Rindrianie's Blog

Tungku Batu Bata

Tungku batu bata ini terletak di halaman belakang rumah orang tua saya di Majalengka sana.

_DSC0331

entah kenapa banyak kaleng sarden hahahaha

Tidak, bukan karena teknologi kompor gas (dan atau minyak tanah) belum masuk ke kampung tempat saya bertumbuh itu, tapi lebih karena banyak kayu bakar tersedia di kebun belakang yang bisa digunakan sebagai bahan bakar. Selain hemat (saat merebus ketupat yang harus berjam-jam itu misalnya), tungku batu bakar ini juga bisa difungsikan sebagai tempat membakar sate atau ikan atau ikan asin hohoho.

Juga, ada kenikmatan tersendiri saat memasak dengan si tungku, bagaimana managemen kayu bakar *tsaah* untuk menjaga api tetap menyala, meniup melalui batang bambu saat api tiba-tiba padam, termasuk memasak sambil berpayung ria ketika hujan datang saat prosesi memasak belum selesai.

Ah, jadi kangen pulang kampung :).

***

Postingan ini khusus untukย Turnamen Foto Perjalanan 34: Kampung.

0 Comments

  1. Baginda Ratu

    Jaman aku kecil dulu, ibuku masih masak pake pawon, Rin. Dan iyes, ngejagain apinya supaya tetep nyala itu… seni! Hahaha…

    Reply
  2. sari widiarti

    nyeni banget tungkunya.. kalau nyate bisa keburu laper ๐Ÿ˜€

    Reply
  3. jampang

    dulu waktu kecil pernah lihat yang kaya gini

    Reply
  4. monda

    jadi inget kampung halaman…, dan aroma kayu bakarnya..
    pakai bambu yg ditiup2 buat ngidupin api nggak Rin?

    trims udah ikutan turnamen ya

    Reply
  5. Pingback: Turnamen Foto Perjalanan 34 : Kampung | Berbagi Kisahku

  6. Arman

    lucu banget tungkunya… ๐Ÿ˜€

    Reply
  7. lazione budy

    kangen kampung.
    nasinya juga beda rasanya kalau nanak pakai kompor dan tungku bata

    Reply
  8. dey

    Jaman saya kecil, di Parongpong masih banyak yang pakai tungku kayak gini, sekarang udah jarang liat. Paling kalau mudik ke Tasik baru bisa liat lagi.
    Aroma masakan jadi beda ya kalau masak pakai tungku.

    Reply
  9. Agung Rangga

    Di rumah kami juga ada tungku kayu bakar, biasa dipakai mama buat masak air doang.
    Soalnya, kata beliau biar hemat gas~ :mrgreen:

    Reply
  10. aritunsa

    di kampungku juga pake tungku ini mbak, baru beberapa tahun saja pake gas juga

    Reply
  11. danirachmat

    Riiiin, jadi kangen masa lampau beneran deh *halah*
    Inget dulu kalo ada orang punya hajat masaknya pake tungku besar gini buat bikin jenang *dodol dalam bahasa jawa*

    Reply
  12. puteriamirillis

    pasti sarden bakar buatan teteh enak…
    *ada gituh sarden bakar,,haha…
    gmn kbrnya? dah surutkah airnya…?

    Reply
  13. titi esti

    aku juga masih ngalamin kok, sehari hari ibuku masak pakai tungku ini disamping kompor minyak tanah. terutama untuk masak air, ngrebus jagung, dll yang perlu waktu lama.
    dan tungkunya disemen doong… (niat banget)

    Reply
  14. UnduhDroid

    ini nih cara mengatasi kelangkaan elpiji :p
    salam kenal yah ๐Ÿ˜€

    Reply
  15. LJ

    tungku di rumah ibu memang selalu bikin kangen ya Rin.. sabar, nanti kita pulang kampung.

    Reply
  16. lintasanpenaku

    melihat tungku ini mengingatkan saya akan kampung saya tempoe doeloe….

    salam kenal!

    Reply
  17. chocoVanilla

    Wuiiihhh, indahnyaaaa…. ajak aku dong pulang kampung, Oriin ๐Ÿ˜›

    Reply
  18. naniknara

    ibu saya juga masih pakai tungku mbak, walau sudah ada kompor gas di rumah. Alasannya lebih cepat mateng kalau pakai kayu bakar

    Reply
  19. Lyliana Thia

    istilah “manajemen kayu bakar” itu sesuatu banget Rin… hihihi…
    tapi emang cita rasanya beda sih ya kalau pake tungku… papa aja pingin banget bikin di rumah, cuma karena space terbatas jd nggak kesampaian.. hehehe

    Reply
  20. bunda lily

    pingin ikutan bakar sate di dapur , di kampungnya Orin ๐Ÿ™‚

    salam

    Reply
  21. Muhammad Lutfi Hakim

    Di kampung halamanku juga masih banyak yg memakai tungku daripada kompor gas. Salam kenal, Mbak.

    Reply
  22. prih

    Bakar ubi yoook Neng Orin, cuocok tuk hari berhujan gini. Salam

    Reply
  23. duniaely

    masakan lbh sedap kl dimasak di atas tungku ya mbak ๐Ÿ˜›

    Reply
  24. Lidya

    justru aroma tungku ini bikin masakan jadi enak ya rin

    Reply
  25. jenkna

    ngga kuat asepnya hehhe pedes banget kalau kena mata dan hidung, selalu keluar air mata, padahal masakan pake tungku entah kenapa lebih enak rasanya..

    Reply

Leave a Reply

%d bloggers like this: