Rindrianie's Blog

Untung Ada Galuh Mas Karawang

Karawang? Kata pertama yang terlintas di benak saya saat mendengar kota ini adalah puisi epik “Karawang-Bekasi” karya Chairil Anwar itu. Maka ketika kehidupan membawa saya untuk menetap di Karawang, saya sempat merasa khawatir. Sebelumnya saya pikir Karawang adalah sebuah kota kecil dengan sawah di mana-mana dan kehidupan layaknya di pedesaan. Pembedanya hanya memiliki beberapa kawasan industri, itu saja.

Ternyata faktanya tidak demikian, meski masih kalah jauh jika dibandingkan dengan kota Bandung, misalnya, Karawang sudah bisa dianggap sebuah kota kecil yang maju.

Rupanya, Galuh Mas Karawang berperan penting dalam kemajuan Karawang, setidaknya karena tiga hal berikut :

Work Hard. Play Harder

istilah kekinian di atas mungkin awalnya hanyalah sebuah dalih bagi para pekerja yang terlampau lelah bekerja dan ingin bersenang-senang. Tapi, ungkapan tersebut memang betul adanya, setidaknya bagi seorang saya :). Wajar jika setelah lelah bekerja manusia memerlukan waktu istirahat. Hal ini penting dan harus dilakukan untuk menyiapkan energi bekerja di hari berikutnya.

Galuh Mas Karawang dengan penuh pengertian memenuhi kebutuhan ini. Tidak hanya satu, tapi tiga mal sekaligus berada di kawasan yang berdekatan. Belanja ini itu, makan di restoran favorit keluarga, menonton film di bioskop, berjalan kaki santai di taman, atau sekadar berfoto ria lantas mengunggahnya di Instagram, bisa dilakukan di area KCP-Technomart-Festive Walk.

Tidak perlu jauh-jauh ke Jakarta atau Bandung untuk menikmati wisata mal a la perkotaan semacam demikian, di Galuh Mas Karawang, anda bisa melakukannya dengan mudah.

Feed Your Mind.

Saat saya pindah ke Karawang akhir 2015 lalu, saya sempat tercengang-cengang karena di Karawang tidak ada toko buku. Serius? Tidak adakah segelintir orang yang memerlukan membaca (dan kemudian -tentu saja- membeli) buku dalam kehidupannya?

Untungnya, tidak seberapa lama, Galuh Mas Karawang menjawab ketidakpercayaan saya tehadap tidak adanya toko buku di Karawang tersebut. Lihatlah Gramedia yang berdiri megah ini, kawan! Bagi saya ini adalah surga ke sekian yang bisa membuat penat saya menghilang dalam sekejap.

Tidak hanya itu, di taman Festive Walk, ada juga Galuh Mas Pustaka yang mengobati kerinduan saya akan metromini di Jakarta! Berdekatan dengan taman bermain bagi anak-anak, Si Metromini oranye yang telah disulap menjadi perpustakaan mini ini tentu saja menjadi stimulasi positif bagi anak-anak untuk tertarik pada buku dan membaca sedari belia.

Memberi ‘makan’ otak adalah sebuah keniscayaan, bayangkan jika semua orang merasa sudah pintar hingga tidak perlu lagi belajar. Alangkah kasihannya dia, hanya akan diam di tempat bagai katak yang terperangkap di dalam tempurung kelapa. Untuk membangun sebuah bangsa, atau dalam skala kecil, kota Karawang, diperlukan generasi yang ‘merasa’ tidak tahu apa-apa sehingga selalu haus akan pengetahuan. Buku dan membaca bisa jadi salah satu jalan menuju ke sana, bukan?

Healthy is a New Fun

Sehat adalah nikmat yang seringkali terlupakan untuk disyukuri. Padahal, jangankan pergi ke kantor atau bersenang-senang di mal, ke kamar mandi pun sulit dilakukan saat sakit. Maka olahraga adalah salah satu jalan untuk mengupayakan kesehatan tubuh selalu terjaga.

Tapi seringkali, olahraga serupa pak guru galak yang sebisa mungkin dihindari karena menyebalkan. Maka jargon healthy is a new fun rasanya tidak berlebihan untuk dikampanyekan. Ayolah, mana bisa membangun negeri kalau tidak sehat? Atau contoh sederhana, mana bisa nonton film di bioskop kalau tidak sehat? Iya kan? 🙂

Dan Galuh Mas Karawang, sekali lagi, sangat peka untuk memfasilitasi warga Karawang untuk kebutuhan yang satu ini. Tidak hanya di pusat kebugaran tubuh (yang berada di dalam Mal), tapi taman dan pelataran mal bisa digunakan sebagai lokasi berolahraga lho.

*

Nah, tidak berlebihan jika saya bisa berseru “Untung ada Galuh Mas di Karawang!”

Beberapa ruas jalan memang masih harus diperbaiki, tapi setidaknya, keberadaan Galuh Mas di Karawang membuat saya -dan tentu banyak warga Karawang dan sekitarnya- betah dan merasa senang. Perannya dalam membangun Karawang tidak perlu diragukan lagi.

Yuk, main ke Galuh Mas Karawang ;).

***

Note : Seluruh foto adalah dokumen pribadi.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: