus bersama si wanita ini tentang kenapa dia melakukan hal segila itu. Masa sih hanya demi publisitas dan keinginan untuk dikenal sebagai wanita hebat?

Menurut saya sih dia memiliki alter ego atau terobsesi berat jadi aktris yang berperan sebagai CIA atau apaaa gituh, karena menontonnya saja serasa begitu fiktif, seolah si Tania Head hanyalah salah satu karakter dalam sebuah cerita film. Errr… jadi terinspirasi bikin tokoh cerita kek si Tania ini buat cerpen/novel deh hohohoho.

 Mungkin, yang bisa kita pelajari dari seorang Tania Head adalah tentang kejujuran menjadi diri sendiri. Tidak perlu menjadi orang lain untuk menjadi unik, hebat dan spesial ‘kan? Karena bukankah kita sudah terlahir demikian 🙂

Happy Monday, Pals 😉

0 Comments

  1. danirachmat

    Emang sakit tuh Rin kayaknya. Mungkin emang bukan kesadaran si wanita itu. Alter egonya ya. Keren acaranya. 🙂
    ___
    Iyaa…sakit beneran keknya itu cewek ya Dan. Semoga aja entar2 ada wawancara ma dia ya hihihihi

    Reply
  2. BunDit

    Wah seru juga…kira2 apa ya alasan dari kebohongan si Tania ya?? hehe
    ___
    Iya BunDit, aku jg penasaran bgt alasan dia itu kenapa heuheu

    Reply
  3. Hendra Taruna

    ehhehe…ternyata emang ada orang sperti dia yah di Dunia….seperti film catch me if you can, bisa2nya dia pura2 jadi pilot bertahun2 di Maskapai yang notabene top di USA tanpa ketahuan
    ___
    sebelumnya, orang2 sungkan untuk mengkonfirmasi pada ‘korban’ seperti dia Hen, jadi lama ketauannya

    Reply
  4. Mabruri Sirampog

    woww, berani sekali yah dia, berbohong di atas suatu peristiwa yang menghebohkan itu…apakah ada motif tertentu di balik kebohongannya itu?? 😀

    Sebelumnya, mumpung msh syawalan, mohon maaf lahir batin atas segala salah & hilaf. Alhamdulillah setelah sekian lama semedi, akhirnya bisa turun gunung lagi (ngeblog. hehe)
    ___
    Mungkin saja ya Mab, ada motif khusus tertentu *ish…berlagak jd spionase hihihi*
    sama2 ya Mab, mohon maaf lahir dan batin, selamat turun gunung 😉

    Reply
  5. della

    Kalo aku, berhubung ud pernah baca juga soal dia, aku kagum lho. Dia punya kemampuan meyakinkan orang, daya imajinasinya juga pasti tinggi. Kalo ada orang kayak dia di Indonesia, jangan2 ud jadi artis sinetron :p
    ___
    Iyaa…menakjubkan emang dia ya, makanya aku curiga dia sebetulnya kepengen jd aktris qiqiqiqiq

    Reply
  6. alamendah

    Wah, jika wanita itu berdiri sendiri (melakukan sandiwara atas inisiatif) pribadi tentu wanita itu sangat ‘hebat’. Daya imajinasi, keberanian dan kemampuan bersandiwara, serta kemampuan meyakinkan orang lain.
    ___
    Iya mas Alam, itulah kenapa saya merasa ‘kagum’, dan penasaran apa motivasi terbesarnya heuheu

    Reply
  7. bintangtimur

    Idih, nyesel nggak nonton Orin…reviewnya aja keren, apalagi filmnya kali ya *atau sebaliknya?*…hoho, setiap manusia dilahirkan unik, hebat dan spesial, jadi kenapa kita harus menjadi orang lain untuk mewujudkan keinginan itu…?

    Halaaah, komen saya ini kok banyak tanda tanya to?
    😛
    ___
    Biasanya diulang kok Bu Ir, pantengin terus ajaaa hohohoho.

    Reply
  8. Sofyan

    Mungkin dia mau merubah sejarah hidupnya Kak untuk menjadi orang terkenal 🙂 . . keberniannya untuk berbohong itu patut diacungi jempol meski itu sangat tidak baik 🙁
    ___
    Jangan ditiru ya Sof, ubah sejarah dengan tetap menjadi diri sendiri 😉

    Reply
  9. Evi

    Semua orang kan shock karena peristiwa itu Teh Orin..Maka si Tania ambil kesempatan, pengen jadi pahlawan dari kesedihan orang lain..Kan dia bisa dipuja-puja..Eh tapi motifnya emang rada gila..:)
    ___
    Iya tante, motifnya itu yg bikin penasaran ya, gila apa gila banget nih orang? hihihihi

    Reply
  10. Lidya

    nanti kalau ada tanyangan lanjutannya dipsoting lagi ya rin penasaran sama Tania nih
    ___
    Semoga ya Teh, Orin jg penasaran bgt

    Reply
  11. dea

    si tania kaya nya cari celah di kejadian itu..
    tapi emang gila aja yaa sampe pengen di sebutr pahlawan 😛
    ___
    ternyata ada ya orang yg sebegitu ‘gila’nya heuheu

    Reply
  12. Yunda Hamasah

    Kenapa dia begitu ‘inginnya’ seolah berada disana saat itu ya 🙂 Sampai kefikiran ngarang sedemikian rupa 🙂 Sehingga membuat Orin menemukan ide untuk menulis Novel, hehee… Monggo ditunggu ya…
    ___
    Novel? Duh, jgn ditungguin Ummi, biasalah itu mah, banyak keinginan tapi ga ada kemauan #eh? qiqiqiqi

    Reply
  13. imamboll

    benar benar pembohong yang hebat tuh si tania

    atau jangan itu hanya tipuan belaka dari pemerintahan US, hehe

    hanya tuhan yg tahu kebenarannya

    Reply
  14. maminx

    wah bahaya ya pembohongan publik, kacau memang. yang pasti taqabbalalhu minna wa minkum teh, mohon maaf lahir bathin 🙂
    ___
    Sawangsulna nya Minx 😉

    Reply
    1. maminx

      hatur nuhun teh

      Reply
  15. abi_gilang

    Orin..maaf akang baru nongol lagi nih he he he…kelamaan hiatus. :mrgreen:
    ___
    Tenang aja akang, Orin jg lama kok hiatusnya heuheu

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: