Rindrianie's Blog

Yoga Saat Puasa? Kenapa Tidak?

Awalnya sih ragu juga ya, khawatir lemas dan haus. Meskipun sudah banyak artikel yang membahasnya bahwa olahraga saat puasa, jika dilakukan di waktu-waktu tertentu akan oke-oke saja, tapi saya belum pernah (berani) coba hihihihi. Jangan bilang yoga itu olahraga yang nggak bikin keringetan jadi ga bakalan haus lho ya, coba aja dulu sana! *kok esmosi, Rin? ha ha. Bukannya apa-apa, godaan terberat saat puasa itu, bagi saya, adalah menahan haus. Apalagi Karawang panas bok! Jadi mundur teratur saja lah.

Memang sih ya, sehari-hari pun kita tetap beraktifitas biasa, berangkat ngantor, beres-beres rumah, masak, dan sebagainya dan seterusnya, biasa aja juga. Tapi kadang udah parno duluan untuk memilih tidak melakukan kegiatan tertentu dengan alasan sedang berpuasa, iya kan ya? Eh, apa itu mah cuma saya aja? hihihihi.

Misalnya buat olahraga ini deh, saya mah nggak kepikiran olahraga pas puasa, udah kebayang bakalan haus banget itu aduh ampun. Menjelang berbuka mah masak atau hunting makanan buat buka aja atulah ya :P. jadilah selama puasa ini saya sama sekali tidak berlatih yoga. Di kelas reguler saya memang sengaja libur dulu karena jadwalnya bentrok dengan waktu tarawih. Tapi untuk latihan sendiri di rumah ikutan libur juga dengan dalih puasa.

Kemudian hidayah halah itu datang saat saya mendengar kultum entah-pak-ustaz-siapa-namanya di mushola dekat rumah sesaat sebelum tarawih. Bahwa di jaman Rasululloh, beberapa perang besar justru dilakukan di bulan Ramadan dan (tentu saja) dalam keadaan berpuasa. Intinya jangan sampai berpuasa membuat kita lemah-letih-lesu berkegiatan sehari-hari. Biasa aja gitu lho sodara-sodara, jangan dijadikan dalih ‘saya sedang berpuasa’ jadinya kerjanya tidoooor mulu, atau bermalas-malasan.

Balik lagi ke yoga saat puasa, akhirnya hari Minggu sore kemarin saya pun memberanikan diri untuk latihan. Mulai setengah 5 sore (lumayan masih terik mataharinya) sampai azan berkumandang. Beneran ngabuburit. Keringetan? Pastinyalah ya. Capek? Iya juga sih, nama pun olahraga. Lemas? nah, ini anehnya nggak lho ha ha. Mungkin si Kakak guru saya ini juga memilih asana-asana yang memang tidak memerlukan banyak tenaga ya, pokoknya nggak bikin lemas lah. Tapi ya lumayan bikin tepar sih, habis tarawih saya beneran tertidur lelap selama kurleb satu jam untuk kemudian bangun lagi karena laper hahahaha.

Ya sudah segitu dulu aja sih, poinnya adalah, saya sudah membuktikan sendiri bahwa beryoga menjelang buka puasa itu oke banget alias tidak apa-apa, teman.  Mudah-mudahan saya tidak terlalu malas untuk latihan sendiri di rumah setiap hari :D.

This slideshow requires JavaScript.

 

Leave a Reply

%d bloggers like this: